Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

7 Langkah Penting SEO On Page Di Blogger Dan Wordpress Tahun 2019


SEO On Page merupakan salah satu cara untuk optimasi blog atau website kita di search engine atau mesin pencarian, terutama penerapannya di artikel yang diterbitkan. Mungkin secara sederhana SEO On Page bisa diartikan yaitu memudahkan visitor dalam membaca artikel kita, dan berkesinambungan antara artikel yang satu dengan yang lainnya.
Hal ini juga memudahkan bagi mesin pencari terutama google untuk menemukan relevansi kata kunci yang sedang kita bahas atau yang sedang kita tuangkan dalam sebuah konten.
Pada tahun 2019 ini, pada dasarnya SEO on page yang dilakukan di platform blogger dan wordpress sama saja, mungkin wordpress sedikit diunggulkan karena banyak plugin yang telah mendukung untuk optimasi SEO contohnya plugins bernama YOAST SEO.

7 Langkah Penting SEO On Page Untuk Blogger Dan Wordpress

Untuk menerapkan atau optimasisai SEO On Page bisa dikatakan mudah dan susah, tergantung dari sisi mana kita menilai. Maka menurut mamang cukup 7 langkah penting dalam menentukan SEO On Page.
1. Search Intent
Salah satu penentuan kata kunci yang akan dibidik sebaiknya dilakukan dengan riset kata kunci. Salah satu caranya dengan apa yang sedang dicari di mesin pencarian. Ini contohnya;


Ketika anda membidik kata kunci SEO On Page di pencarian google, maka akan muncul rekomendasi lain dalam pencarian. Sebaiknya gunakanlah kata kunci yang berhubungan dengan semuanya. Misalnya SEO ON Page 2019 Untuk Wordpress dan Blogger, silahkan dalami dengan kata kunci yang lain yang masih relevan.

2.  Kata Kunci Yang Relevan
Agar artikel berada di halaman pertama mesin pencarian, sebaiknya kalian membaca dulu beberapa artikel yang berada di peringkat 1 sampai 3 pada google search. Pelajari dan pahami. Setelah berhasil kalian pasti akan menemukan beberapa kata kunci yang relevan yang bisa dijadikan untuk ide membuat artikel yang lebih menarik dari ketiga artikel tersebut.


Salah satu ide lain tentang kata kunci bisa didapatkan dari Question atau pertanyaan yang ada pada halaman mesin pencarian, seperti contoh diatas.

3. URL Atau Permalink Sederhana
Permalink atau url itu menjadi sangat penting ketika optimasi SEO ON Page. Sederhana disini berarti dibuat dengan tepat, deskriptif dan tidak terlalu panjang. Untuk blogger ada cara sederhana agar url atau tautan permanen menjadi lebih sedikit tapi mengandung kata kunci yang tepat.


4. Masukan Kata Kunci Artikel Yang Tepat
Untuk SEO On Page, penerapan kata kunci yang tepat yaitu tidak hanya mengulang-ngulang kata kunci tersebut di semua artikel yang kita buat. Justru kebanyakan kata kunci malah beresiko tidak baik untuk SEO blog kita. Coba deh meetakan kata kunci ini di tempat berikut:
  1. Judul dam url blog
  2. 350 kata pertama atau di paragraf pertama
  3. Masukan di salah satu sub heading
  4. Masukan di alt gambar atau atribut image
  5. Masukan di tags (optional)
5. Struktur Data
Salah satu hal yang penting lainnya yaitu struktur data. Struktur data yang baik memudahkan google untuk menerima informasi dari blog yang kita miliki. Misalnya blog kita itu apakah fokus pada jualan, atau hanya artikel semata.
Untuk  lebih jelasnya, mamang sudah mengulas tentang setruktur data dengan judul Pentingkah Struktrur Data Dan Pengaruhnya Kepada SEO?

6. Optimasi Gambar
Selain membuat indah suatu halaman, image atau gambar menjadi hal yang sangat penting dalam urusan SEO. Faktor keberhasilan suatu gambar, contohnya hanya dengan satu thumbnail yang menarik, visitor datang bukan dari judul yang kita miliki melainkan dari gambar itu tadi.
Salah satunya yaitu dengan menempatkan kata kunci pada atribut gambar. Tetapi bukan itu saja, kecepatan pemuatan gambar pun menjadi sangat penting bagi artikel yang kita buat. Maka kita bisa mengoptimasinya. 
Untuk langkahnya silahkan baca artikel mamang lainnya: Cara Upload Gambar Di Blogger Agar Postingan Menjadi Super Ringan.

7. Mudah Dibaca
Apakah blog kalian harus mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung? Jawabanya harus banget. Indikatornya bisa di lihat di Google Analytics. Berapa lama visitor membaca artikel kita, apakah lebih dari 1 menit atau justru kurang dari 1 menit.
Apabila visitor atau pengunjung melihat kurang dari 1 menit, maka sudah dipastikan blog kalian pasti bakal kalah dengan blog dari kompetitor.

Itulah 7 hal penting yang bisa dijadikan pedoman untuk melakukan optimasi SEO On Page dalam blog kalian. Tetapi, tidak cukup hanya itu saja, selain on page ada juga SEO OFF Page yang harus kita optmasi.
Intinya, bidiklah kata kunci yang tepat, lihat kompetitor kalian, dan buatlah artikel yang lebih informati dan lebih kaya dari kompetitor kalian. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar