Skip to main content
MANGAIP

follow us

Traffic Blog Menurun dari Facebook, Lakukan 5 Hal ini

Mangaip.com - Media sosial Facebook bisa menjadi salah satu sumber lalu lintas yang sangat penting bagi blog. Tetapi baru-baru ini pihak facebook akan mengurangi jumlah postingan halaman bisnis, merk dan berita di halaman beranda pengguna facebook. Itu tandanya traffic blog akan sedikit menurun. Lalu bagaimana kalau traffic blog menurun terutama yang bersumber dari facebook. Jangan khawatir sob, mamang akan sedikit memberikan tipsnya, walaupun traffic blog mamang bukan berasal dari faecbook, karena tidak pernah share artikelnya ke facebook.


Mangaip.com - Media sosial Facebook bisa menjadi salah satu sumber lalu lintas yang sangat penting bagi blog. Tetapi baru-baru ini pihak facebook akan mengurangi jumlah postingan halaman bisnis, merk dan berita di halaman beranda pengguna facebook. Itu tandanya traffic blog akan sedikit menurun.
Lalu bagaimana kalau traffic blog menurun terutama yang bersumber dari facebook. Jangan khawatir sob, mamang akan sedikit memberikan tipsnya, walaupun traffic blog mamang bukan berasal dari faecbook, karena tidak pernah share artikelnya ke facebook.

Mengapa Traffic Blog Menurun?

Pihak facebook berpendapat kalau sebagian besar penggunanya ingin melihat konten yang berasal dari teman, keluarga atau kolega mereka dibandingkan dengan konten berita atau konten merk di beranda mereka.
Itulah yang menjadi alasan facebook untuk melakukan pembaruan besar-besaran dimana hasilnya memperilhatkan postingan dari teman, keluarga dan grup menjadi lebih penting dibandingkan dengan postingan merk atau berita.
Baca Juga:
Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut 5 langkah jitu mengembalikan traffic blog dari facebook yang sempat menurun.

5 Strategi Untuk Mengatasi Lalu Lintas Facebook Yang Menurun

Jika blog kamu mengalami penurunan yang cukup signifikan dari facebook, jangan khawatir. Karena mungkin itu dialami juga oleh para pesaing kamu. 
Maka apabila itu terjadi, fitur pencarian dari google akan sedikit bermanfaat bagi para pengguna facebook. Contohnya, apabila sekarang sulit mencari halaman jualan online di facebook. Maka si pengguna akan mencari toko jualan online di pencarian google. 
Hal itu tentu akan berdampak positif bagi blog kamu. Makanya mulai sekarang, perkuat lagi SEO Blog kamu.
Akan tetapi facebook pun jangan ditinggalkan, karena traffic dari facebook tetap bermanfaat. Jadi ini sebaiknya yang harus dilakukan.

Keterlibatan Konten

Facebook menginginkan kalau konten dari pengguna itu banyak peminatnya, konten yang banyak disukai teman. Jika konten kamu banyak peminat dan orang yang menyukainya, mungkin postingan facebook kamu akan mangalahkan postingan berita atau merk.
Kamu harus berusaha agar teman yang kamu miliki supaya bisa berinteraksi di postingan kamu, sperti mengomentari atau membagikan postingan kamu. Tetapi jangan berlebihan, karena facebook tidak menyukai yang sifatnya berlebihan nanti bakal dianggap spam.

Beralih ke Akun Pribadi

Mamang sudah mengatakan kalau postingan halaman bisnis atau merk dan lainnya akan sedikit dibatasi oleh facebook. Maka salah satu jalannya yaitu mengoptimalkan akun pribadi.
Karena menurut facebook, sebagian besar penggunanya ingin mengikuti akun sungguhan daripada akun perusahaan atau akun halaman lainnya.
Maka saatnya membagikan postingan blog kamu di beranda facebook kamu ya. Jangan lupa untuk mengajakan pengguna lain atau teman kamu untuk berinteraksi di postingan kamu.

Manfaatkan Influencer

Cara yang lain untuk menjaga traffic blog dari facebook yaitu menggunakan influencer. Influencer biasanya merupakan akun yang sudah memiliki banyak pengikut atau teman. Biasanya mereka juga suka memposting tentang topik tertentu.
Kamu bisa menghubungi akun tersebut, untuk mempublikasikan info bisnis kamu. Akan tetapi, tidak mudah mencari influencer yang dengan sukarela untuk melakukan dan menyebarkan info bisnis kamu, maka dari itu kamu harus mengeluarkan dana walaupun tidak besar.
Salah satu stategi jitunya yaitu kamu mengadakan giveaway, kuis atau lomba yang berhubungan dengan bisnis kamu. Karena banyak para pengguna facebook yang berburu hadiah lho. Kamu bisa menghubungi teman kami di wesbite Berita Kuis. Website Berita Kuis, biasanya akan mempromosikan konten dari brand-brand yang mengadakan lomba dengan gratis. Selain itu pun website Berita Kuis melalui akun pribadi (Pemilik Berita Kuis) memiliki jumlah teman yang cukup banyak.

Beriklan di Facebook

Mungkin kamu pernah melihat beberapa perusahaan besar suka mempromosikan kiriman mereka di facebook, dan itu juga tampil di beranda kita. Kamu bisa mencoba mempromosikan konten kamu di facebook.
Beriklan facebook, tidak semahal yang kamu kira. Dengan iklan facebook kamu bisa menjangkau pengguna sesuai keinginan kamu. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat bagi traffic blog kamu.
Saat kamu mau beriklan di facebook, kamu harus benar-benar melakukannya dengan hati-hati. Karena kalau tidak hati-hati kemungkinan iklan kamu tidak menyasar pengguna yang tepat atau sesuai dengan konten kamu.

Beralih ke Media Sosial Lainnya

Apabila traffic blog dari Facebook tetap menurun, sudah saatnya untuk membuat akun baru di plafform baru. Misalnya, membuat postingan di instagram dan mengoptimalkannya. Instagram salah satu altenatif yang sangat baik.
Kamu juga bisa memposting konten kamu di media sosial populer lainnya seperti twitter dan pinterest. Akan tetapi semua itu tidaklah mudah. 
Semua media sosial harus dioptimalkan, seperti dengan menambah teman atau followers.

Kesimpulan

Dengan pembatasan yang dilakukan oleh facebook. bukan berarti kita harus meninggalkannya. Tetapi akan lebih baik lagi dioptimalkan. Sudah waktunya juga untuk membuat akun media sosial yang lain dan harus dioptimalkan juga.
Hal yang utama tentu adalah SEO, karena sebesar apapun traffic yang datangnya dari media sosial, lebih baik pengguna yang datang dari hasil pencarian google atau yang sering disebut pengguna organik.
Bagaimana menurut kamu sob, silahkan tinggalkan sarannya di komentar ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar