Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Membuat File Ads.txt Di Wordpress Tanpa Plugin

Mangaip Blog - Ternyata masih banyak yang bingung untuk membuat file ads.txt di wordpress. Banyak yang belum mengerti, bagaimana memasang ads.txt di blog atau website yang berflatform wordpress self domain.

File ads.txt itu sangat penting dan wajib di pasang apabila kalian menjadi salah satu publisher penyedia iklan. Salah satunya yaitu Adsense. Google Adsense mewajibkan publishernya untuk memasang ads.txt agar penghasilannya tidak beresiko.

Selain itu penyedia iklan yang lain pun, seperti MGID, Yllix, Adnow dll, semuanya mengharuskan memasang ads.txt.

Bagi kalian yang menggunakan platform blogger.com, silahkan baca artikel saya sebelumnya: Pengertian dan Cara Mengaktifkan Ads.txt Di Blogspot.

Atau kalian para pengguna wordpress self hosted yang tidak ingin pusing karena ads.txt ini. Silahkan baca artikel ini: Cara Membuat dan Mengaktifkan Ads.txt Pada Blog Wordpress.

Daftar Isi

Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan, cara membuat file ads.txt secara manual tanpa plugin. Kenapa tanpa plugin? Salah satu alasannya yaitu semakin banyak plugin yang terpasang pada wordpress kita, biasanya loading blog akan semakin lambat.

Cara Membuat File Ads.txt Di Wordpress Tanpa Plugin

Kalau manual maka ada dua langkah yang harus sobat lakukan terlebih dahulu. Yaitu:

  1. Membuat file ads.txt di Notepad
  2. Mengupload file ads.txt ke hosting wordpress

Membuat File Ads.txt di Notepad

1. Silahkan buka terlebih dahulu aplikasi notepad kalian di PC atau Komputer.

2. Setelah notepad terbuka, silahkan tambahkan kode berikut ini ke notepad kalian: google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

3. Setelah itu, simpan dengan nama ads.txt (nama harus sama, tidak boleh nama lain).

Setelah disimpan, saatnya untuk mengupload file ads.txt ke file manager di hosting domain wordpress kamu.

Mengupload File Ads.txt ke Hosting Wordpress

Bagi kalian para pengguna wordpress self domain, pasti sudah mengenal apa itu yang namanya File Manager. Biasanya file manager berada di dasboard hosting yang telah kamu beli di layanan penyedia Hosting.

File ads.txt harus berada di root domain atau akar domain. Silahkan ikuti panduan dibawah ini, untuk mengupload file ads.txt ke file manager hosting domain kamu. Saya contohkan menggunakan Niagahoster.

1. Silahkan masuk/login ke layanan penyedia hosting kalian. Kemudian pilih Kelola Hosting.

2. Setelah itu pilih File Manager, apabila tidak ada silahkan pilih All Features atau CPanel.

3. Pada File Manager pilih Public_html.

4. Pilih Upload.

5. Pilih Select File. Silahkan pilih file ads.txt yang telah dibuat ditahap sebelumnya.

6. Tunggu proses upload hingga 100 persen. Kemudian pilih Go Back.....

7. Pastikan file ads.txt sudah berada di folder Public_html.

Sampai saat ini, proses upload file ads.txt di File Manager Hosting sudah selesai. Untuk mengaksesnya, silahkan buka dibroser kamu dengan mengetikan domainkamu.com/ads.txt. Contohnya seperti dibawah ini.

Apabila sudah berhasil diakses, itu tandanya memasang ads.txt di wordpress telah berhasil. Agar lebih maksimak silahkan index url tersebut ke Google Search Console. 

Bagaimana kalau masalah ads,txt ini terus muncul? Silahkan lihat postingan saya sebelumnya, agar notifikasi warning ads.txt ini tidak muncul kembali. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar