Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Insert Gambar di Blogspot Untuk SEO


Mangaip.com - Setelah sebelumnya mamang memberikan informasi mengenai Cara Membuat Laman Privacy Policy, Disclaimer di Blogger Terbaru. Bagaimana kalau sekarang kita bahas cara memasukan gambar di blogspot agar SEO Friendly.
Pernah mendengar pepatah atau peribahasa "Bagai Sayur Tanpa Garam", begitupun dengan postingan suatu blog. Rasanya kurang kalau melihat postingan blog tidak ada gambarnya sama sekali.
Jadi kalau menurut mamang adanya gambar dalam suatu postingan akan sangat berpengaruh terhadap pengunjung blog kita. Blog akan terlihat lebih cantik dan unik apabila di dalam postingan terdapat gambar, apalagi kalau gambarnya hasil kreasi sendiri.
Tetapi kalau hanya memasukan gambar saja itu tidak cukup, kenapa? Menurut mamang gambar di postingan bisa dioptimasi untuk SEO atau bisa disebut juga bisa tampil dalam suatu pencarian di browser.
Lalu bagaimana agar gambar di dalam postingan atau ketika memasukan gambar untuk SEO? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Login ke Blogger
  2. Pilih Entri Baru atau Edit Pos yang ada
  3. Pada Editor Postingan Blogspot, klik sisipkan gambar
  4. Pilih Tempat atau lokasi gambar untuk diupload
  5. Pilih salah satu atau banyak gambar untuk diupload ke postingan
  6. Klik tambahkan gambar yang dipilih.
Bagaimana cara diatas kurang menarik kan, mari kita praktekan dengan sebuah gambar.

Login ke akun blogger milik sobat, selanjutnya klik Entri Baru.


Pada editor postingan blog, pilih sisipkan gambar. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.

Selanjutnya Pilih File (Lokasi Gambar pada Komputer) atau bisa juga pilih From This Blog, From Google Album Archieve, From Your Phone atau Lainnya (From Webcam dan From URL). 
Setelah sukses diupload, pilihlah gambar yang akan dimasukan ke dalam postingan kita. Lalu pilih Add selected.

Nantinya gambar itu akan muncul pada postingan kamu. Sebenarnya caranya cukup sampai segitu. Kita bisa mengatur posisinya sesuai dengan kemauan. Mau rata tengah, kiri atau kanan sesuai dengan selera.
Tapi yang sering terlupakan yaitu membuat gambar tersebut menjadi SEO. Atau bila seseorang mencari kata kunci di google yang berkaitan dengan blog kita, maka gambar sobat bisa tampil di halaman pencarian. Berikut Caranya.
Pilihlah gambar yang ada pada editor postingan, setelag tadi diupload.

Pilihlah, tab "Add Caption" dan "Properties", nanti akan muncul seperti gambar dibawah.

Isilah "Title Text" dan "alt text" dengan kata kunci sobat, mamang contohkan untuk Cara Insert Gambar di Blogspot Untuk SEO
Sudah cukup segitu aja kok caranya. Saran mamang, agar kecepatan blognya tidak menjadi berat gara-gara gambar yang diupload memiliki ukuran file yang besar. Sebelum di upload ke editor postingan blog, lebih baik di kompres terlebih dahulu.
Banyak kok alat atau tool yang bisa mengkompres gambar, tetapi tidak mengurangi kualitas. Tool ini ada yang online dan ada juga yang offline. Mamang memakai RIOT, tool offline gratis, silahkan cari sendiri ya di mbah google. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar