Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Install Dan Daftar Akun Zoom Cloud Meeting Dengan Mudah

Mangaip Blog - Salah satu aplikasi yang sedang trending saat ini yang bermanfaat untuk meeting secara daring yaitu Zoom Cloud Meeting.  Lalu bagaimana cara install dan daftar akun zoom cloud meeting?

Zoom Meeting saat ini sering digunakan sebagai media untuk meeting secara online. Jadi kamu tidak perlu bertatap muka atau berjumpa dengan rekan kerja yang lainnya. Banyak instansi dan perkantoran yang menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting untuk Video Conference.

Selain digunakan oleh instansi dan perkantoran, aplikasi video conference ini bisa juga digunakan oleh sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Karena memang masih ada anjuran atau kebijakan yang mengharuskan siswanya untuk belajar secara online.

Daftar Isi

Aplikasi Zoom Cloud Meeting akan sangat bermanfaat bagi guru untuk memberikan pelajaran kepada siswa dan siswinya secara online. Diharapkan murid pun akan mudah memahami ketika melakukan kegiatan belajar secara daring. 

Pengertian dan Manfaat Aplikasi Zoom Meeting

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kalian mengenal dulu apa itu aplikasi Zoom Cloud Meeting berserta manfaatnya. 

Apa Itu Zoom Cloud Meeting?

Aplikasi Zoom Cloud Meeting adalah aplikasi yang dibuat oleh Eric Yuan, yang dirilis pada Januari 2013 lalu. Sesuai dengan namanya Meeting, aplikasi ini pun mendukung untuk melakukan video conference dengan beberapa orang. 

Zoom Meeting bisa dibuka melalui akses internet, iOS dan Google Plyastore. Untuk mendaftar akun di Zoom Cloud Meeting pun cukup mudah, kamu hanya perlu mendaftar baik itu melalui website atau lewat aplikasi yang bisa kamu unduh di App Store atau Playstore.

Manfaat Aplikasi Zoom Meeting

Saat mendaftar pertama kali, kamu mungkin akan berada di akun basic atau akun gratis. Berikut beberapa keuntungan akun basic Zoom Cloud Meeting:

  1. Bisa melakukan meeting sebanyak 100 peserta
  2. Durasi selama 40 menit gratis untuk video conference
  3. Screen-sharing
  4. Kualitas gambar HD dan suara jernih
  5. Virtual background
  6. Membuat jadwal dan merekan video conference
  7. Dapat membagi peserta menjadi beberapa ruangan 

Apabila kamu ingin menambah peserta lebih dari 100 dengan durasi meeting diatas 40 menit, maka kamu bisa meng-upgrade akun kamu. Tersedia beberapa pilihan diantaranya akun Pro, Business dan Enterprise. Dengan harga mulai dari US $14,99 sampai ke US $19,99. Apabila akun basic atau yang gratis sudah terasa cukup, maka silahkan pergunakan akun ini ya.

Cara Daftar Akun Zoom Cloud Meeting

Ada beberapa cara untuk mendaftar atau sign up aplikasi Zoom Cloud Meeting yaitu melalui PC/laptop dan melalui smartphone. Silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Cara Daftar Atau Sign Up Zoom Meeting Di Komputer atau PC

1. Silahkan kunjungi halaman internet zoom.us, kemudian pilih Sign Up.

2. Silahkan masukan tanggal lahir kamu. Kemudian pilih Continue.

3. Selanjutnya masukan alamat e-mail kalian. Setelah itu pilih Sign Up.

4. Nanti akan muncul pemberitahuan untuk konfirmasi pendaftaran melalui e-mail. Selanjutnya silahkan buka e-mail kalian. Cari e-mail dari Zoom Meeting, kemudian klik pada link konfirmasi dari Zoom.

5. Apabila muncul "Are You Sign Up Behalf School" artinya apakah kamu mendaftar atas nama sekolah. Silahkan pilih Yes, apabila kamu merupakan guru. Setelah itu pilih Continue.

6. Ada beberapa tahapan yang harus diisi ketika kamu memilih "Yes" saat mendaftar Zoom Cloud Meeting yang mengatasnamakan sekolah. Silahkan isi sesuai dengan kebutuhan.

7. Apabila kamu memilih "No" maka berikut tampilan selanjutnya. Isi dengan Nama kamu, Password yang mudah diingat dan Confrim Password (Masukan kembali password yang telah kamu buat. Selanjutnya pilih Continue.

8. Agar kamu tidak pusing, tahap selanjutnya pilih saja Skip This Step. Kamu pun telah berhasil mendaftar di aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Cara Daftar Zoom Meeting Lewat HP/Smartphone

1. Silahkan masuk ke AppStore atau Playstore yang ada di HP kalian.

2. Kemudian ketik "Zoom" pada kolom pencarian dan tekan tombol enter atau cari

3. Silahkan intsall aplikasi Zoom Meeting pada smarphone kalian.

4. Setelah berhasil di install, silahkan buka aplikasi Zoom Cloud Meeting pada HP kalian. Pada bagian ini terdapat tiga pilihan bagi kamu yaitu Join a Meeting, Sign Up dan Sign in.

5. Silahkan pilih Sign ini apabila kamu sudah memiliki akun, kemudian pilih Sign Up apabila kamu belum memiliki akun Zoom Meeting. Prosesn pendaftaran Zoom Meeting melalui HP sama persis dengan pendaftaran lewat PC atau Komputer.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Sebelum menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, ada beberapa hal yang harus di perhatikan, agar nantinya bisa meeting dengan lancar. Diantaranya:

Persiapan

  1. Kamera, kualitas kamera akan sangat mempengaruhi ketika kamu melakukan meeting menggunakan aplikasi ini. Maka sebaiknya gunakanlah kamera dengan kualitas yang baik. Apabila diperlukan sebaiknya menggunakan ekternal kamera, bagi kalian pengguna Zoom Meeting di laptop atau PC.
  2. Microphone, agar menghasilkan suara yang cukup bagus, baik itu untuk input maupun output sebaiknya pegunakan microphone yang berkualitas.
  3. Koneksi Internet, Zoom Meeting memerlukan koneksi yang cepat dan stabil. Karena aplikasi ini digunakan secara real time atau live.
  4. Akses Zoom, sebaiknya kamu memasang aplikasi Zoom Meeting baik itu di Laptop/PC ataupun di smarphone kamu. Apabila kamu seorang guru atau Host sebaiknya gunakan Zoom melalui komputer. Kalau kamu seorang siswa, sudah cukup menggunakan Zoom di aplikasi smartphone saja.

Mengunakan Aplikasi Zoom Meeting

Bagi kamu, sebagai guru yang ingin melakukan belajar secara online silahkan lakukan langkah-langkah dibawah ini.

1. Apabila kamu berada di halaman zoom.us. Silahkan pilih Host A Meeting, selanjutnya pilih With Video On

2. Nanti akan muncul kotak dialog (Apabila kamu sudah mendownload aplikasi Zoom Meeting di PC). Pilih Sign In.

3. Silahkan masukan alamat e-mail dan password yang telah di daftarkan di zoom cloud meeting. Selanjutnya pilih Sign In.

4. Slanjutnya pilih "Start".

5. Untuk mengundang banyak peserta, silahkan bagikan link yang tertera pada "Invitation URL" kemudian pilih "Invite Others".

6. Apabila peserta sudah masuk semua, atau dirasa sudah pesertanya sudah cukup. Silahkan pilih "Lock Meeting" untuk mengunci room meeting kamu. Manfaatnya agar orang lain tidak masuk lagi ke dalam meeting yang kamu buat.

7. Setelah meeting selesai jangan lupa untuk memilih "End Meeting For All". Walaupun kamu bisa untuk meninggalkan ruangan meeting kapan pun.

Permasalahan Pada Zoom Cloud Meeting

Aplikasi ini bukan tanpa masalah tentunya, dan yang perlu diketahui, masalah yang muncul itu bisa dari perangkat keras (Laptop, Smartphone) atau dari segi aplikasinya itu sendiri. Berikut beberapa permasalahan yang ditemui ketika menggunakan Zoom Cloud Meeting.

Audio dan Video

Apabila gambar video atau suara tidak muncul baik itu dari pengirim maupun penerima. Pastikan memberikan akses izin kepada Zoom Meeting untuk mengakses kamera dan microphone kamu. Pilih yes ketika muncul tulisan "Allow apps to access your camera" dan "Allow apps to access your microhpone".

You are not eligible to sign in to zoom at this time

Pada saat ini banyak yang mengeluhkan munculnya tulisan "You are not eligible to sign in to Zoom At This Time" yang artinya "Anda tidak memenuhi syarat untuk bergabung ke Zoom pada saat ini". 

Biasanya zoom akan menolak pengguna atau pendaftar yang berusia dibawah umur 13 tahun. Maka untuk mengatasinya silahkan untuk melakukan pendaftaran kembali, menggunakan alamat e-mail yang baru dengan usia yang telah disesuaikan.

Salah satu cara untuk membuat akun gmail baru silahkan baca artikel ini: Buat Akun Gmail Tanpa Nomor Terbaru.

Keamanan

Dari segi keamanan aplikasi, agar tetap terjaga, silahkan selalu update aplikasi anda ke versi terbaru.

Kesimpulan

Menurut kamu, untuk mendaftar akun Zoom Cloud Meeting dan menggunakannya tidak terlalu sulit kan? Kini saatnya kamu menggunakan aplikasi ini ketika diharuskan untuk Bekerja Di Rumah atau Belajar Di Rumah. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar