Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google News

Mangaip Blog - Tulisan ini berawal ketika rasa penasaran saya muncul. Apakah bisa blog bisa di daftarkan ke google news? Berikut cara mendaftarkan blog ke Google News dengan mudah.

Pertama, saya ucapkan terimakasih dahulu kepada Kang Adhy (Kompi Ajaib) yang telah memberikan tutorial ini. 

Siapa seh yang tidak ingin blog atau website-nya masuk ke Google News? sudah pasti jawabannya pada mau kan? Blog pun bisa mendapatkan trafic tambahan pengunjung dari Google News.

Memang sesuai dengan namanya Google News yaitu dikhususkan untuk website-website besar yang memuat sebuuah berita. Akan tetapi google memberikan peluang kepada blog yang ingin tampil di Google News.

Mendaftarkan Blog Ke Google News

Untuk mendaftarkan blog atau website ke Google News tentu kamu harus memiliki blog atau website terlebih dahulu. Mau itu platform blogger, wordpress self hosted. joomla atau yang lainnya.

Bagi anda yang ingin mencoba untuk daftar di Google News, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Panduan Mendaftarkan Blog/Website Ke Google News

1. Blog yang akan didaftarkan harus sudah terdaftar di Google Search Console dan Google Analytics. Karena nanti akan diminta untuk verifikasi domain berserta kode tracking Google Analytics blog kamu.

2. Sediakan logo blog kamu dengan ukuran persegi 512x512 pixsel. Kemudian buat lagi logo persegi panjang dengan ukuran lebar maksimal 400 pixsel. Khusus untuk yang persegi panjang, buat logonya untuk 2 model yaitu light dan dark mode.

3. Kemudian, setelah itu, silahkan kunjungi halaman Publisher Center.

4. Selanjutnya pilih +Add publication, kemudian masukan nama blog kamu, pilih save.

5. Pada tab General. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

6. Setelah pada tab General diisi, tinggal pilih Next untuk mengisi kembali di bagian tab Content. Pilih +New section, klik pada bagian Feed. Untuk blogger silahkan masukan https://www.domainbloganda.com/feeds/posts/default atau https://www.domainbloganda.com/feeds/posts/default?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc. Untuk Wordpress biasanya url feednya seperti ini https://www.domainwordpresskamu.com/feed. Apabila blog atau website kamu support amp, jangan lupa untuk memilih use amp (recomended) pada bagian rendering preference.

7. Selanjutnya pada bagian Content label masih pada tab Content. Silahkan lihat pada gambar dibawah ini. Pilih add pada bagian Site-wide content labels.

8. Setelah itu pilih Next, selanjutnya lanjut ke bagian tab Images. Masukan ke tiga logo yang telah kamu buat tadi. Logo Persegi minimal 512x512 px, persegi panjang minimal lebar 400 px.

9. Selanjutnya tinggal pilih Next aja. Pada bagian tab Ads, silahkan pilih Google Adsense atau Google Ad Manager apabila kalian memilikinya. Kalau tidak, sebaiknya di skip saja.

10. Pada tab Advanced di skip saja dengan cara pilih Next.

11. Selanjutnya di bagian tab Review & Publish, silahkan perbaiki apabila masih ada yang harus di review. Biasanya postingan blog belum terbaca oleh sistem.

Setelah artikel berhasil terbaca oleh sistem, maka kamu pun bisa Publish ke Google News.

Tunggu review dari pihak Google selama 2-4 hari. 

Salah satu blog yang telah berhasil diterima oleh Google News yaitu bertuliskan Live. Contohnya seperti blog saya Mangaip Blog dibawah ini.

Itulah panduan cara mendaftarkan blog ke Google News, kamu pun bisa mempraktekannya. Karena ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk mandapatkan traffic dari Google News. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar