Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Daftar Dan Menggunakan Google Meet di PC Dan Android

Mangaip Blog - Aplikasi video conference yang sedang trending dan naik daun salah satunya Google Meet. Kemudian bagaimana cara daftar dan menggunakan Google Meet di PC dan Android? Simak penjelasannya dibawah ini.

Memang aplikasi rapat online atau rapat virtual kini sedang ramai dibahas. Ada Zoom Cloud Meeting yang telah saya bahas sebelumnya. Selanjutnya ada aplikasi Google Classroom yang sangat bermanfaat bagi kegiatan Belajar dan Mengajar.

Google Meet pun tidak kalah dengan dengan Zoom Meeting yang memiliki manfaat yang sama, yaitu untuk melakukan video conference secara virtual.

Daftar Isi

Apa Itu Google Meet?

Google Meet atau Hangout Meet adalah Layanan Aplikasi atau Sofware milik Google yang bisa digunakan buat video konference/video call bersama yg dikususkan untuk kerja/pebisnis. Google meet mampu diakses oleh 30 orang pengguna per pertemuan.

Untuk dapat memakai Google Meet atau Hangout Meet tentunya kalian wajib memiliki akun google meet terlebih dahulu. 

Cara daftar Google Meet sangat mudah & gampang kok. Cara menggunakan google met di HP android/iPhone yaitu dengan mendownload aplikasinya di playstore juga appstore. 

Sedangkan yang ingin memakai google meet melalui pc/personal komputer & laptop bisa register google meet melalui situs. 

Cara memakai google meet di pc dan cara pakai google meet pada HP android ini tidak jauh beda, meskipun demikian saya akan menjelaskan langkah-langkah memakai google meet di hp android & cara pakai google meet di pc. Untuk menerima layanan video call conference yang stabil pastikan koneksi jaringan internet kamu baik.

Cara Download Google Meet

Apabila kamu memiliki smartphone, untuk menggunakan Google Meet, kalian harus mendownload aplikasi google meet di Playstore. Sedangkan bagi kalian pengguna iPhone, silahkan untuk mendownload aplikasi google meet di appstore. Silahkan install pada smartphone kalian sampai selesai.

Setelah sukses terinstall di smartphone kamu, silahkan buka aplikasinya dan lakukan registrasi pada aplikasi Google Meet. Pastikan kalian memiliki akun email dan nomor HP yang masih aktif untuk memverifikasinya nanti.

Apabila kamu telah sukses mendaftar di Google Meet, sekarang kamu bisa melakukan video call bersama atau video conference bersama rekan-rekan kerja anda. Simak panduannya dibawah ini.

Cara Menggunakan Google Meet pada HP android/Smartphone/iPhone

Saya umpamakan kalian bisa mendownload atau dan menginstall google meet di HP, smartphone atau iPhone kalian. Maka untuk menggunakan aplikasi google meet di smartphone, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

  1. Kamu bisa melakukan panggilan video call conference maupun chat antar group dan pribadi menggunakan cara menekan tombol tambah (+) di pojok kanan bawah, lalu pilih menu"New Video Call"
  2. Setelah itu anda akan diminta buat menambahkan Anggota (Orang yg ingin kalian ajak untuk bergabung dalam google meet) menggunakan angka HP atau alamat email. Undangan akan dikirim Via SMS bila diundang melalui nomor HP, sedangkan undangan yg dikirim via email akan masuk ke inbox email.
  3. Ketika orang yg diundang menerima link ID google meet baik melalui sms ataupun email, otomatis akan lansung tersabung bila sudah mengklik link udangan tersebut.
  4. Jika ada orang lain yang ingin bergabung dalam video conference, tetapi tidak mendapatkan link ID undangan google met. Maka orang tadi wajib memiliki G suite agar mendapatkan persetujuan berdasarkan orang sudah bergabung sebelumnya. Hal ini tentunya bertujuan buat menjaga keamanan/ agar tidak ada penyusup pada conference yg sedang diadakan.
  5. Selesai

Cara Menggunakan Google Meet di PC (Komputer dan Laptop)

Cara menggunakan aplikasi google meet di PC atau Laptop sangat mudah dan gampang sekali, anda  hanya perlu mengakses situs google meet supaya bisa masuk ke google meet dan memakai google meet. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

  1. Silahkan kunjungi halaman situs ini & masuk untuk mendaftar " Google Meet"
  2. Kemudian klik Tombol " Start a Meeting"
  3. Lalu buat "Judul" atau "Kode" untuk mengadakan meeting supaya nanti ada partisipasipan atau calon yg ingin bergabung (Untuk mempermudah calon untuk bergabung)
  4. Izinkan layanan situs buat mengakses kamera & microphone perangkat kalian.
  5. Kemudian klik "Join Now" buat memulai membuat ruang Meeting Virtual, buat memulai percapakan/video call (Cara pakai Google Meet di PC)
  6. Untuk mengajak orang lain buat gabung pada video conference, silahkan anda bagikan link ID Google Meet atau undang teman melalui alamat email supaya mereka mampu bergabung
  7. Selesai

Demikianlah cara memakai google meet di pc, semoga artikel yang saya ulas pada postingan cara menggunakan google meet pada hp bisa menambah ilmu pengetahuan bagi anda yang belum tahu cara gunakan google meet pada komputer . Mohon maaf jika ada keliru istilah pada penulisac cara daftar dan menggunkan google meet. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar