Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Mengatasi Susah Tidur Dan Gelisah Di Malam Hari, Dijamin Pulas


Melek lagi melek lagi, begitulah tiap malam. Terkadang sering jengkel. Lalu bagaimana mengatasi susah tidur dan gelisah di malam hari? Ada juga yang sering bilang kalau gangguan susah tidur itu disebut insomnia.

Ternyata eh ternyata kurang tidur di malam hari itu efeknya sangat buruk lho bagi kesehatan. Salah satunya bisa memicu gejala diabetes hingga penyakit jantung. Ngeri kan?

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan kamu menjadi kurang tidur diantaranya yaitu:

Kebiasaan, faktor ini memang sudah merupakan kebiasaan. Ya kalau sudah biasa tidak tidur malam, bakalan susah untuk di nasehatin. Akan tetapi efek dari kebiasaan ini sangatlah berbahaya. Untuk mengatasi susah tidur di malam hari, sangat mudah lho.

Begadang, Nongkrong sambil ngopi dimalam hari, apalagi kalau ditemani oleh banyak rekan-rekan. Akan menjadi suatu hal yang sangat seru kalau begadang terus. Tetapi justru karena keseringan begadang, maka kamu nantinya akan mengalami kesulitan untuk melakukan tidur cepat.

Tidur Lama Di Siang Hari, Susah tidur di malam hari bisa diganti dengan tidur siang. Pepatah itu ternyata salah. Untuk mengatasi sulit tidur di malam hari, sebaiknya istirahat atau tidur di siang hari agak di kurangi durasinya.

Bawaan, kalau ini mungkin yang disebut insomnia. Karena cukup sulit untuk mengatasi insomnia ini. Tetapi jika kamu memiliki tekad yang kuat, maka mengatasi susah tidur di malam hari bisa teratasi.

Daftar Isi

Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Di Malam Hari

Nah, untuk mengatasi kesulitan tidur pada malam hari, ada beberapa tips neh yang bisa kamu coba. Semoga tips ini bisa membuat kamu terlelap dan tidur pulas di malam hari.

Segera Tidur Saat Mengantuk

Tips yang pertama untuk mengatasi susah tidur yaitu dengan menyegerakan tidur saat dalam keadan ngantuk. Durasi tidur yang baik itu sekitar 8 jam, tapi apa daya kalau tidak bisa.

Maka, saya contohkan, ketika datang kantuk pada jam 8 malam, maka segerakanlah tiduran. Tapi jangan sebelum mengantuk sudah tiduran terlebih dahulu, itu juga tidak bagus.

Buat Tempat Tidur Nyaman

Salah satu agar ngantukmu datang dan mendapatkan tidur yang pulas yaitu berawal dari tempat tidurnya terlebih dahulu.

Buat tempat tidur senyaman mungkin, menurut selera kamu lho. Karena ada yang nyaman dengan kondisi tempat tidur yang berantakan lho.

Kurangi Waktu Tidur Siang

Disini bukan tidak boleh untuk tidur siang ya, tetapi dengan mengurangi durasinya. Contohnya apabila kamu sering tidur siang selama 3 jam, maka kurangilah durasinya menjadi 1 jam misalnya.

Ada juga yang bilang sebaiknya tidur pada siang hari dilakukan sebelum jam 3 sore ya.

Mengatasi Susah Tidur Dengan Mandi

Ada sebagian pendapat, kalau mandi sebelum tidur akan membuat tubuh semakin segar. Bahkan orang cenderung mengantuk setelah melakukan mandi pada malam hari.

Eits, tunggu dulu, mandi pada malam hari sebaiknya menggunakan air hangat ya, agar tidur mu semakin pulas. Untuk yang memiliki insomnia, boleh deh lakukan cara ini.

Kurangi Pengurangan Gadget

Kalau kamu belum tau gadget dan alat elekronik lainnya sepeti televisi mempunyai sinar yang bernama Blue Light. Nah, paparan sinar ini, akan membuat kamu semakin susah tidur.

Maka, segeralah kurangi penggunaan gadget atau nonto televisi di malam hari.

Teknik Napas 4-7-8

Langsung praktek deh, berikut tahapnya:

  1. Tarik napas lewat hidung selama 4 detik
  2. Tahan napas selama 7 detik
  3. Hembuskan napas lewat mulut selama 8 detik
  4. Lakukan proses ini selama 3 kali

Wah bagaimana kalau di itung manual saja, bisa banget diitung dalam hati, kalau tidak mau pakai detik.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kopi lagi kopi lagi, ada yang bilang kalau kopi dan rokok tidak membuat memiliki efek. Kalau ngantuk ya tinggal tidur saja.

Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, kopi dan rokok menjadi salah satu penyebab seseorang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Yuk segera kurangi kafein agar gangguan susah tidur bisa diatasi.

Mengatasi Susah Tidur Dengan Olahraga Teratur

Untuk mengatasi susah tidur, kamu bisa membiasakan diri dengan melakukan olah raga di siang hari. Sehabis energi terbuang, biasanya tubuh memerlukan waktu untuk istirahat.

Olahraga ini bisa kamu lakukan pada sore hari. Tetapi jangan olahraga yang sifatnya berat ya. Karena nantinya bisa berbahaya bagi kamu lho.

Makan Yang Teratur Agar Tidur Pulas

Sudah jadi jurus pamungkas, kalau mau tidur pulas ya makan yang kenyang. Iya kan? Ngaku aja. Sudah-sudah, makan sebelum tidur memang baik, tetapi harus teratur ya.

Sebaiknya, kalau mau makan, konsumsilah makan yang memiliki kadar lemak sehat yang tinggi. Seperti pada telur, kacang-kacangan ikan salmon dll.

Lakukanlah 4 jam sebelum tidur, jangan sehabis makan langsung tidur ya.

Mengatasi susah tidur itu memang tidak semudah yang kita bayangkan, Tetapi jika kamu memiliki niatan dan tekad yang bulat, pasti itu bisa kamu lakukan.

Silahkan ikuti beberapa tips, diatas tadi, agar tidurmu pulas dan berkualitas. Tips tersebut sudah saya praktekan lho dan terbukti ampuh.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar