Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Mengatasi Pembatasan Penayangan Iklan Adsense, 100 Persen Berhasil


Kebijakan terbaru dari Google mengenai Adsense pada bulan September 2019 kemarin berimbas pada pembatasan penayangan iklan di beberapa blog ataupun web. Beruntung banget blog mamang tidak terkena pembatasan iklan oleh Google Adsense.
Gara-gara pembatasan ini pun otomatis iklan tidak muncul pada blog kita, alias kosong melompong. Maka, penghasilan pun menjadi 0 rupiah setelah kalian kena pembatasan iklan.
Bagi kalian yang masih terkena pembatasan penayangan iklan adsense, mari kita bahas solusinya bareng-bareng.

Penyebab Pembatasan Iklan Adsense

Kalian pasti terkejut ada email atau notifikasi yang mengatakan kalau adsense kalian sedang mengalami pembatasan iklan. Tentu akan mencari tau apa seh yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut.
Bahkan hal ini pun bukan dialami oleh blog yang bertrafik kecil saja, melainkan blog yang mendapatkan ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung setiap hari pun bisa dianggap melakukan pelanggaran oleh google.
Berikut beberapa poin penting yang menjadi penyebab pembatasan iklan oleh Google Adsense.

1. Traffic Invalid 

Google sangat berharap kalau pengunjung yang datang itu berasal dari search engine atau hasil pencarian di mesin pencari, seperti goole, yahoo, dll. 
Memposting konten atau artikel kalian secara serentak di berbagai media sosial, justru kemungkinan akan dianggap spam. Apalagi kalau trafficnya memang tidak benar-benar dikenali oleh Google.

2. Impressions Atau Penayangan

Memperbanyak iklan di halam blog atau web bukanlah hal yang baik. Jangan karena ingin cepat mendapatkan hasil dari adsense, boleh seenaknya menaruh iklan di sembarang tempat. 
Dengan menempatkan iklan yang banyak di artikel blog, tentu akan memperbanyak juga rasio penayangan atau impression iklan adsense yang kita miliki.

3. Invalid Click

Kalau untuk urusan invalid click, mungkin kalian sudah tidak asing, karena bisa-bisa akun adsense kita di banned. 
Jadi intinya, jangan mengklik iklan sendiri walaupun kalian memakai VPN, jangan mengajak orang lain untuk melakukan klik pada iklan yang muncul di artikel kita.

Itulah beberapa poin penting yang menjadi penyebab akun adsense kita dibatasi oleh pihak Google. Langkah selanjutnya mari kita bahas cara untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi Pembatasan Penayangan Iklan Adsense

Kalian tentu ingin akun adsense kembali normal dan hasilnya mengalir seperti biasanya, maka ada cara-cara yang harus kalian lakukan.

1. Kaitkan Google Analytics Dengan Akun Adsense

Hal yang kecil dan selalu terlupakan mungkin justru bisa berguna bagi kalian, mengapa harus mengaitkan akun adsense dengan google analytics?
Jawabannya sangat simple, agar google mengetahui traffik darimana saja yang datang ke blog kita terutama traffik yang datang untuk akun adsense kita.

2. Kurangi Slot Iklan 

Segera lakukan perbaikan pada blog atau web kalian dengan cara mengurangi slot iklan, cukup 2 atau 3 saja. Kalian harus menempatkan iklan sesuai dengan kebijakan google.
Contohnya pemasangan iklan di awal postingan, tengah postingan atau pun akhir postingan. Apabila kalian masih bingung sebaiknya lakukan penerapan auto ads saja, sudah biarkan google yang bekerja.

3. Hapus Konten Dan Buat Konten Berkualitas

Kalau artikel kalian dari hasil copas dari blog orang lain, sebaiknya segera perbaiki atau hapus artikel kalian dari jagat maya. Karena konten hasil copas dinilai melanggar kebijkan dari google.
Bukan hanya blog dengan artikel copas, web atau blog yang berbau anime, web download atau web streaming juga dianggap melanggar kebijakan google, sebaiknya segera hapus.
Lalu, buatlan artikel berkualitas, bisa artikel musiman atau artikel akhir jaman. Contohnya, kalian bisa membuat artikel yang sedang trend saat ini, atau bisa membuat artikel tutorial blog yang akan bermanfaat sepanjang masa.
Dengan begitu traffik akan datang dengan sendirinya, jangan ingin cepat-cepat mendapatkan banyak pengunjung, lebih baik cepat tapi selamat. Daripada celaka, bisa mundur alon-alon.

4. Terakhir, Buat Akun Adsense Yang Baru

Pada saat pembatasan penayangan iklan, blog kita sedang mengalami masa review oleh pihak Google Adsense. Hal ini tentu akan membuat pusing kalian apalagi yang sering gajian tiap bulan dari adsense. 
Masa peninjauan ini pun sama prosesnya ketika peninjauan kedua dari Adsense. Apakah akun adsense kita akan kembali diterima atau justru ditolak sepanjang masa.
Maka selagi masa peninjauan ini, buatlah akun adsense yang baru dengan alamat gmail yang masih fresh juga, sebagai cadangan nanti apabila adsense yang utama ditolak cintanya. 

Kesimpulan

Kita jangan terlalu fokus untuk membuat konten atau artikel saja, melainkan kita juga harus belajar mengenai Analytics. Apabila sudah paham, walaupun saya juga belum paham, kita akan mengetahui faktor apa saja yang membuat blog atau web kita dipandang sebelah mata, artikel mana saja yang memiliki potensial cukup tinggi.
Jangan pernah punya niat untuk mencurangi Google dalam hal apapun, resikonya pasti banned. 
Jadikanlah pengalaman yang kalian miliki sebagai guru terbaik, sering ditolak cinta oleh Google akan membuat kita mengetahui letak kesalah kita. Semoga kalian tambah belajarnya, jangan seperti saya tidur mulu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar