Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

2 Cara Ampuh Atasi Serangan Jingling Auto Visitor Pada Blog


2 Cara Ampuh Atasi Serangan Jingling Auto Visitor Pada Blog - Selamat datang kembali di blog saya, hari ini saya akan sedikiti membahas tentang auto visitor atau jingling pada blog yang rata-rata berdampak buruk bagi blog target.
Kenapa saya membuat artikel ini, karena saya merasakan serangan jngling dan traffic atau view blog saya meningkat drastis. Kalau bagi pemula mungkin ada sebagian yang suka karena tiba-tiba view blognya langsung ribuan bahkan puluhan ribu. Tetapi kalau saya malah merasa khawatir karena bisa-bisa blog saya malah dianggap tidak baik oleh Mbah Google.
Bagi blog baru mungkin serangan jingling ini akan berakibat fatal, bisa saja deindex atau masuk ke sandbox karena dianggap spam. Tetapi bagi blog saya yang sudah berumur 2 tahun lebih, serangan auto visitor tidak langsung berakibat fatal, karena visitor saya stabil dan rajin membuat postingan.

Apa Itu Auto Visitor Atau Jingling

Susuai dengan namanya yaitu Auto, maka auto visitor merupakan pengunjung yang datang ke blog kita yang dilakukan oleh robot. Biasanya robot ini pun hanya mengunjungi blog kamu dalam beberapa detik saja, tidak lebih dari 1 menit. 
Dalam dunia jingling, hal yang harus dicurigai yaitu visitor bot yang datang dari IP luar negeri. 


Gambar diatas menunjukan adanya lonjakan visitor dari IP yang berasal dari Ukraina. Itu artinya terdapat serangan jingling yang mengarah pada blog kita. 
Kalau sudah seperti itu, maka hal yang harus dilakukan yaitu mencekal atau mencegah jingling agar meminimalisir serangan untuk kedepannya.

Cara Menangkal Serangan Jingling Auto Visitor Pada Blog

Menggunakan Robots.txt
Yang pertama yaitu dengan mengaktifkan robots.txt pada blog. silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.
1. Silahkan buka dashboard blogger kalian
2. Masuk ke Menu Stelan > Preferensi penelusuran > Robots.txt khusus > Edit
3. Pastekan kode dibawah ini pada robot txt

User-agent: Mediapartners-Google 
Disallow:

User-agent: Googlebot 
Allow: / 

Disallow: /search
User-agent: *
Disallow: /

Sitemap: https://www.mangaip.com/sitemap.xml
4. Ganti url blog yang dikasih tanda dengan url blog kalian
5. Simpan
Manfaat menggunakan robots.txt ini yaitu hanya memperbolehkan robot google saja yang merayapi situs kita. Ketika datang robot yang bukan berasal dari google, maka aksesnya akan dibatasi.

Menggunakan CDN Cloudflare


Cloudflare merupakan cdn atau Content Delivery Network yang memiliki banyak kelebihan. Cukup dengan menggunakan akun gratisan, blog kalian sudah dilindungi oleh clouflare dengan sangat baik. Apalagi kalau menggunakan yang berbayar atau premium.
Kelebihan dari Cloudflare diantaranya adanya fitu firewall, speed, caching, page rules dan masih banyak yang lainnya.


Apabila kamu sudah memiliki domain TLD atau sudah mengarahkan domain blogspot kamu ke domain TLD, kamu bisa mengaktifkan Cloudflare ini dengan mudah.
Caranya hanya tinggal menghapus CNAME yang awal, ditempat kamu membeli domain, dengan CNAME dari Cloudflare. Cukup menunggu 1 atau 2 jam saja biasanya sudah aktif.
Cloudflare akan melindungi blog kamu dari serangan jingling, DDos dengan memfilter trafik yang datang atau mengakses blog kamu.
Setiap IP yang mencurigakan biasanya akan menunggu selama 5 detik supaya bisa mengakses blog kamu.

Penutup dan Kesimpulan

Dengan 2 cara ampuh atasi serangan jingling auto visitor pada blog diatas sebenarnya masih bisa dipadukan lagi dengan cara-cara lainnya. Kalau di wordpress biasanya sudah disediakan beberapa plugins yang bisa membantu kamu mencegah adanya auto visitor salah satunya yaitu plugins wordfence security.
Untuk blogspot pun masih ada dengan menambahkan beberapa script ke template kalian. Tapi menurut mamang 2 cara diatas sudah cukup ampuh untuk mencekal serangan jingling auto visitor. Semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar