Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

10 Tips Copywriting Agar Menjadi Copywriter Yang Sukses


Apakah Anda menggunakan kata kunci yang lemah? Apakah anda akan meembuat tulisan copywriting secara otomatis atau memakai robot? Apakah Anda malah melebih-lebihkan kalimat Anda? Berikut adalah 10 tips Copywriting agar menjadi Copywriter yang sukses.

Sebelum melangkah lebih jauh, silahkan simak pembahasan sebelumnya mengenai: Penjelasan lengkap, Apa Itu SEO Copywriting?
Daftar Isi Artikel

Kita semua belajar untuk menulis di sekolah, tetapi dalam dunia marketing, ada beberapa teknik sederhana yang sering dipakai oleh penulis berpengalaman untuk menyampaikan pesan agar memiliki dampak yang lebih besar dan singkat. Tanpa perlu banyak tutorial, Anda akan menemukan 9 tips dibawah ini yang mungkin berguna saat menulis surat penjualan, brosur, atau menulis halaman Web.

1. Hindari Kata Kerja Yang Lemah


Kata kerja (Contoh "adalah" dan "Itu" yang lemah hanya menempati ruang dan menyatakan bahwa ada sesuatu. Jadi jangan menulis judul seperti ini, "Kucing Angora Adalah Kucing Termahal Di Dunia".Sehingga hasil yang baiknya, menjadi seperti ini, "Kucing Angora Termahal Di Dunia". 

2. Tempatkan Penjelasan Rinci Di Bagian Akhir


Semuanya berawal dari yang sederhana dan menuju ke arah yang lebih rinci atau kompleks. Hal ini nantinya tidak akan membingungkan para pelanggan atau pembaca. Apabila anda memiliki ide yang lebih banyak, silahkan buat menjadi beberapa seri. 

Misalnya anda mempunyai ide tulisan tentang "Cara Membuat Blog". Silahkan buat menjadi beberapa seri, seperti. "Cara Membuat Blog Pertama kali", setelah itu, "Cara membuat tulisan pertama di blog" selanjutnya, "Cara menyisipkan gambar di blog". Itulah contoh serinya.

3. Buatlah Tulisan Yang Lebih Spesifik


Membuat tulisan yang panjang memang sangat membosankan dan menyita waktu. Bahkan ada beberapa orang yang rela menghabiskan beberapa hari hanya untuk membuat 1 artikel saja. Akan tetapi artikel panjang yang memuat kebutuhan pengunjung dalam satu halaman saja, biasanya akan memuaskan pengunjung tersebut, bila dibandingkan dengan artikel yang pendek saja.

Beberapa contoh tulisan yang memuat artikel panjang dan lebih spesifik ada di panduanim.com dan sugeng.id.

4. Penggunaan Klausa Yang Relevan


Dalam menulis artikel copywriting, semua hal boleh dilakukan asal masih relevan dengan tulisan kamu. Jangan melenceng lebih jauh. Contohnya, apabila kamu menulis tentang "Nanas Paling Murah Di Jakarta", maka kamu bisa menulis yang lebih kompleks lagi dengan menambahkan sub-judul pada tulisan kamu seperti "Resep Nanas Asam Manis Yang Paling Murah".

5. Gunakan Kata Kerja Tunggal


Kata kerja tunggal seringkali bisa diartikan menjadi 2 kata kerja yang sama. Contohnya "Laptop Lenovo Bekerja dan Beroperasi Dengan Baik". Maka kata "Bekerja dan Beroperasi" bisa digabungkan. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini "Komputer Laptop Lenovo Beroperasi Dengan Baik".

6. Variasikan Kalimat


Mengunakan kalimat yang itu-itu saja tentu sangat membosankan. Mulailah merangkai kalimat dari yang pendek, menengah hingga panjang. Atau menggabungkan kalimat-kalimat tersebut hingga menjadi sebuah kalimat yang baru. 

7. Tulisan Anda Adalah Energy


Jadikan tulisan anda menjadi sebuah energi yang tidak membosankan bagi para pembaca. Tidak berarti tulisan anda menjadi berbelit-belit karena hanya membahas satu tulisan saja. Tetapi, mencoba menguraikan masalah yang dibuat dalam tulisan dengan lebih rinci, akan membuat betah para pembaca.

8. Gunakan Kata Yang Pendek Untuk Judul


Dalam penggunaan judul sebaiknya menggunakan kata yang lebih pendek. Contohnya seperti ini "Mobil Isuzu Yang Berwarna Hitam Lebih Irit Bahan Bakar", dengan "Mobil Isuzu Hitam Lebih Irit Solar". Dari dua judul tersebut mana yang lebih disukai, jelas yang pasti judul yang ke-2 yang lebih disukai.

9. Jangan Melebih-Lebihkan Yang Sudah Jelas


Tulisan yang baik yaitu pendahuluan, isi pokok tulisan dan kesimpulan apabila perlu. Jangan membuat pembaca anda bingung, sudah jelas anda akan pergi ke utara, tetapi anda mencari jalan ke selatan dulu atau ke barat dulu, padahal sudah jelas ada jalannya menuju utara.

10. Tambahkan Penunjang Tulisan


Untuk menambah tulisan kamu agar menjadi menarik, kamu bisa menambahkan gambar, chart atau quote. Tetapi penunjang artikel tersebut harus relevan dengan tulisan kamu.

Jadi ketika anda sedang berusaha membuat surat penjualan, mailer atau halaman web, boleh menggunakan 10 tips copywriting sederhana ini. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar