Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Membuat Kelas Dan Daftar Google Classroom Tanpa Ribet

Mangaip Blog - Salah satu tools milik google yang sedang trending saat ini yaitu Google Classroom. Seusai dengan namanya maka aplikasi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai kegiatan belajar dan mengajar secara virtual atau online. Lalu bagaimana cara membuat kelas dan daftar Google Classroom?

Apabila kalian merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, maka Google Classroom adalah jawabannya.

Daftar Isi

Sebelum menggunakan aplikasi Google Classroom ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu, baik itu oleh Guru atau muridnya. Google Classroom akan sangat membantu bagi kegiatan Belajar Mengajar secara online.

Pengertian Dan Manfaat Google Classroom

Sebelum melanagkah lebih jauh, mari kita berkenalan lebih dahulu dengan Aplikasi Google Classroom. 

Apa Itu Google Classroom?

Google Classroom adalah sebuah tools milik google untuk memudahkan kegiatan belajar dan mengajar. Pada awalnya, Classroom memiliki tujuan utama untuk memudahkan berbagi file atau tugas antara Guru dan muridnya.

Karena adanya PSBB atau pandemi ini, maka Google Classroom menambahkan fitur-fitur yang lebih canggih lagi, yaitu bisa melakukan video conference menggunakan Google Meet.

Google Classrom bisa diakses oleh perangkat apapun, termasuk PC, laptop, smartphone, iPhone bahkan iPad. 

Dengan Classromm pengajara akan dipermudah untuk berbagi tugas, file, dan membuat kelas. Sehingga komunikasi dengan murid akan semakin nyaman.

Manfaat Google Classrom

Berikut beberapa manfaat dari Google Classroom:

  1. Membuat Kelas.
  2. Mendistribusikan file.
  3. Memberikan tugas kepada murid.
  4. Memberikan nilai kepada murid.
  5. Mengirim masukan.
  6. Meningkatkan kolaborasi.
  7. Meningkatkan komunikasi yang lebih baik.

Cara Membuat Kelas Dan Daftar Google Classroom Sebagai Guru

Cara membuat kelas di Google Classroom terbagi menjadi dua kategori yaitu sebagai Guru atau Murid. Silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Cara Daftar Dan Membuat Kelas Di Google Classroom Sebagai Guru

1. Silahkan kunjungi halam website classroom.google.com.

2. Pilih akun gmail yang akan dipakai, kemudian pilih Lanjutkan.

3. Silahkan pilih tanda (+) yang bertuliskan "Buat atau Gabung dengan kelas pertama anda".

4. Pilih Buat Kelas, Centang kotak verifikasi sebagai tanda "Setuju". Kemudian pilih Lanjutkan.

5. Kemudian isi bagian masing-masing kotak sesuai dengan kebutuhan, setelah itu pilih Buat. Contohnya seperti dibawah ini.

Memposting Di Forum

Forum bisa digunakan sebagai media komunikasi antara Guru dan muridnya. Guru bisa memposting pengumuman yang akan terlihat oleh semua anggota atau murdinya di ruangan kelas virtual ini. Contohnya seperti dibawah ini.

Membuat Tugas Kelas Di Google Classroom

Untuk membuat tugas kelas yang bisa diakses oleh semua murid dan harus dikerjakan. Silahkan simak panduannya dibawah ini.

1. Pada bagian "Tugas Kelas" pilih Buat.

2. Ada beberapa yang bisa kamu pilih. Diantaranya, Tugas, Tugas Kuis, Pertanyaan, Materi, Gunakan kembali postingan dan Topik. Silahkan pilih salah satu yang akan diberikan kepada murid.

3. Saya contohkan pada kategori "Tugas". Silahkan berikan Judul Tugas, Uraian Tugas, Tenggat Waktu dan Topik. Pilih untuk kelas apa? Semua siswa? Nilai 100?. Apabila sudah pilih Tugaskan.

Anggota Google Classroom

Sebagai guru, anda bisa menambahkan anggota atau murid dengan cara menambahkan alamat email yang dimiliki oleh murid tersebut.

Nantinya Siswa akan mendapat undangan dari kamu, untuk bergabung dengan kelas yang telah kamu buat. Atau selain itu kamu bisa mengirimkan kode unik kepada Siswa agar nantinya secara otomatis bergabung kepada kelas kamu.

Memberikan Nilai Di Google Classroom

Untuk memberikan nilai di google classroom caranya mudah banget. Apabila semua tugas sudah terkumpul, dan kamu telah memeriksa tugas dari masing-masing siswa. Silahkan isi nilai, pada masing-masing siswa seperti pada gambar dibawah ini.

Gabung Di Google Classroom Sebagai Siswa

Sebagai siswa ada 2 cara untuk bergabung dengan Google Classroom yang telah dibuat oleh Guru kalian.

Bergabung Lewat Email

Apabila guru kalian mengundang kamu untuk bergabung di kelasnya menggunakan alamat email. Silahkan buka alamat email kalian. Buka email dari Google Classroom kemudian pilih Gabung.

Pilih akun kalian, kemudian pilih kembali Lanjutkan. Selamat anda sudah bergabung di kelas yang telah dibuat oleh Guru kalian. Jangan lupa kerjakan tugas dari guru kalian ya.

Bergabung Lewat Kode Undangan

1. Silahkan masuk ke Google Classroom menggunakan akun gmail kalian.

2. Pilih Lanjutkan.

3. Pada bagian tanda plus (+) Pilih Gabung Ke Kelas sebagai Siswa.

4. Masukan Kode Kelas yang telah dikirimkan oleh Guru Kalian.

5. Anda secara otomatis sudah tergabung kepada kelas yang telah dibuat.

Sebagai murid atau siswa di Google Classroom, kalian bisa berkomunikasi dengan fitur chat dengan guru dan teman-teman sekelas kalian. Selanjutnya, mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru di Google Classroom dan melihat nilai yang sudah kalian kerjakan.

Kesimpulan

Google Classroom sangat bermanfaat sekali bagi Guru dan Siswa untuk membuat tugas, pertanyaan, berdiskusi dan komunikasi dalam satu tempat. Namun, sayangnya Google Classroom tidak menyiapkan fasilitas Video Conference atau Video Call sekaligus. Kalian bisa memanfaatkan aplikasi Google Meet untuk melakukan video conference tersebut.

Manfaat lain dari Google Classroom yaitu tidak ribet untuk memantau hasil PR (Pekerjaan Rumah) dari Murid, karena ada dalam satu tempat. Bagaimana cukup mudah bukan menggunakan Google Classroom? Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar