Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Membuat Blog Terbaru di Blogger Dan Wordpress


Mangaip - Pada awalnya blogger ditujukan bagi orang yang ingin menyimpang semua ceritanya di internet. Atau seperti mirip buku diary online. Tapi lambat laun blogger dijadikan sebagai tempat untuk mengais rezeki atau bisnis. Lalu kalau bagi seorang newbie, darimana saya harus melangkah? Mamang, sebagai newbi akan memberikan sedikit gambaran tentang mudahnya membuat blog terbaru di palform blogger.
Sebelum memulai, alangkah baiknya sobat pikirkan dahulu tentang tema/niche dari blog yang akan dibuat, misalnya tentang pendidikan, kesehatan, tutorial, atau apa saja. 
Mamang sarankan pilih atau cari tema yang sesuai dengan kemampuan atau di passion kamu, misalnya kamu hobi olahraga, lantas akan membuat blog dengan tema hiburan. Kalau kamu memilih tema yang sesuai dengan karakter kamu. Nantinya kamu gak bakalan bingung tentang postingan yang akan dibuat.

Cara Membuat Blog Gratis

Sudah punya idenya? Sobat hanya butuh dua bahan saja, yaitu laptop/pc atau smartphone, lantas mempunyai akun gmail yang aktif. Lalu langkah berikutnya adalah masuk atau login ke plafform blogger. berikut langkahnya:
1. Masuk ke akun gmail, melalui browser yang sobat miliki, lalu masuk ke https://www.blogger.com
2. Atau bisa juga langsung masuk ke blogger.com lalau login di halaman blogger menggunakan akun gmail sobat.
3. Setelah login nanti akan muncul tulisan atau sobat cari tulisan "Buat Blog Baru", maka akan muncul sebuah form yang harus kamu isi, seperti gambar dibawah.

4. Pilih Judul (Niche), sobat isi deh dengan judul blog yang sesuai dengan kemauan sobat. Mamang saranin ketika memilih judul blog, cukup dua kata saja, dengan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan kemampuan sobat. Misalnya "Tutorial Blog".
5. Alamat Blog, silahkan isi kolomnya dengan alamat blog yang sobat mau, contohnya tutorialblog.blogspot.com. Saran mamang hampir sama ketika memilih judul blog, kita juga harus memikirkan keyword atau kata kunci ketika memasukan alamat blog.
6.Pilih Tema,  Silahakn pilih tema yang ada seusuai dengan selera sobat. Saran pilihlah tema yang paling baru, karena ada beberapa fitur terbaru dibandingkan dengan tema sebelumnya.

Sampai pada tahapan ini, sobat sudah mempunyai sebuah blog baru. Silahkan pelajari terlebih dahulu menu-menu yang ada di platform diantaranya:
  1. Postingan
    • Semua
    • Draft (apabila ada postingan yang berlum dipublish)
    • Diterbitkan
  2. Statistik
    • Ikhtisar
    • Postingan
    • Sumber Lalu Lintas
    • Pemirsa
  3. Komentar
    • Diterbitkan
    • Spam
  4. Kampanye
  5. Laman
    • Semua
    • Draft (apabila ada postingan yang berlum dipublish)
    • Diterbitkan
  6. Tata Letak
  7. Tema
  8. Setelan
    • Dasar
    • Postingan, komentar dan berbagi
    • Email
    • Bahasa dan Pemformatan
    • Prefensi Penelusuran
    • Lainnya
    • Setelan Pengguna

Menu-menu diatas sebagian besar berada di dashboard blogger pada umumnya, lalu bagaimana langkah selanjutnya? Mamang saranin jangan dulu membuat postingan, tetapi buat dulu halaman seperti halaman kontak, about, privacy policy, disclaimer dan term of sercvice. 
Bagaimana sudah mulai paham kan? Cara membuat blog terbaru di platform blogger itu tidak sulit seperti yang dibayangkan. Siapa saja bisa mempunyai sebuah blog.

Langkah-Langkah Membuat Blog Di Wordpress.org

Membuat sebuah blog tidak eksklusif  atau bukan hanya untuk orang-orang yang memahami coding saja. Siapapun dapat membuat blog, termasuk Anda. Membuat blog Anda sendiri sangat mudah bahkan bagi mereka yang tidak mengerti coding sama sekali. 
Ya, memahami coding, Anda dapat membuat sendiri dengan mudah. Dengan bantuan dari platform untuk menciptakan blog seperti Blogger dan WordPress, Anda bahkan dapat membuat blog dalam beberapa menit saja! 
Anda menemukan artikel yang tepat untuk memandu Anda untuk membuat blog. Dalam artikel ini Anda akan belajar tidak hanya bagaimana membuat blog di WordPress secara teknis, tetapi juga bagaimana mengoptimalkan blog Anda yang Anda buat.
Cara membuat blog Anda sendiri terdiri dari beberapa tahap utama, yaitu:
  1. Tentukan topic/niche sesuai dengan minat yang anda sukai 
  2. Pilih paltform blog yang akan kamu pakai, bisa wordpress atau blogger 
  3. Memilih layanan hosting terbaik 
  4. Tentukan domain yang mudah diingat
  5. Install WordPress.org 
  6. Memahami dasar-dasar WordPress 
Meskipun hal itu dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah, blog ini mampu memberikan manfaat yang signifikan. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi juga untuk bisnis. Silahkan simak dibawah ini?
1. Berbagi pengetahuan. Blog diakui beberapa waktu sebagai cara untuk berbagi ide, pengalaman dan pengetahuan. Sangat sering, pengguna internet/web memperoleh informasi yang diperlukan dari blog yang mereka kunjungi. 
2. Menggali potensi. Blog juga merupakan forum untuk blogger untuk terus mengembangkan kapasitas. Dari kemampuan untuk menulis, untuk berbagai keterampilan khusus yang dikemas dalam sebuah artikel tutorial.
3. Dapatkan uang secara online. Tidak sedikit blogger yang menggunakan blog untuk menghasilkan uang melalui iklan melalui Google AdSense. Tidak ada heran mereka membangun sebuah sumur blog. Blog yang paling menarik, semakin banyak pengunjung akan datang kemampuan untuk mengklik iklan di blog mereka
4. Tingkatkan lalu lintas situs. Bisnis Blog sering menjadi bagian dari situs resmi perusahaan. Karena, menurut Data Informasi, perusahaan yang memiliki blog dapat lima puluh lima persen lebih banyak pengunjung ke situs mereka.
5. Dapatkan banyak prospek. Jika sebuah blog yang menarik konten, tidak sulit untuk mendapatkan lead. Bukan blog sering pengunjung yang bersedia memberikan Data  Informasi sendiri untuk menerima  pembaruan item. Bahkan, peningkatan aktivitas lead  Blog bisa mencapai 126%.
6. Meningkatkan reputasi bisnis. Kualitas konten di blog dapat menunjukkan tingkat keterampilan keahlian di bidang tertentu. dapat bantuan ini membangun reputasi bisnis jangka panjang yang baik.
7. Membangun Komitmen. Blog memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pengunjung di bidang komentar. Dengan memberikan jawaban yang benar untuk saran yang diberikan pengunjung, kedekatan (komitmen) dapat berkembang dengan baik. 

Cara Membuat Blog Pribadi Di Wordpress.org

Cara membuat blog Anda sendiri di bawah ini terdiri dari beberapa langkah dasar. Mengidentifikasi tema utama, memilih platform blog hosting yang memilih {|} hosting, menentukan nama domain {|} daerah, memahami database WordPress. 

1. Tentukan Topic/Niche Sesuai Dengan Minat Yang Anda Sukai

Penentuan topik utama Anda bahas di blog merupakan fondasi penting dalam membuat blog. Tanpa subjek utama yang jelas, Anda merasa lebih mudah untuk mengembangkan blog masa depan. Anda tahu apa yang ingin Anda capai. Anda juga memahami jenis konten yang ingin Anda buat. Ingat, Anda akan mengelola blog ini untuk jangka waktu yang lama. Jadi, pastikan Anda memilih subjek utama dari blog yang cocok hobi dan minat. Dengan cara ini Anda tidak akan merasa bertanggung jawab untuk menciptakan konten blog. Ada banyak topik yang dapat Anda blog angkat. Dari perjalanan pariwisata, makanan, parenting, pemasaran iklan, teknologi, gadget, olahraga, hiburan, seni, musik, budaya, fashion, keindahan, dan banyak lagi. Apa topik yang Anda minati? Jangan percaya rumor bahwa beberapa topik yang bisa menghasilkan uang. Setiap topik memiliki public pemirsa masing-masing.

2. Pilih Paltform Blog Yang Akan Kamu Pakai

Anda sudah tahu topik apa yang akan membahas tentang blog. Waktu untuk pergi ke cara membuat blog yang cukup teknis, dimulai dengan memilih platform terbaik untuk blogging. Platform blog adalah media yang Anda gunakan untuk mengelola blog, mempublikasikan artikel di blog optimasi. 
Seperti yang saya sebutkan di awal, untuk membuat blog sekarang lebih mudah. Anda tidak harus berjuang dengan kode rumit untuk membuat blog yang berkualitas baik. Hal ini dapat terjadi melalui platform blog seperti WordPress dan Blogspot. 
Apa yang terbaik untuk platform blog Anda? Bahkan, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, saya sarankan WordPress untuk Anda. 
Ada banyak alasan mengapa WordPress adalah platform terbaik bagi Anda untuk membuat blog. Catatan: WordPress dirancang di sini adalah WordPress.org. Pikirkan perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org dalam artikel ini. 
Pertama, WordPress mudah bagi pemula. Dengan WordPress, Anda tidak perlu tahu coding untuk membuat blog. Ingin mengubah tampilan? WordPress menyediakan ribuan tema gratis dan berbayar. Ingin menambahkan fitur? Hanya install Plugin configure dan Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur di blog. 
Kedua, meskipun mudah untuk digunakan, itu tidak berarti bahwa itu menghasilkan blog yang berkualitas rendah. WordPress digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Sony World Music, Walt Disney, dan Mercedes Benz. 
Ketiga, WordPress memiliki komunitas pengguna yang besar. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menemukan tutorial dan panduan untuk menggunakan WordPress di Internet. Ada banyak Situs web, kelompok dan komunitas online yang secara online berbagi Tips atau ide bahkan Saran menggunakan WordPress. 

3. Memilih Layanan Hosting Terbaik

Anda memerlukan hosting atau internet hosting untuk bisa menggunakan WordPress. Ingat ya, yang saya maksud di sini adalah WordPress.org, bukan WordPress.com. Mungkin istilah internet hosting masih kurang familiar bagi Anda. 
Sederhananya, internet hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file website, dari konten, gambar, video, audio, teks, tema, sampai pengaturan. Jika menggunakan WordPress.com dan Blogspot, hosting sudah otomatis disediakan oleh platform tersebut.
Nah, ketika menggunakan WordPress.org, Anda harus menyewa hosting secara mandiri. Ada berbagai macam internet hosting yang bisa Anda gunakan, dari shared hosting, cloud hosting, hingga VPS hosting. 
Lalu jenis |internet hosting mana yang tepat untuk Anda? Shared hosting adalah jenis {hosting|internet hosting} yang paling cocok untuk blog yang masih pada tahap awal. Mengapa? Alasannya cukup sederhana, yaitu karena shared hosting adalah jenis internet hosting yang paling murah dan paling mudah pengelolaannya. 
Untuk membeli internet hosting pun sangat mudah. Anda hanya perlu menuju website penyedia layanan internet hosting pilihan Anda dan pilih paket hosting. 

4. Menentukan Nama Domain Yang Mudah Diingat

Selain internet hosting, Anda juga membutuhkan domain untuk blog. Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses website Anda. Misalnya, Mang Aip, nama domainnya adalah www.mangaip.com.
Keuntungan lain dari menggunakan WordPress.org adalah Anda bebas memilih ekstensi domain. Berbeda dengan WordPress.com dan Blogspot yang mengharuskan Anda untuk menambahkan embel-embel wordpress.com atau blogspot.com di belakang nama domain Anda. 
WordPress.org memungkinkan Anda untuk memilih ekstensi domain apa saja seperti
  • .COM, 
  • .CO.ID
  • .ID
  • .NET
  • .ORG
  • .INFO
  • .XYZ
  • .BIZ
  • dan masih banyak lagi.
 Jadi Anda bisa berkreasi, tanpa perlu mengikuti aturan tertentu dari platform blog. Supaya blog Anda punya nama domain yang menarik dan mudah diingat, Anda perlu mengikuti beberapa tips ini:

Buat Nama Domain yang Mudah Dieja

Pastikan nama domain Anda mudah dieja. Anda bisa menggunakan nama Anda sebagai nama domain. Namun, jika nama Anda sulit dieja, sebaiknya cari alternatif lain. Anda bisa berkreasi menggunakan kombinasi kata yang bisa mendeskripsikan diri Anda. Misalnya, Anda adalah seorang ahli di bidang komputer. Anda bisa menggunakan nama seperti computergeeks.com.

Pilih Nama Domain yang Singkat

Buat nama domain yang singkat. Sebenarnya batas maksimum sebuah nama domain adalah 63 karakter. Namun, sebaiknya buat nama {domain|area} sesingkat mungkin agar lebih mudah dihafalkan.

Hindari Angka dan Tanda Hubung

Hindari angka dan tanda hubung. Angka dan tanda hubung bisa menyulitkan orang untuk mengingat dan melafalkan nama domain Anda. Jadi sebaiknya hindari dua hal tersebut. Sudah terbayang nama domain apa yang akan Anda gunakan? 

5. Install Wordpress.Org

Di poin ini saya akan membahas cara instalasi blog di platform WordPress.org. Sebenarnya, jika membeli hosting di Niagahoster, Anda tidak perlu menginstall WordPress secara manual. Niagahoster menyediakan fitur Auto Install WordPress yang meringankan pekerjaan Anda. 
Walaupun begitu, saya tetap akan menjelaskan cara set up WordPress secara manual kalau Anda lupa mengaktifkan fitur Auto Install WordPress saat membeli internet hosting. 
Berikut adalah cara menginstall WordPress secara manual: 

Langkah 1 Login cPanel 

Login ke cPanel melalui tautan yang diinformasikan melalui e-mail, biasanya seperti ini: http://namadomainanda/cpanel 

Langkah 2 Buka Softaculous Installer

Pada bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER, Klik logo WordPress

Langkah 3 Klik Tombol Install Now


Langkah 4 Pilih Domain

Pilih domain Anda pada kolom Choose Domain, kolom In Directory silakan dikosongkan.

Langkah 5 Isi Detail Website

Isi nama website Anda beserta deskripsinya, pada kolom Site Name dan Site Description.

Langkah 6 Masukkan Username dan Password
Tentukan username danp assword untuk login ke dashboard WordPress Anda. 

Langkah 7 Pilih Tema
Pilih tema untuk blog Anda, kemudian klik tombol Install. 

Langkah 8 Instalasi Selesai! 
Setelah proses instalasi selesai, akan tampil pesan sukses yang berisi alamat blog beserta URL login ke dashboard admin.

6. Pahami Dasar-Dasar WordPress

 Jika Anda belum pernah menggunakan WordPress sama sekali, platform pembuatan blog/websiteini bisa cukup asing bagi Anda. Maka dari itu, saya akan memberikan gambaran sekilas mengenai bagian-bagian dasar WordPress dan fungsinya. Sebelum itu, Anda perlu login ke admin {area|space} WordPress terlebih dahulu. 
Berikut adalah langkah-langkahnya: 
  1. Buka /wp-admin 
  2. Masukkan Username dan Password 
  3. Trarara, Anda berhasil masuk ke admin area WordPress Anda! 

Dashboard


Setelah berhasil login WordPress, Anda akan diarahkan ke dashboard WordPress. Dashboard ini adalah tempat di mana Anda bisa mengakses semua fitur yang disediakan WordPress, dari konfigurasi, plugin, hingga tema.

Tema


Mengganti tema di WordPress sangat mudah. Anda hanya perlu mengakses menu Appearance > Themes lalu cari tema WordPress yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengunggah tema WordPress dari pihak ketiga di menu ini.

Plugin


Plugin menjadi salah satu kelebihan utama WordPress dibanding platform pembuatan blog lainnya. Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur atau fungsi di blog hanya dengan meginstall plugin. Berikut adalah beberapa contoh plugin WordPress terbaik yang bisa Anda coba:
  • Wordfence – Meningkatkan keamanan website.
  • Yoast SEO – Menaikkan peringkat website Anda di hasil pencarian. 
  • WP Super Cache – Mengoptimalkan kecepatan website.
  • Contact Form 7 – Membuat form dengan mudah.
  • WP Social Sharing – Mempermudah share konten ke media sosial. 

Post


Inti dari blog adalah konten. Nah, untuk merilis konten Anda cukup membuka menu Post > Add New. Anda akan diarahkan ke editor post. Di editor post Anda bisa menulis konten, menambahkan gambar, video, dan media lainnya. 

Pages


Selain merilis konten baru, Anda juga memerlukan konten statis seperti About Me, Contact Me, dan semacamnya. Anda bisa menambahkan konten statis tersebut menggunakan Pages seperti gambar di atas.

Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Langkah Membuat Blog Dengan Blogspot Ada 5 langkah utama yang harus Anda lakukan untuk membuat blog dengan blogspot sampai jadi dan siap untuk mempublish tulisan kepada dunia.
  1. Membuat akun blogspot di blogger
  2. Membuat postingan atau artikel di blogspot
  3. Membuat halaman di blogspot
  4. Menambah widget di blogspot
  5. Mengganti template blogspot lebih profesional 
Oke, siapkan laptop dan koneksi internet Anda. Mari kita mulai

Membuat Akun Blogspot di Blogger

Sebelum membuat blog dengan blogspot, pastikan Anda sudah membuat akun email, tapi kalau belum punya Anda bisa belajarcara membuat email dengan Gmail. Kenapa harus Gmail? 
Karena blogspot adalah platform milik Google, oleh sebab itu kita harus menggunakan Gmail. 
Sebelum memulai, pastikan bahasa browser Anda menggunakan bahasa Inggris karena ketika saya membuat tutorial ini bahasa yang saya gunakan di blogspot adalah bahasa Inggris, tapi kalau Anda tetap menggunakan bahasa Indonesia juga tidak apa - apa yang penting Anda bisa memahami dan mengikut tutorial ini. 
Kalau email dan pilihan bahasa sudah siap, maka ikuti langkah - langkah ini. 
1. Buka websitenya blogger di, klilk SIGN-IN dan masukkan username serta password email Anda.

2. Jika sudah masuk, maka Anda akan menemui tampilan awal blog. Tidak perlu bingung, cari tombol CREATE NEW BLOG dan klik tombolnya.

3. Muncul jendela baru berupa pop-up lengkap dengan kolom TITLE dan ADDRESS blog yang harus Anda isi serta opsi THEME yang harus Anda pilih. Title adalah judul blog Anda sedangkan address adalah alamat blog.

Pastikan ketika Anda memilih alamat blog muncul tulisan "This blog address is available". Tapi jika yang muncul adalah "Sorry, this blog address is not availlable" itu berarti alamat blog sudah dipakai oleh orang lain. 
Jadi, Anda harus mengganti dengan alamat lain, tapi masih sesuai dengan judul blog Anda. Jangan lupa pilih template blog, untuk saat ini pilih terserah Anda karena nanti kita juga akan belajar mengganti template blog. 
4. Jika sudah, maka silakan Anda klik CREATE BLOG untuk menyelesaikan pembuatan blog. Nah, sekarang blog Anda sudah jadi dan sebetulnya sudah bisa digunakan untuk membuat tulisan berupa artikel yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
Orang sudah bisa berkunjung ke blog Anda dengan mengakses nama domain yang tadi sudah Anda daftarkan. Tapi untuk membuatnya lebih maksimal, ada baiknya anda simak dan praktekkan langkah selanjutnya. 

Membuat Postingan atau Artikel di Blogspot 

Postingan atau artikel ini akan berisi tulisan - tulisan hasil kreatifitas Anda. Saya menyarankan untuk tidak meng-copy paste artikel milik orang lain karena Google bisa saja mengetahui bahwa artikel Anda hasil meniru atau orang sering menyebutnya plagiat yang berdampak pada buruknya reputasi blog Anda. Upayakan artikel Anda adalah murni hasil usaha Anda dengan tidak melakukan plagiarisme.
Tapi kalau Anda masih saja berusaha untuk mengcopy paste milik orang lain, maka bisa - bisa blog Anda di banned oleh Google yang artinya Anda tidak bisa lagi menggunakan blog untuk aktifitas blogging seperti biasa. 
Untuk membuat artikel, Anda lihat di bagian menu kiri. Klik POSTS, kemudian klik NEW POST. Jika langkah Anda benar maka akan muncul tampilan seperti berikut. 

Membuat Halaman Baru di Blogspot


Untuk memperbanyak isi blog Anda, selain dari pembuatan artikel ada juga yang namanya pembuatan halaman di bogspot. Halaman ini biasanya berisi tentang topik tertentu yang dibahas di dalamnya. Contoh seperti halaman "Disclaimer" atau "Tentang Kami" yang mungkin sering Anda lihat di website  pada umumnya. Di halaman ini sering membahas profil dari pembuat blog atau bisa juga profil dari perusahaan (jika blog itu dibuat untuk perusahaan). Ada lagi contoh halaman "Galeri" yang diisi dengan foto - foto hasil pekerjaan atau kegiatan - kegiatan yang pernah Anda lakukan. Untuk membuat halaman baru di blogspot, silakan lihat menu di sebelah kiri.

Kesimpulan

"Jadikanlah Hobi Maka Rezeki Pun Akan Menghampiri". 
Tahap selanjutnya, tentang tatacara untuk mulai posting baik halaman atau postingan akan mamang share pada post selanjutnya. Jangan hanya membaca tetapi sambil bekerja (Action). Selamat mencoba

You Might Also Like:

Oldest PostOldest Post
Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar