Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Perbandingan Google Meet vs Zoom Cloud Meeting, Mana Yang Unggul?

Mangaip Blog - Perbandingan Google Meet vs Zoom Cloud Meeting, mana yang lebih unggul? Hal ini tentu akan bisa menentukan mau pakai google meet ataupun zoom meeting. Silahkan simak pembahasannya pada postingan ini.

Sebelumnya saya telah memberikan panduan cara daftar akun zoom cloud meeting yang bisa bermanfaat bagi anda. Selain itu, saya juga memberikan tutorial cara daftar dan menggunakan google meet. Bagi dunia sekolahan, yang ingin menggunakan kelas virtual atau online silahkan simak cara membuat kelas di google meet.

Daftar Isi

Tulisan kali ini akan membahas perbandingan antara Google Meet dan Zoom Cloud Meeting, sehingga anda bisa menentukan mana yang lebih unggul? Kedua aplikasi ini memang yang menjadi favorit saat ini untuk melakukan video conference atau rapat secara virtual.

Perbandingan Google Meet vs Zoom Cloud Meeting

Ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi anda dalam memilih platform untuk rapat online ini. Berikut ulasannya.

1. Kebutuhan Rapat

Bagi anda yang ingin melakukan rapat dengan durasi singkat Google Meet bisa digunakan. Akan tetapi jika anda ingin melakukan video conference dengan jumlah yang cukup besar, Zoom Cloud Meeting jawabannya.

Google Meet membatasi jumlah peserta rapat virtual sebanyak 250 orang. Sementara Zoom Meeting bisa digunakan oleh 500 orang peserta.

2. Penggunaan Antarmuka

Zoom Meeting memiliki tampilan antarmuka yang lebih baik apabila dibandingkan dengan Google Meet. Zoom Cloud Meeting memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dengan dilengkapi sedikit panduan. Sementara Google Meet tidak ada.

Sehingga bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan aplikasi rapat virtual, maka sering memilih Zoom Cloud Meeting apabila dibandingkan dengan Google Meet.

3. Fitur Video dan Audio

Pada versi gratis, Zoom Cloud Meeting menyediakan fitur Video dan Audio yang bisa disimpan dalam komputer atau smartphone kamu. Sementara versi gratis dari Google Meet hanya sampai bulan September saja, nantinya akan menjadi berbayar dengan langganan G Suite.

4. Lama Durasi

Aplikasi mana yang memiliki durasi lebih lama untuk melakukan video conference? Google Meet ternyata memberikan durasi yang lebih lama apabila dibandingkan dengan Zoom.

Google Meet bisa melakukan video conference selama 60 menit, sementara Zoom hanya sampai 40 menit. Keduanya dalam versi gratis, kalau versi berbayar tentu akan lebih lama lagi.

5. Versi Berbayar

Dalam versi berbayar atau premium, mungkin Google Meet lebih unggul, bila dibandingkan dengan Zoom. Google Meet menawarkan layangan berlangganan G Suite dengan biaya USD 10 per bulan. Sementara Zoom Cloud Meeting sebesar USD 16 per bulan.

Bagi anda yang ingin menggunakan Google Meet, kalian bisa menikmati fitur premium atau berbayar secara gratis sampai 30 September 2020. Sementara Zoom Cloud Meeting memiliki fitur yang lebih lengkap walaupun dalam versi gratis.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Meet vs Zoom Cloud Meeting

Belum lengkap rasanya, setelah mengetahui perbandingan google meet vs zoom cloud meeting. Maka untuk menambah rasa penasaran mengenai kedua aplikasi ini, berikut beberpa kelebihan dan kekurangan Google Meet vs Zoom Meeting.

1. Kelebihan Google Meet

  • Fitur White Board, bisa digunakan seperti white board pada dunia pendidikan, yaitu untuk menulis dan menerangkan suatu hal yang bisa dilihat oleh semua peserta rapat virtual.
  • HD Video, Google meeting mendukun resolusi HD dan resolusi yang terdapat pada smartphone anda. Maka resolusi smartphone atau PC akan sangat berpengaruh besar.
  • Daftar Lebih Mudah, Anda cukup memiliki akun google untuk bisa mendaftar ke Google Meet.
  • Enkripsi Video, ini terkait dengan keamanan pengguna, maka Google memberikan garansi, tidak akan membocorkan data pengguna Google Meet.
  • Tampilan Menarik, Tampilan saat melakukan Video Conference bisa diatur sesuai keinginan kita.

2. Kekurangan Google Meet

  • Fitur Hemat Data, Google Meet saat ini tidak memiliki fitur hemat data.
  • Tidak Semua Gratis, Walapun Google Meet bisa diakses secara gratis sampai 30 September 2020, tapi tidak semua layanan premium bisa digunakan.
  • Koneksi Internet, Google Meet sebaiknya digunakan dengan koneksi internet yang cukup kencang dan stabil.

3. Kelebihan Zoom Cloud Meeting

  • Kapasitas Ruangan Lebih Besar, Zoom Cloud Meeting bisa menampung banyak peserta apabila dibandingkan dengan aplikasi meeting online lainnya.
  • Kualitas Audio dan Video, Zoom Cloud Meeting memberikan fitur audio yang jernih dan kualitas video yang mumpuni.
  • Fitur Tambahan, Walapun dalam versi gratis, Zoom Meeting tetap memberikan fitur tambahan yang menarik. Seperti mengubah background, dan mencerahkan warna kulit anda.
  • ON/OFF Video, layaknya video call, kamu bisa mematikan fitur video, apabila kamu tidak ingin memperlihatkan wajah anda kepada pengguna lainnya.
  • Presentasi, Salah satu fitur yang memungkinkan kamu untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang materi kamu ke partisipan atau anggota lainya.

4. Kekurangan Zoom Cloud Meeting

  • Belum Tersedia Bahasa Indonesia, hal ini bisa menjadi kesulitan bagi anda yang belum memahami bahasa inggris.
  • Lebih Boros Kuota, dengan keunggulan Zoom yang terletak pada audio dan video, ini bisa memakan kuota kamu dengan lebih cepat. Maka jangan kaget, ketika kuota kamu tipis setelah menggunakan Zoom.
  • Kurang Aman, Belum lama ini, Zoom Cloud Meeting menjadi perbincangan di publik, karena terjadi kebocoran pengguna kepada pihak lain. Hal ini tentu sangat beresiko bagi para pengguna tentunya.
  • Ancaman Malware, Zoom Cloud Meeting pun tidak luput dari ancaman malware. Hal yang harus diperhatikan yaitu jangan mendownload aplikasi Zoom Cloud Meeting apabila dari sumber yang tidak terpercaya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbandingan Google Meet vs Zoom Cloud Meeting, maka kalian bisa menyimpulkan sendiri mana yang lebih unggul? Menurut saya sendiri, mungkin kalau versi gratis lebih baik menggunakan Zoom Cloud Meeting, tapi untuk versi berbayar lebih baik menggunakan Google Meet. 

Apabila tidak membutuhkan peserta yang cukup banyak, silahkan gunakan Google Meet. Sebaliknya, apabila membutuhkan peserta yang lebih banyak, silahkan pakai Zoom.

Mungkin itulah tulisan Perbandingan Google Meet vs Zoom Cloud Meeting. Semoga bermanfat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar