Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Membuat Sumber Link Otomatis Di Blog Saat Di Copas


Cara Membuat Sumber Link Otomatis Di Blog Saat Di Copas - Mangaip, mungkin tanpa disadari atau tidak, saat kita mencopy paste atau copas artikel blog /website orang lain terdapat tulisan sumber yang menuju ke link halaman artikelnya. Salah satu contohnya silahkan kalian copas artikel tribunnews, pasti akan terdapat tulisan sumber link di bagian akhir kalimat yang kamu copas.

Saya pun mengakui pernah melakukan copas artikel dari web orang lain, karena memang sangat mudah. Cukup copy dan paste saja di artikel yang akan kita buat. Tetapi itu adalah hal yang buruk, bahkan dosa karena bisa saja dianggap melakukan pencurian konten orang lain, apalagi tidak pernah sumber sedikit pun.

Sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan oleh kalian bagi artikelnya yang sering dicopas, dengan cara memembuat kode otomatis untuk sumber link di blog atau website kalian. Walaupun memang pada akhirnya sumber link itu bisa dihapus.

Berikut adalah contoh ketika tulisan kita di ambil atau di copas oleh orang lain, hasilnya seperti dibawah ini.


MEMBUAT SUMBER LINK OTOMATIS PADA BLOG

Untuk menambahkan sumber link pada blog sebenarnya sanglat mudah, hanya perlu menambahkan kode script pada bagian header blog. Berikut caranya.
1. Masuk ke akun Blogger
2. Pilih Tema, kemudian pilih Edit HTML
3. Tambahkan kode dibawah ini antara kode <head> dan </head> atau sebelum kode </body>

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function copaslink(){var e,n=document.getElementsByTagName("body")[0],t=(e=window.getSelection())+("<br/><br/>Sumber : <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>"),o=document.createElement("div");o.style.position="absolute",o.style.left="-99999px",n.appendChild(o),o.innerHTML=t,e.selectAllChildren(o),window.setTimeout(function(){n.removeChild(o)},0)}document.oncopy=copaslink;
//]]>
</script>

4. Simpan Tema
5. Selesai

Silahkan coba copas artikel kalian kedalam notepad atau microsoft word, pasti hasilnya akan seperti pada gambar diatas.

PENUTUP

Maka sebaiknya, janganlah melakukan copy paste artikel orang lain, jadilah diri sendiri. Daripada copas mending rewrite kembali dengan ciri khas yang kita miliki. 
Saya pun sebenarnya suka jengkel kepada orang yang suka mencopas artikel saya tanpa mencantumkan sumbernya. Kalau dicantumin sumber masih mending lah. 

Itulah tutorial tentang Cara Membuat Sumber Link Otomoatis Di Blog Saat Di Copas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar