Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

6 Tips SEO Yang Efektif Untuk Pemula


6 Tips SEO Efektif Untuk Pemula - Mangaip, berjumpa lagi di blog mamang yang sedikit mengulas tentang dunia blogging, walaupun saya masih tetap dalam masa belajar, gak ngerti apa itu SEO? Lho kok, gak ngerti SEO kok mau bahas SEO? Mari kita diskusi bersama-sama.
Dalam dunia blogging ada istilah Search Engine Optimization atau SEO, faktor inilah yang menentukan posisi blog kita di ranking mesin pencari. Apakah blog kamu ada di posisi page one dengan keyword tertentu? Apakah artikel kamu disukai oleh mesin pencari atau justru ditenggelamkan?
Maka mamang akan sedikit memberikan beberapa tips SEO yang efektif agar artikel blog kalian bisa muncul di hasil pencarian, walaupun gak menjamin berada di halaman pertama atau pageone.
Bagi kalian yang baru belajar di dunia blog seperti mamang, yang mastah boleh lewat dulu atau kasih masukan tambahan di komentar ya, ada 6 tips SEO yang bisa efektif untuk menambah visitor blog kamu.

6 TIPS EFEKTIF SEO BLOG UNTUK PEMULA 

Berikut beberapa tips SEO untuk meningkatkan visitor blog kalian:
1. Nama Domain Unik dan Menarik
Seperti pertamina "Mulai dari NOL Ya" maka jika kalian ingin membuat sebuah blog, langkah pertama yang harus kalian buat yaitu membuat nama domain yang unik dan menarik. Kalian bisa menyelipkan keyword pada nama domain tersebut. Contohnya kalian akan membuat sebuah tutorial blog, maka contoh domain yang bagus itu seperti tutorblog.com atau trikblog.com.
Kalau kalian ingin membuat sebuah brand dengan nama kamu, tinggal jadikan saja nama kamu sebagai nama domain kamu, contohnya blog mangaip.com punya saya.
Tips: Nama domain itu lebih baik pendek tidak terlalu panjang, mudah diingat oleh orang. Sehingga diharapkan ketika visitior datang pertama kali, dia akan datang kembali melihat artikel kamu.

2. Breadcrumbs Dan Navigasi
Untuk breadcrumb mungkin akan mamang skip dulu karena biasanya atau rata-rata sudah tertanam di dalam templatenya, ini adalah tugas dari template kalau menurut saya, dan tidak begitu penting.
Hal yang paling penting adalah Navigasi. Navigasi sangat membantu pengunjung blog kita untuk mengetahui lebih dalam atau apa saja isi dari blog kita. Maka menu navigasi pun sangat wajib ada pada blog kita.
Tips: Buat menu navigasi yang sederhana, mudah dibaca, enak dilihat warna tidak tumpang tindih dengan warna background template.

3. Konten Atau Artikel Berkualitas
Kalau yang namanya berkualitas sudah pasti paham kan? Arti berkualitas disini harus dari segi pengunjung dan search engine. Membuat artikel panjang bagus, tapi apakah tidak membosankan? Cukup membuat artikel pendek 500 atau 1000 kata, tapi benar-benar terasa manfaatnya bagi pengunjung. Lalu bagaimana kalau membuat artikel yang sangat panjang? Membuat artikel secara mendalam memang sangat bagus, dengan catatan pengunjung harus merasa betah membaca artikel kamu.
Tips: Buatlah artikel yang mempunyai manfaat yang sangat besar terhadap pengunjung, mudah dipahami enak dibaca, kalau bisa mending ada episode selanjutnya kaya sinetron.

4. Artikel Kaya Konten
Nah kalau kamu ingin membahas sebuah artikel yang panjang mungkin sampai 10.000 kata bahkan lebih. Maka agar artikel kalian lebih menarik sekaligus membuat betah pengunjung yaitu tambahkan gambar pemanis,chart, video, quote, skema atau yang lainnya.
Dengan penambahan berupa gambar , video atau chart yang lainnya, pengunjung akan lebih antusias dan lebih memahami tentang artikel yang kalian tulis. 
Contohnya, jika kalian membuat artikel tentang tutorial blog, maka lengkapilah dengan beberapa gambar yang mendukung artikel tutorial kamu, kalau bisa sekalian buatin video tuturialnya. 
Tips: Apabila kalian memakai gambar, gunakanlah gambar yang berukuran kecil atau hasil kompres. Karena kalau gambar mempunyai ukuran besar, bisa memperlambat pemuatan halaman blog kamu.

5. Judul Artikel
Salah satu tips SEO yang efektif lainnya yaitu dalam pembuatan judul dan url artikel kamu. Maka ketika kalian membuat judul artikel, pikirkan terlebih dahulu artikel apa yang mau dibuat. Kemudian sisipkan keyword kamu pada judul tersebut. 
Contohnya kalian akan menulis tentang "6 Keajaiban Dunia, Salah Satunya Ada Di Indonesia", maka judul tersebut kalian masukan juga ke url blog kamu. 
Kalau blog berplatform blogger judul tersebut sudah otomatis menjadi url blog kamu. Tapi lebih baik di edit lagi agar semakin pendek. Contohnya dari https://www.domain.com/2019/11/6/6-keajaiaban-dunia-salah-satunya-ada-di.hmtl menjadi https://www.domain.com/2019/11/6/6-keajaiaban-dunia-ada-di-indonesia.hmtl.
Tips: Buatlah artikel yang bisa menarik pengunjung atau bisa membuat visitor penasaran. Contoh Judul " Hati-Hati, Jangan Komsunsi Ikan Nila". Hayo pasti kamu penasaran kan? Apakah benar ikan Nila berbahaya?
Maka kalau isi arikel kamu berisi peribahasa mungkin akan sedikiti mengerti dengan peribahasa ini "Karena Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga" paham kan?

6. Backlink Berkualitas
Bakclink merupakan sebuah link yang berasal dari luar blog kamu yang mengarah ke halaman atau artikel kamu atau secara kasarnya yaitu Blog atau Web lain yang merefensikan blog kamu dan visitor datang ke blog kamu setelah melihat referensi dari blog dia. 
Maka Backlink yang berkualitas pun datangnya dari web atau blog yang berkualitas juga. Contohnya ada link artikel kamu yang direferensikan oleh tribunnews atau kompas. Beuh baclink seger tuh, karena dari media yang cukup besar.
Tips: Daftarlah menjadi penulis tamu di web atau blog media besar, seperti liputan6.com atau kompas.com atau yang lainnya. Buatlah sebuah artikel yang bermanfaat disana, kemudian sisipkanlah link yang mengarah pada blog kamu.

Kesimpulan

Dalam dunia blogging Optimasi SEO itu sangatlah penting, karena bisa berpengaruh besar terhadap blog kamu. SEO bisa menentukan posisi blog kamu di halaman pencarian. Jangan berkecil hati ketika blog kalian masih dalam halaman 100 mungkin lebih, teruslah berkarya untuk memperkenalkan blog kamu baik online maupun offline. Karena proes atau usaha yang maksimal hasilnya pun tidak akan sia-sia.
Itulah 6 Tips SEO Blog Yang Efektif Untuk Pemula masih banyak faktor yang bisa menentukan posisi blog kalian di search engine atau halaman pencarian. Mulai dari SEO On Page, SEO Off Page, Optimasi Gambar, Template, Kecepatan Website,  Struktur Data, minimalisir Broken Link dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian, apabila ada yang kurang mohon dimaafkan, itu karena keterbatasan ilmu saya yang masih sangat sedikit.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar