Skip to main content
MANGAIP

follow us

Pentingkah Struktur Data Blog Atau Website? Apa Pengaruhnya Untuk SEO?

Mungkin kalian pernah mendengar tentang data terstruktur, Schema.org, dan JSON-LD. Tapi apa sebenarnya arti istilah-istilah ini? Apa itu data terstruktur di blog atau website? Apa yang dilakukan data terstruktur? Dan apa pengaruhnya dengan SEO? Untuk Anda yang tidak tahu apa itu data terstruktur, mamang akan mencoba menguraikannya dalam postingan ini.


Apa itu data terstruktur?

Data terstruktur adalah kode dalam format tertentu, ditulis sedemikian rupa sehingga mesin pencari memahaminya. Mesin pencari membaca kode dan menggunakannya untuk menampilkan hasil pencarian dengan cara yang spesifik dan lebih kaya. Anda dapat dengan mudah memasukkan kode ini ke situs web Anda.

Bayangkan Anda memiliki situs web dengan banyak resep. Jika Anda menambahkan data terstruktur ke halaman dengan resep, hasil Anda di mesin pencari mungkin berubah. Akan jauh lebih "kaya" tentang konten yang ditampilkan. Itulah alasan kami menyebut hasil ini dengan rich snippets. Maka apabila rich snippets diterapkan ke blog atau website, hasil pencarian di mesin pencari akan terlihat seperti ini:



Selain judul, URL, dan deskripsi hasil pencarian, Anda dapat melihat berapa lama untuk membuat lasagna terbaik yang pernah ada.  Anda perlu menambahkan data terstruktur ke halaman web Anda untuk mendapatkan rich snippets.

Ada semua jenis data terstruktur. Data terstruktur selalu merupakan format kode. Ada data terstruktur untuk buku, untuk ulasan, untuk film, dan untuk produk di toko online Anda, misalnya. Dalam semua kasus, data terstruktur menambahkan lebih banyak detail ke cuplikan Anda dalam hasil pencarian. Jelajahi Galeri Pencarian Google untuk melihat rich snippets mana yang diberdayakan oleh data terstruktur.

Kita harus membuat satu catatan di sini. Sayangnya, Google tidak selalu membuat rich snippets halaman Anda, bahkan jika Anda telah menambahkan data terstruktur. Tidak ada jaminan. Jadi yang bisa Anda lakukan adalah menambahkannya ke halaman Anda, dan berharap Google akan mengambilnya!

Apa yang Anda lakukan dengan data terstruktur?

Dengan data terstruktur, Anda dapat "berbicara" ke mesin pencari. Anda dapat memberi tahu mesin pencari bahan-bahan apa saja yang ada dalam resep Anda, Anda dapat memberi tahu mereka berapa lama waktu persiapannya, dan Anda dapat memberi tahu mereka berapa banyak kalori yang akan terkandung dalam hidangan tersebut. Google akan dapat memahami semua informasi itu secara instan dan dapat memutuskan untuk menampilkannya di hasil pencarian.

Jadi data terstruktur adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu Google (dengan cara itu memahami apa yang Anda katakan) informasi terperinci tentang halaman di situs web Anda. Google kemudian akan dapat menggunakan informasi ini untuk membuat hasil pencarian yang informatif dan kaya. Dan hadirin menyukai rich snippets ini!

Apa itu Schema.org?

Mesin pencari besar telah mengembangkan proyek yang disebut Schema.org. Di Schema.org Anda dapat menemukan semua markup data terstruktur yang didukung oleh mesin pencari. Ini membuat Schema.org menjadi koleksi besar potongan kode.

Anda dapat menggunakan Schema.org untuk menemukan markup yang Anda butuhkan untuk halaman khusus Anda. Misalnya, jika Anda menjual t-shirt di situs Anda, Anda bisa menunjukkan warna t-shirt yang Anda jual dan ukuran apa yang Anda tawarkan di rich snippets Anda . Anda harus menyelidiki Schema.org/Product dan mencari tahu kemungkinannya.

Di Schema.org, Anda dapat menyalin contoh kode. Setelah menyalinnya, Anda harus menyesuaikan kode dengan preferensi spesifik Anda.



Schema.org adalah taksonomi format kode yang dimengerti mesin pencari besar. Anda akan menemukan contoh seperti apa kode itu. Ada bentuk lain dari data terstruktur juga. Misalnya Open Graph (digunakan oleh Facebook) dan kartu Twitter (digunakan oleh Twitter).

Apa itu JSON-LD?

JSON-LD adalah salah satu markup dari Schema.org. Itu hanya cara menulis kode. Di Schema.org, Anda juga akan menemukan markup lain seperti Microdata atau RDFa. Kami menyarankan Anda untuk selalu menggunakan JSON-LD, karena itu tidak merusak situs Anda semudah markup lainnya. Anda dapat - relatif mudah - menambahkan JSON-LD ke situs web Anda menggunakan Google Pengelola Tag. Itu tidak mungkin dengan markup lainnya.

Mengapa data terstruktur penting untuk SEO?

Data terstruktur penting untuk SEO karena akan memudahkan Google untuk memahami apa halaman Anda dan situs web Anda. Google perlu mencari tahu halaman apa yang akan ditampilkan di hasil pencarian. Menggunakan data terstruktur seperti berbicara dengan Google, memberi tahu Google tentang apa situs Anda. Itu akan membantu peringkat Anda.

Selain itu, data terstruktur akan mengubah tampilan potongan (hasil pencarian) Anda. Ini akan menampilkan lebih banyak informasi kepada pelanggan Anda. Informasi lebih spesifik. Dan ini akan meningkatkan kemungkinan pelanggan akan mengklik hasil Anda. Lebih banyak klik pada akhirnya akan mengarah ke peringkat lebih tinggi! Kami melihat semakin banyak data terstruktur yang didukung hasil yang kaya, jadi penting untuk mengawasi hal ini.

Bagaimana cara menggunakan data terstruktur?

Menggunakan data terstruktur terdengar sulit, tetapi semua orang bisa melakukannya - dengan pelatihan yang tepat. Anda harus mendapatkan kode yang tepat, Anda harus mengadaptasi kode itu dan Anda harus menggunakan Google Pengelola Tag untuk meletakkannya di situs Anda.

Gunakan plugin!

Apabila anda pengguna wordpress maka mamang sarankan untuk menggunakan yoast seo plugins. Plugins ini gratis dengan manfaat yang sangat banyak. misalnya, menggunakan data terstruktur untuk menunjukkan lokasi atau beberapa lokasi toko Anda. Anda tidak perlu menulis kode untuk mendapatkan cuplikan kaya itu, Anda cukup menggunakan plugin yoast, isi beberapa detail dan yoast akan melakukannya untuk Anda. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar