Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Pakai Ramuan Tradisional


Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Pakai Ramuan Tradisional - Mangaip, merawat kulit muka atau wajah adalah suatu hal yang penting terutama bagi kaum hawa. Selalu ingin tampil cantik, bersih dan glowing sepanjang masa.

Karena sekarang inginnya serba instan, maka mulailah membeli produk-produk kecantikan yang belum tau asal usulnya yang penting bisa memberikan kecantikan dalam sekejap.

Namun sebenarnya, ada cara alami atau tradisional yang jauh lebih murah harganya, bahkan kamu pun bisa membuatnya dirumah. Hasilnya memang tidak instan, tapi ini membutuhkan suatu proses. Tapi nanti hasilnya, bisa permanen.

Maka disni penulis akan sedikit memberikan cara merawat kulit wajah dengan bahan alami, pakai ramuan tradisional tahun 1991. Tertarik untuk mencobanya!

CARA MERAWAT KULIT WAJAH DENGAN BAHAN ALAMI

Untuk melakukan perawatan kulit muka / wajah secara tradisional sebenarnya ada 2 macam, dengan metode pembersihan sekaligus penyegaran dan perawatan kulit dengan memakai bedak dingin.

Cara Membersihkan Kulit Muka dengan Motede Pembersihan Sekaligus Penyegaran

Cara ini sangatlah mudah, kalau ingin dikerjakan yaitu sebelum tidur ambilah irisan tomat atau irisan timun kemudian gosok-gosokan ke kulit wajah kita secara merata. 
Atau cara yang paling ampuh yaitu membuat air perasan dari mentimun. Caranya silahkan parut mentimun, hasil parutan itu kemudian campur dengan sedikit air, kemudian saring pakai kain yang tipis. Silahkan oleskan air mentimun tersebut ke wajah kita sebelum tidur, kemudian bersihkan pas saat bangun tidur.

Cara Merawat Kulit Wajah Dengan Memakai Bedak Dingin

Nah, masih ada lagi cara yang alami untuk merawat kulit wajah kita, yaitu dengan memakai bedak dingin. Apabila kalian ingin membuatnya dirumah, silahkan siapkan beberapa bahan berikut:
  1. Tepung Beras : 1 Gelas
  2. Tepung Bengkoang: 1 Gelas
  3. Air Wangi: Secukupnya
Setelah tersedia beberapa bahan diatas, silahkan ikuti cara dibawah untuk membuat ramuan tradisional perawatan kulit wajah. Caranya:
  1. Campurkan tepung beras dan tepung bengkoang, aduk hingga tercampur dengan benar
  2. Tambahkan air wangi sedikit-sedikit
  3. Aduk ketiga bahan tersebut, sampai tingkat kekentalan tertentu (tidak encer) seperti membuat adonan kue.
  4. Setelah terasa cukup, silahkan bentuk adonan ramuan tersebut dengan bentuk bulat sebesar kelereng atau sesuai dengan ukuran yang kalian suka.
  5. Jemur hingga kering
Cara Pemakaian Bedak Dingin Untuk Kulit Wajah
Ambil satu atau dua butir bulatan bedak dingin tersebut, campurkan sedikit air hingga agak encer, kemudian sapukan ke kulit wajah hingga merata. Lakukan cara ini sebelum tidur, kemudian dibilas saat bangun tidur.

Bingung cara membuat tepung beras, tepung bengkoang hingga air wangi? Tenang, saya akan memberikan cara membuatnya dengan begitu mudah.

CARA MEMBUAT TEPUNG BERAS UNTUK PERAWATAN WAJAH

Cara membuat tepung beras sebenarnya begitu mudah, jaman sekarang sudah banyak yang menjualnya, atau bisa memakai dengan mesin. Akan tetapi karena saya membahas cara tradisional, maka kita akan membuatnya dengan cara tradisional juga.
Caranya, beras dicuci, setelah dicuci rendam beras selama sehari semalam. Kemudian angkat beras dengan memakai saringan (Kalo) sambil disiram dengan air bersih. Kemudian tiriskan, setelah agak dingin, kemudian buat menjadi tepung, bisa ditumbuk atau dengan gilingan. Hasilnya kemudian diayak dengan memakai saringan yang sangat tipis dan halus. Jadilah tepung beras.

CARA MEMBUAT TEPUNG BENGKOANG UNTUK KULIT WAJAH

Buah bengkoang merupakan jenis umbi-umbian yang kaya akan vitamin dan manfaatnya, salah satu yaitu untuk merawat kulit wajah. Cara membuat tepung bengkoang pun sangatlah mudah, ambil beberapa buah bengkoang kemudian di parut.
Hasil parutan dari bengkoang tersebut silahkan aduk-aduk terlebih dahulu setelah ditambah air sedikit. Kemudian saring menggunakan kain tipis ke dalam wadah yang cukup besar. Maka nantinya air perasan tersebut akan mengendap. 
Endapan perasan tersebut disebut Pati Bengkoang yang nantinya bisa dikeringkan dan menjadi tepung bengkoang.

CARA MEMBUAT AIR WANGI UNTUK RAMUAN TRADISIONAL 

Kalau membuat air wangi adalah hal yang paling gampang. Pertama siapkan air secukupnya, misalnya satu liter. Kemudian campurkan daun pandan yang sudah diiris dan ditambah dengan berbagai macam bunga, misalnya, mawar, melati, kenanga dan lainnya. Diamkan campuran ini setengah hari saja.
Setelah itu, silahkan saring menggunakan kain tipis, dan hasilnya ini sering disebut Air Wangi.

 KHASIAT BEDAK DINGIN UNTUK MERAWAT KULIT WAJAH

Sebagai pengingat, bedak dingin ini terdiri dari tepung beras, tepung bengkoang dan air wangi. Dalam tepung beras dan bengkoang terdapat vitamin B1, Kalsium Fosfor, Vitamin A1, Vitamin B, Vitamin C dan protein. Tentunya berbagai vitamin tersebut akan memberikan manfaat yang bagus untuk kulit wajah kita. Diantaranya:
  1. Terlihat awet muda
  2. Mencegah timbulnya ketuaan pada kulit wajah
  3. Mencegah timbulnya noda-noda hitam dan jerawat
  4. Membuat kulit wajah tetap segar
  5. Tetap kencang, tidan mudah keriputan sebelum waktunya.
Bagaimana sudah siap untuk melakukan atau menggunakan ramuan tradisional ini dirumah? Caranya sangat mudah lho. Saya juga memberikan tips 5 Cara Alami Pengobatan Luka Bakar Akibat Knalpot. Semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar