Skip to main content
MANGAIP

follow us

Sistem Komentar dan SEO Blog

Menyediakan dan mengizinkan orang untuk berkomentar pada blog memang cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan berhubungan dengan pemirsa. Jadi sobat harus pintar untuk memilih sistem komentar yang bekerja dengan baik untuk blog kita. Selain sistem komentar yang telah default atau tertanam seadanya di blog (blogger dan wordpress), masih banyak platform atau sistem lain yang bertebaran di luar sana. Misalnya, disqus, facebook comment, atau yang lainnya. Lalu apakah hal ini berpengaruh terhadap SEO? Mamang katakan iya. Karena dengan memasang sistem komentar yang tidak tepat, akan berpengaruh terhadap kecepatan situs. Sementara menurut google kecepatan suatu situs akan sangat berpengaruh terhadap posisi di hasil pencairan. Makanya google menyarankan agar blog atau website lebih baik menggunakan AMP.


Mangaip.com - Menyediakan dan mengizinkan orang untuk berkomentar pada blog memang cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan berhubungan dengan pemirsa. Jadi sobat harus pintar untuk memilih sistem komentar yang bekerja dengan baik untuk blog kita.
Selain sistem komentar yang telah default atau tertanam seadanya di blog (blogger dan wordpress), masih banyak platform atau sistem lain yang bertebaran di luar sana. Misalnya, disqus, facebook comment, atau yang lainnya.
Lalu apakah hal ini berpengaruh terhadap SEO? Mamang katakan iya. Karena dengan memasang sistem komentar yang tidak tepat, akan berpengaruh terhadap kecepatan situs. Sementara menurut google kecepatan suatu situs akan sangat berpengaruh terhadap posisi di hasil pencairan. Makanya google menyarankan agar blog atau website lebih baik menggunakan AMP.

Pilih Sistem Komentar untuk SEO Blog

Google dalam menentukan sebuah peringkat bukan berdasarkan komentarnya banyak, bagus atau tidaknya isi komentar. Tetapi dalam menentukan peringkat halaman, google akan memberkan nilai untuk isi konten, kecepatan situs dan beberapa hal yang lainnya.
Lalu sistem komentar manakah yang bagus untuk dan tidak mempengaruhi SEO Blog? Maka disini harus dilakukan percobaan dengan berbagai platform, setelah itu lalu menguji kecepatan blog setelah dipasang sistem komentar di blog.
Misalnya sobat menambahkan komentar facebook pada blog, kemudian diuji dengan google pagespeed. Setelah itu bandingkan dengan sistem komentar menggunakan Disqus. Manakah yang berpengaruh terhadap kecapatn blog.
Baca Juga:
Kalau menurut mamang, bagi blogger lebih menggunakan sistem komentar Disqus, tapi kembali lagi ke selera sobat ya.
Bagi sobat yang memiliki blog wordpress, mamang saranin pakai plugin Yoast bernama Yoast Comment Hacks. Tampilan dari sistem komentar dari Yoast, memang simple tapi tidak memberatkan dan memperlambat kinerja blog.

Kesimpulan

Pilihlah sistem komentar yang tidak menambah beban loading blog. Karena kecepatan blog sangat berpengaruh terhadap nilai SEO blog kamu.
Menurut sobat, sistem manakah yang cocok? Silahkan tambahkan di komentar ya sob.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar