Skip to main content
MANGAIP

follow us

Cara Membuat dan Mengaktifkan Ads.TXT pada Blog Wordpress

Mangaip.com - Pada postingan sebelumnya sebenarnya mamang sudah memberikan sedikit tutorial tentang penerapan ads.txt pada blogger. Tetapi bagaimana dengan platform wordpress? Sebenarnya untuk penerapan ads.txt pada wordpress sudah lama ada, bahkan sebelum ada settingan ads.txt pada platform blogger. Penggunaan ads.txt sangat direkomendasikan oleh google untuk diterapkan pada blog atau website oleh publisher.


Mangaip.com - Pada postingan sebelumnya sebenarnya mamang sudah memberikan sedikit tutorial tentang penerapan ads.txt pada blogger. Tetapi bagaimana dengan platform wordpress?

Sebenarnya untuk penerapan ads.txt pada wordpress sudah lama ada, bahkan sebelum ada settingan ads.txt pada platform blogger. Penggunaan ads.txt sangat direkomendasikan oleh google untuk diterapkan pada blog atau website oleh publisher.

Sebelum melangkah ke topik, silahkan baca dulu Pengertian dan Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger.

Setelah membaca sedikit tentang ads.txt, mamang akan sedikit memberikan tutorial bagaimana cara mengaktifkan ads.txt pada wordpress.

Ads.txt untuk Blog Wordpress

Bagi sobat pengguna Wordpress Self Hosted atau wordpress.org, dipermudah dengan adanya plugin. Walaupun sebetulnya tanpa plugin pun bisa menerapkan ads.txt.

Tapi mamang akan memberikan cara yang mudahnya saja ya.

1. Masuk ke Dashboard Wordpress sobat

2. Silahkan klik Plugin>Tambah Baru



3. Ketik ads.txt pada kolom pencarian

4. Silahkan pilih plugin ads.txt yang menurut sobat cocok. Sebagi contoh mamang memakai plugin Ads.txt Manager

5. Pilih Instal Sekarang>Aktifkan

Sampai tahap ini pemasangan plugin sudah selesai. Selanjutnya plugin ini harus disetting agar sesuai dengan kebutuhan kita. Caranya sebagai berikut.

1. Masuk kembali ke dashboarb wordpress

2. Klik Setting>Ads.txt



3. Kemudian copas kode dibawah ini, kedalam area teks pada plugin ads.txt bagi pengguna Google Adsense


google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Jangan lupa untuk mengganti pub-0000000000000000 dengan ID Penayang pada dashboard Adsense sobat.
Cara melihat ID Penayang Adsense silahkan lihat postingan mamang sebelumnya disini.

4. Tekan tombol Save Changes

5. Selesai

Silahkan lihat hasilnya di www.domain_anda.com/ads.txt. Jika muncul teks tulisan seperti pada plugin tadi, itu tandanya berhasil.

Note: Ads.txt hanya berfungsi di akar domain saja, seperti domain.com. Ads.txt tidak akan berfungsi di subdomain atau subdirektori dan multi-site network. Contoh subdomain yaitu sobat.domain.com atau domain.com/sobat.

Kesimpulan: Mamang kembali memberitahukan kalau penerapan ads.txt pada web atau blog itu tidak diwajibkan oleh Google. Namun sangat direkomendasikan.

Jadi alangkah baiknya segera aktifkan ads.txt pada web atau blog sobat, jangan menunggu ada pemberitahuan error pada akun Adsense anda.
Bagi sobat yang ingin sharing mengenai artikel Cara Membuat dan Mengaktifkan Ads.TXT pada Blog Wordpress, silahkan untuk memberikan komentarnya dibawah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar