Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Menghilangkan Jerawat Alami, Cepat Dan Tanpa Bekas


Jerawat itu memang menjengkelkan, apalagi buat kamu yang memiliki pasangan, pasti tidak pede saat bertemu dengan pacar kamu. Bingung cara menghilangkan dan mengobati jerawat kamu? Nah, kali ini admin mau membahas cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat dan tanpa bekas jerawat.
Jerawat harus diperlakukan dengan baik tapi jangan dipelihara ya, karena kalau tidak diperlakukan dengan baik nantinya malah bisa menimbulkan iritasi dan menyebabkan flek hitam di wajah.
Perawat kulit wajah itu memang sangat penting, termasuk penggunaan make up yang sesuai dengan jenis kulit. Kalau tidak tepat bisa menimbulkan jerawat yang bisa membuat kamu merasa minder dan malu.
Kamu ingin segera menghilangkan jerawat kamu? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sendiri secara alami dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.
Sebelum ke pengobatan jerawat kamu, ketahuilah ada beberapa penyebab timbulnya jerawat yang bisa kamu hindari di masa yang akan datang.

Penyebab Timbulnya Jerawat Tanpa Kamu Sadari

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat yang mungkin tanpa kamu sadari dan sering dilakukan. Berikut beberapa penyebab timbulnya jerawat pada bagian wajah kamu.

Lupa Membersihkan Make Up Sebelum Tidur



Tidak membersihkan make up adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat, karena make up bisa menghambat pori-pori kulit wajah kamu. Alangkah baiknya sebelum tidur, segera membersihkan make up kamu dengan memakai air yang bersih, apabila perlu pakai air hangat ya.

Hanya Memakai Tissue



Siapa yang sering menggunakan tissue untuk membersihkan wajah kamu? Yakin wajah kamu bersih? Tissue tidak akan membersihkan make up atau kotoran di wajah kamu dengan benar-benar bersih. Hal ini tentu bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah kamu, karena masih ada kotoran-kotoran yang tersisa. Sebaiknya cucilah wajah kamu, memakai sabun untuk wajah atau cairan pembersih wajah.

Jarang Mencuci Sarung Bantal Dan Kasur



Debu dan kotoran bisa datang darimana saja termasuk di tempat tidur kamu, maka hal yang kamu harus perhatikan yaitu menjaga kebersihan seprei kasur dan sarung bantal yang besentuhan langsung dengan wajah kamu.
Sarung bantal yang jarang dicuci akan menyimpan ratusan kuman atau bahkan ribuan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Kurang Meminum Air Putih



Selain dehidrasi, kulit bisa kering akibat kekurangan cairan, maka disinilah salah satu manfaat dari air minum putih. Apabila kulit mengalami kekeringan apalagi disekitar wajah, maka ini pun menjadi penyebab hadirnya jerawat di wajah kamu.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Susu



Siapa yang suka mengkonsumsi susu atau makanan yang mengandung susu? Susu memang bagus untuk kesehatan. Akan tetapi bagi yang mempunyai masalah kulit, terutama jerawat. Minum susu bukan malah menghilangkan jerawat kamu, tetapi malah memperbanyak.

Jarang Mencuci Rambut



Nah ternyata salah satu yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah kamu yaitu jarang mencuci rambut. Lho kok emang bisa? Rambut yang jarang dicuci apalagi panjang, pasti akan menempel ke wajah kamu kalau tidak diikat. Karena rambut yang jarang dicuci sudah pasti memiliki kotoran salah satu contohnya ketombe.

Penggunaan Handphone / Smartphone Yang Kotor



Salah satu yang mungkin tidak kamu sadari yaitu menggunakan smartphone atau HP yang kotor. Apabila menempel ke bagian wajah kamu, ini bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah kamu.

Penyebab Munculnya Jerawat Secara Wajar Atau Normal

Emang kalau jerawatan adalah hal yang wajar atau normal? Jawabannya tentu bisa dong, karena tergantung terhadap jenis kulit yang kamu miliki. Berikut adalah diantaranya:

Perubahan Hormon

Yups, perubahan hormon bisa terjadi kepada siapa saja, apalagi bagi kaum wanita. Ada waktu-waktu tertentu bagi wanita terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan yaitu saat mengalami menstruasi dan sedang mengandung atau hamil.
Karena adanya perubahan hormon ini, maka jerawat yang muncul pada wajah kamu, bisa dikatakan hal yang sangat wajar.

Masa Pubertas

Siapa yang masa remaja mengalami wajah yang jerawatan, ini pun bisa dikatakan hal yang normal. Karena pada masa remaja, hormon testosteron  sedang mengalami masa peningkatan. Beruntung bagi kamu yang masa pubertas tidak mengalami jerawatan seperti admin.

Penyebab Lain Muncul Jerawat Di Wajah

Selain yang telah diulas diatas, ada beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan jerawat di wajah kamu. Mungkin hal ini bisa kamu hindari di waktu yang akan datang, diantaranya yaitu

Terlalu Sering Membersihkan Muka

Emang membersihkan muka bisa menimbulkan jerawat? Pada tubuh kita, terutama bagian wajah mengandung minyak dengan kadar yang berbeda-beda tiap orang. Apabila terlalu sering menbersihkan muka apalagi ditambah memakai sabun, tentu kadar minyak akan semakin berkurang, akibatnya wajah akan terus memproduksi minyak secara berlebihan.
Mencuci muka yang baik yaitu cukup 2 kali saja sehari, itu pun harus menggunakan sabun pencuci wajah yang benar, jangan pakai sabun mandi.

Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak

Apabila kamu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Selain tidak baik untuk kesehatan, lemak yang tinggi bisa mengakibatkan wajah kamu jerawatan. 

Memencet Jerawat

Bukan hal yang baik, ketika adanya jerawat kamu memencetnya dengan tangan sendiri atau orang lain. Karena belum tentu tangan yang di pakai untuk memencet jerawat itu bersih. Apalagi nantinya jerawat yang dipencet bisa menimbulkan iritasi bahkan flek hitam.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat Dan Tanpa Bekas

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah kamu, sekaranga waktunya untuk menghilangkan jerawat yang membandel dengan menggunakan cara yang alami, tanpa efek samping. 
Jerawat kamu bisa hilang dengan cepat dan tanpa bekas tergantung kepada jenis kulit yang kamu miliki. Berikut diantaranya.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Es Batu



Cara yang pertama untuk menghilangkan jerawat dengan cara alami yaitu menggunakan es batu. Es Batu bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah, maka apabila kamu memiliki jerawat yang membandel bisa hilang dengan es batu.
Cara membuat:
  1. Ambil es batu secukupnya.
  2. Kemudian bungkus dengan kain bersih. 
  3. Lalu letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik. 
  4. Lakukan secara rutin sampai jerawat terlihat mengempis.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Uap Air



Dengan uap air panas pori-pori kulit wajah kamu bisa terbuka secara lebar, dengan begitu kotoran yang ada pada wajah kamu bisa keluar.
Cara Membuat:
  1. Isi wadah dengan air panas, misalnya baskom kecil. 
  2. Kemudian letakkan wajah kamu di atas wadah tersebut atur jaraknya jangan terlalu dekat.
  3. Lakukan selama 5 menit. 
  4. Lakukan dengan rutin menguapi wajah setiap hari.
  5. Sebaiknya dilakukan menjelang tidur agar kotoran selama seharian penuh dapat keluar.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cuka Apel



Asam organik yang terkandung dalam cuka apel dipercaya bisa membunuh kuman dan baketeri yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Cuka Sari Apel pun dapat membantu untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Berikut cara pembuatannya agar maksimal.
  1. Ambil 3 sendok makan air bersih dan 1 sendok makan cuka apel 
  2. Bersihkan wajah, setelah itu oleskan campuran cuka apel ke kulit, menggunakan kapas steril.
  3. Biarkan selama 5-20 detik. 
  4. Bilas wajah, lalu keringkan.
  5. Ulangi langkah di atas 1-3 kali sehari.
  6. Boleh dtambahkan air kembali apabila kulit kamu sensitif

Cara Mengobati Jerawat Dengan Perasan Jeruk Lemon



Asam sitrat yang terdapat pada jeruk lemon mampu mengatasi jerawat, akan tetapi kembali ini tergantung dengan jenis kulit yang kamu miliki. Berikut cara membuatnya:
  1. Ambil 1 buah jeruk lemon
  2. Kemudian potong dan peras
  3. Oleskan air perasan jeruk lemon menggunakan kapas steril ke area jerawat kamu
  4. Diamkan selama semalam
  5. Hentikan cara ini apabila kulit kamu terasa perih.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Cara Alami Menggunakan Minyak Kelapa



Kenapa kulit yang berminyak dan berjerawat harus menggunakan minyak kelapa? Dalam kelapa mengandung minyak alami yang mengandung antibakteri. Minyak kelapa pun dipercaya mampu mangangkat bakteri dan kuman yang menjadi penyebab jerawat.
Caranya, ambil minyak kelapa secukupnya, kemudian oleskan pada jerawat menggunakan kapas steril.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Menggunakan Masker Alami

Bagi kamu yang suka maskeran, waktunya untuk berganti ke masker alami, selain baik untuk kesehatan wajah kamu, tanpa ada efek samping tentunya. Untuk mengobat jerawat, silahkan pilih salah satu masker alami dibawah ini, agar hasilnya bisa maksimal.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Buah Alpukat



Cara Membuat:
  1. Ambil satu atau setengah bagian alpukat.
  2. Tumbuk atau blender alpukat hingga halus
  3. Tambahkan 1 sendok makan madu.
  4. Bersihkan wajah, 
  5. Oleskan pada wajah menggunakan tissue steril. 
  6. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Yogurt



Cara Membuat:
  1. Ambil dan campurkan 2 sdm yogurt dan 1 sdm madu.
  2. Kemudian aduk hingga rata. 
  3. Oleskan pada wajah. 
  4. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Pisang Dan Kunyit



Cara Membuat:
  1. Haluskan 1 buah pisang, lalu tambahkan 1/2 sdm bubuk kunyit dan 1/2 sdm soda kue 
  2. Aduk hingga rata bahan-bahan tersebut.
  3. Bersihkan wajah.
  4. Oleskan pada wajah secara merata. 
  5. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. 
  6. Jangan lupa untuk memakai pelembap setelah memakai masker ini, jika kamu merasakan wajah menjadi kering.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Bawang Putih



Cara Membuat:
  1. Siapkan 1 siung bawang. 
  2. Potong menjadi menjadi dua bagian.
  3. Kemudian gosokkan pada jerawat. 
  4. Diamkan selama 15 menit, selanjutnya bilas dengan air hangat.
atau
  1. Ambil 1 siung bawang. 
  2. Kemudian tumbuk hingga halus.
  3. Oleskan pada wajah yang sudah bersih. 
  4. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Tomat



Cara Membuat
  1. Iris tomat menjadi beberapa bagian, kemudian tempelkan ke wajah yang bersih, atau
  2. Blender 1 buah tomat.
  3. Kemudian oleskan pada wajah dengan kapas steril secara merata.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Lalu bilas dengan air hangat.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Lidah Buaya



Cara Membuat:
  1. Ambil gel atau daging lidah buaya.
  2. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel.
  3. Kemudian oleskan pada wajah. 
  4. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. 
  5. Lakukan secara rutin, minimal sehari sekali.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Mentimun



Cara Membuat:
  1. Ambol 1 mentimun, kemudian iris tipis-tipis, selanjutnya tempelkan pada wajah kamu, atau,
  2. Buat jus mentimun dengan cara di blender
  3. Oleskan jus mentimun pada wajah.
  4. Diamkan selama 10-20 menit.
  5. Kemudian bilas dengan air hangat
  6. Lakukan secara rutin.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Putih Telur



Cara Membuat:
  1. Ambil 1 butir telur
  2. Pisahkan bagian kuning dan putihnya.
  3. Kocok putih telur hingga mengembang
  4. Tambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis
  5. Oleskan secara merata pada wajah kamu
  6. Diamkan selama 15 menit
  7. Bilas dengan air hangat, lakukan secara rutin.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Kulit Jeruk



Cara Membuat:
  1. Keringkan kulit jeruk secukupnya dibawah terik matahari.
  2. Kemudian tumbuk  sampai halus
  3. Campurkan air bersih secukupnya.
  4. Oleskan pada wajah.
  5. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara Mengobati Jerawat Menggunakan Masker Pepaya



Cara Membuat:
  1. Ambil beberapa potongan buah pepaya.
  2. Buat menjadi bubur, bisa memakai sendok atau diblender
  3. Oleskan pada wajah kamu secara merata
  4. Diamkan selama 20 menit.
  5. Kemudian bilas dengan air hangat
  6. Boleh menambahkan madu atau lemon pada masker pepaya tersebut.

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Pakai Metode Unik

Sudah banyak yang admin bahas mengenai cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Kali ini admin akan memberikan cara ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cara yang unik. Bahkan sudah banyak yang mencobanya dan berhasil. 

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda



Siapa sangka kalau baking soda yang merupakan bahan pembuat kue ini bisa untuk menghilangkan jerawat. Baking soda mampu meredam terjadinya peradangan pada jerawat, sehingg membuat jerawat kempis lebih cepat.
Cara Membuat:
  1. Campurkan Baking Soda dengan air bersih.
  2. Aduk hingga menyerupai pasta.
  3. Oleskan pada bagian jerawat kamu.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Bilas dengan air dingin.
  6. Disarankan memakai pelembab setelah menggunakan cara ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Aspirin



Kaget mendengar aspirin sebagi obat menghilangkan jerawat? Selain penghilang rasa nyeri dan pusing, aspirin bisa membantu mengurangi warna kemerahan dan radang pada jerawat kamu. 
Cara membuat:
  1. Hancurkan beberapa tablet aspirin, hingga menjadi 2 sendok makan
  2. Campurkan dengan air, hingga mirip dengan pasta
  3. Oleskan pada jerawat.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Kemudian bilas dengan air bersih
  6. Boleh menambahkan madu pada campuran aspirin.

Cara Ampuh, Aman Dan Cepat Menghilangkan Jerawat

Apabila kamu ingin segera menghilangkan jerawat, maka jalan yang terakhir yaitu dengan pergi ke dokter specialist kulit. Berikut beberapa hal, ketika kamu segera pergi ke dokter untuk mengobati jerawat kamu.
  1. Jerawat tidak kunjung membaik, malah bertambah
  2. Terjadi peradangan yang cukup parah
  3. Ingin menghilangkan bekas jerawat
  4. Jerawat menyebar ke area tubuh lainnya selain wajah

Praktik Terbaik Menghilangkan Jerawat Membandel Secara Alami

Dari beberapa cara diatas, maka praktik terbaiknya yaitu dengan memilih metode mana yang akan kamu gunakan? Sebaiknya, gunakan cara menghilangkan jerawat yang sesuai dengan tipe kulit kamu. 
Pilih salah satu cara diatas, lakukan cara tersebut dengan konsisten agar hasilnya maksimal. Jangan gunta-ganti metode.

Itulah beberapa panduan cara menghilangkan jerawat secara alami, aman, cepat dan tanpa bekas. Semoga jerawat kamu cepat hilang ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar