Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Merubah Setingan HTTPS Blogger Untuk Costum Domain



Mangaip.com - Pada saat ini dunia blogger sedang ramai membahas cara setting https blogger untuk custum domain. Padahal blogger sendiri belum mengumumkannya secara resmi sampai postingan mamang ini dibuat (26/12/2107).
Bahkan bagi sobat yang telah mempunyai costum domain, belum ada notifikasi mengenai https pada dasboard blogger. Apabila sobat membuka melalui alamat www.blogger.com menu mengenai https ini tidak akan muncul.
Akan tetapi bagaimana cara memunculkan menu https-nya. Coba sobat buka blogger-nya melalui alamat draft.blogger.com. Nanti akan muncul dashoard blogger seperti biasanya. Lalu kemudian pilih Setting > Basic atau Setelan > Dasar, maka akan muncul notifikasi seperti dibawah ini.


Silahkan sobat aktifkan Ketersediaan HTTPS menjadi YA, kemudian blogger akan melakukan penyimpanan secara otomatis dan akan melakukan proses pengalihan dari HTTP ke HTTPS secara aktif atau sering disebut propagasi.

Baca:

  1. Menambahkan Ikon External Link pada Blog AMP
  2. Cara Merubah Postingan Blog Menjadi Valid Instant Article Facebook

Keadaan atau proses ini tidak membutuhkan jangka waktu yang lama. Pada masa ini, blog tidak dapat diakses dan menu Pengalihan HTTPS masih belum bisa dilakukan. Akan tetapi jangan kuatir, karena proses ini tidak berlangsung lama, hanya beberapa menit saja.



Kira-kira kurang lebih dari 3-5 menit, silahkan refresh kembali halaman tersebut, bisa dengan cara cepat dengan menekan tombol F5. Setelah direfresh nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini.



Pada menu Pengalihan HTTPS atau Redirect HTTPS ganti dari NO menjadi YA atau YES. Sampai saat ini proses pengalihan dari HTTP menjadi HTTPS telah selesai.

Dengan redirect HTTP maka semua postingan dan halaman yang telah dibuat akan secara otomatis di rubah menjadi HTTPS.
Lalu bagaimana langkah selanjutnya mang? Nah, kita harus merubah beberapa postingan yang memiliki url HTTP. Berikut diantaranya:

  1. Ganti semua url lama pada postingan (jika ada) yang masih menggunakan HTTP ke HTTP di mode edit HTML. Pada mode tersebut silahkan tekan Ctrl + Shift + R masukan url lama yang masih menggunakan HTTP menjadi HTTPS. Sebagai contoh http://www.mangaip.com diganti menjadi https://www.mangaip.com
  2. Cek kembali template blog sobat, karena barangkali ada tulisan mixed content atau memang ada tulisan tersebut. Silahkan ganti kembali url dengan HTTP menjadi HTTPS
  3. Submit ulang ke Google Search Console dengan menambahkan HTTPS. Bahkan google menyarankan untuk menambahkan semua varisi situs web kita.
  4. Cek Sitemap pada robot.txt (yang menggunakan) rubah kembali url-nya menjadi HTTPS.

Setelah blog kita sukses dengan HTTPS, tentu banyak sekali manfaatnya. Diantaranya google memberikan jaminan akan menaikan peringkat situs web yang menggunakan SSL/HTTPS. Situs kita dianggap aman oleh beberapa browser dengan adanya HTTPS.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar