Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Mengganti / Mengubah Font Di Blogger / Web Dengan Mudah


Mangaip,  jenis huruf atau font dalam blog /website merupakan salah satu faktor penting dari bagian desain blog. Penentuan font nantinya harus mudah dibaca, jelas dan mudah dipahami. Jenis font ini pun nantinya akan memberikan efek yang cukup besar bagi suatu blog.

Hingga saat ini kebanyakan blog / website masih menggunakan jenis fonts sans-serif yang memang mudah dibaca. Tentu masih banyak penyedia fonts lainnya yang berbayar maupun gratisan. Salah satunya yaitu Google Fonts yang bisa diterapkan pada halaman web / blog secara gratis.

Mamang pun akan memberikan tutorial Cara Mengganti / Mengubah Font Di Blogger / Website Dengan Mudah. Hanya cukup menambahkan kode google fontnya saja pada CSS template blog kalian.

CARA MENGGANTI FONT DI BLOGGER

1. Silahkan buka halaman https://fonts.google.com/ kemudian pilih font yang kamu suka. Saya contohkan dengan memilih font roboto. seperti pada gambar dibawah ini.



2. Kemudian masuk ke akun Blogger kalian.
3. Silahkan pilih menu Tema kemudian tekan tanda titik tiga, pilih Edit HTML
4. Salin kode Google fonts tadi dan letakan diantara kode <head> <link> </head> atau contoh kode google font roboto yang tadi seperti dibawah ini.

<head> 
....
<link href="https://fonts.googleapis.com/css?family=Roboto&display=swap" rel="stylesheet" />
....
</head>
5. Masukan juga kode CSS yang diberikan di Google Font tadi sebelum kode ]]></b:skin> atau contoh kodenya seperti dibawah ini.

font-family: 'Roboto', sans-serif;
6. Apabila dalam template kamu sudah terdapat font, maka tinggal mengganti font yang ada dengan kode font tadi.
7. Kemudian Simpan.

CARA MENGUBAH JENIS FONT DI WEBSITE

Bagi kalian pengguna CMS atau platform wordpress dan yang lainnya, untuk mengganti font yang sudah ada dengan google font caranya hampir sama seperti penerapan pada blogger.
Caranya, tinggal cari font yang sudah terdapat pada web kalian dan menggantinya dengan kode CSS Google Font tadi. Bahkan bisa juga hanya untuk menerapkan di menu, footer atau halaman tertentu saja.

Itulah tutorial  Cara Mengganti / Mengubah Font di Blogger / Web Dengan Mudah. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar