Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Menemukan Dan Memperbaiki Link Rusak (Broken Link) Di Blog


Penggunaan sebuah link dalam suatu blog atau artikel sangat penting bagi blog kita, apalagi untuk SEO. Baik itu link antar artikel kita (ON Page) atau link yang keluar dari blog atau artikel kita.
Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup artikel kita sendiri. Lalu bagaimana kalau ada salah satu yang link rusak atau dihapus? Hal ini tentu akan berdampak buruk pada SEO Blog kita.
Contohnya, apabila ada link yang rusak di salah satu artikel kita, pengunjung akan kesulitan apabila menekan link itu, karena hasilnya tidak ditemukan bahkan error. Tentu rating blog akan menjadi turun.
Dalam dunia blogging hal ini sering disebut broken link. Entah itu awalnya diredirect atau memang dihapus oleh pemilik link tersebut.
Sebelum lanjut ketahapan berikutnya silahkan baca postingan mamang sebelumnya ya mengenai,  Cara Membuat Slider Gambar Di Blogger Valid AMP Pakai AMP Carousel

Cara Menemukan Broken Link Blog

Karena faktor link itu sangatlah penting, maka kita perlu secara berkala untuk mengecek, apakah ada link yang rusak atau tidak di dalam blog kita. Silahkan ikuti langkah berikut
1. Kunjungi halaman www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php
2. Masukan Situs Web Atau Blog Kalian. Contoh dibawah


3. Isikan Recaptcha Atau Security Code
4. Pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower) bertujuan untuk memindai semua halaman atau artikel kita.
5. Pilih Finds Broken Link Nows
Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai, nanti akan muncul bahwa dari jumlah halaman keseluruhan yang dipindai akan ada jumlah broken links-nya. Kalau tidak ada seperti blog mamang berarti kalian tidak perlu melakukan perbaikan pada linknya.
Ini contoh hasil punya mamang,


Cara Memperbaiki Broken Link Dalam Web Atau Blog

Mang bagaimana kalau punya saya, broken link yang muncul setelah dipindai ternyata banyak sekali? Ok, mamang akan mengambil Screen Shoot dari web yang lain ya.


Jika web kalian terdapat beberapa broken link setelah dilakukan pengecekan di situs online tersebut, hal itu sangatlah mudah untuk diperbaiki, caranya:
1. Pertama, buka dahulu halaman atau postingan blog yang terdapat link yang rusak dengan cara mengklik url, nanti akan membuka tab baru dan membuka halaman yang terdapat broken link.
2. Kedua, Apabila masih kesulitan mencari broken link tersebut, bisa melakukan dengan klik pada bagian src.
3. Ketiga, setelah kalian menemukan beberapa link yang rusak, kalian segera memperbaikinya. Atau menghapus link yang keluar dari web atau blog kita. Kalau link on page atau antar halaman lebih baik di perbaiki saja tanpa menghapusnya.
4. Keempat, Setelah diperbaiki semua, silahkan cek kembali situs kalian seperti cara yang paling awal. Apabila setelah dicek kembali tidak ada broken links berarti selesai.

Karena memang ada pengaruhnya untuk SEO blog atau Web kita, maka mamang sangat merekomendasikan untuk selalu mengecek tentang link yang ada didalam blog kita. Tidak harus sering, tapi bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.
Itulah sedikit pembahasan mengenai Cara menemukan dan memperbaiki link yang rusak atau broken link pada blog/web. Semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar