Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

10+ SEO Tools Gratis, Murah Dan Terbaik Untuk Analisa Web [Terbaru]

Analisis dan peningkatan situs web terkait erat dengan SEO. Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik website agar bisa tampil di urutan teratas hasil pencarian Google. Pada artikel ini, Anda akan menemukan 10+ alat SEO gratis, murah dan terbaik untuk situs web Anda.

Menjalankan strategi dalam bentuk optimasi sangat penting bagi Anda sebagai pemilik website, apalagi jika Anda harus mengelolanya sendiri. Ada dua cara untuk meningkatkan situs web Anda, yaitu on page dan off page. Jangan khawatir, karena saat ini terdapat beberapa alat SEO yang dapat membantu Anda memastikan seberapa baik strategi SEO Anda.

Daftar Isi

10+ SEO Tools untuk Analisis Situs Web

Google, sebagai mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan saat ini, memiliki caranya sendiri dalam melihat kualitas konten suatu website. Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya, Google akan memilih situs web berkualitas tinggi yang paling relevan untuk ditampilkan di hasil pencarian.

Faktanya, sistem yang kompleks ini akhirnya memaksa Google untuk sering memperbarui algoritmanya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena 15 alat berikut ini bisa digunakan untuk memperkirakan bagaimana Google menampilkan kualitas konten di situs.

1. SEMrush

Anda dapat menggunakan SEO Tool yang diluncurkan pada tahun 2008 untuk meningkatkan situs web Anda. Alat ini dapat memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan dari dasbor. Tidak lama kemudian, Anda dapat mengetahui apa situs web Anda yang hilang dan bagaimana cara memperbaikinya.

Anda dapat dengan mudah menggunakan antarmuka SEMrush dan fungsi analisisnya sangat lengkap. Saya menyebutnya fitur audit website dan pelacakan kata kunci untuk mengidentifikasi kata kunci yang tepat untuk website Anda, terutama blog. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan situs web Anda dengan SEMrush, Anda dapat memanfaatkan layanan uji coba gratis selama tujuh hari.

2. Google Webmaster Tools

Karena sebagian besar situs web mengejar peringkat di Google, mengapa tidak memanfaatkan fitur webmaster Google? Alat Webmaster Google adalah program yang mudah digunakan yang akan menunjukkan gambaran umum proses Google dalam menampilkan hasil pencarian. Selain itu, Anda juga dapat menguji apakah konten di situs cukup relevan dengan kata kunci Anda.

Anda juga dapat menggunakan alat webmaster Google untuk menganalisis konten hanya dengan memasukkan URL. Kemudian Anda akan melihat hasil analisis apakah konten tersebut memenuhi kriteria SEO Google atau tidak. Setiap minggunya, Anda bisa mendapatkan kuota penggunaan untuk fitur penukaran ini hingga 500 kali.

3. Check My Link

Situs web atau blog berkualitas tinggi dapat dinilai dari tautan eksternal dan internal dalam sebuah artikel dan Check My Link dapat membantu Anda memastikan bahwa semua tautan yang dilampirkan ke sebuah artikel masih aktif. Tautan yang masih aktif akan muncul dalam warna hijau, dan tautan yang tidak dapat dikunjungi lagi akan disorot dengan warna merah.

Alat ini dapat digunakan sebagai ekstensi untuk browser web Google Chrome.

4. Moz Pro Tools

Dengan berlangganan Moz Pro Tools, Anda bisa mendapatkan informasi rutin tentang program yang direkomendasikan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja situs web. Moz Pro Tools juga memiliki pilihan sumber daya yang dapat membantu Anda meningkatkan SEO blog atau konten situs web Anda. Selain itu, ada juga sumber daya untuk meningkatkan lalu lintas situs web untuk menganalisis konten yang tidak kompatibel.

5. SEO Report Card

SEO Report Card adalah alat UpCity yang berguna untuk membandingkan situs web. Tidak hanya itu, jika Anda menambahkan beberapa informasi, rapor SEO dapat menampilkan informasi penting terkait:

  • Analisis peringkat - Menampilkan peringkat situs web di Google, Bing, dan Yahoo. Peringkat ini ditentukan dari kata kunci yang disajikan saat menyiapkan analisis peringkat.
  • Link Building - Menampilkan situs web apa pun yang menyediakan tautan balik ke situs web Anda.
  • Analisis Situs - Analisis kata kunci (fokus pada kata kunci) dan berapa persentase kata kunci ini di semua konten situs web.
  • Website Accessibility: Fitur ini berguna untuk menunjukkan kecepatan pemuatan situs web dan kemudahan aksesibilitas.
  • Trust Metrics: Untuk menganalisis tingkat kepercayaan (reliabilitas) sebuah situs web.
  • Current Indexing - Analisis jumlah halaman yang diindeks dengan benar di situs Anda.

6. HubSpot's Website Grader

Pada tahun 2007, HubSpot merilis alat yang dapat menganalisis penggunaan SEO dan pentingnya SEO untuk seluruh situs web yang disebut Website Grader. Dalam rilis terbarunya, ini mengubah HubSpot Website Grader menjadi alat SEO dengan sistem pelaporan yang lebih personal. Laporan tersebut kemudian akan didasarkan pada metrik utama di bawah ini:

  • Performa: Analisis ukuran setiap halaman di situs, kecepatan pengujian, keamanan, dll.
  • Mobile Readiness - Pastikan situs web dapat diakses melalui ponsel cerdas, juga dikenal sebagai kompatibel dengan seluler
  • SEO: Untuk menganalisis apakah suatu halaman atau semua halaman situs web memenuhi kriteria SEO. Analisis ini dilakukan berdasarkan judul dan subpos (jika diperlukan), serta analisis lengkap teks alt untuk gambar dan deskripsi meta konten atau artikel.
  • Keamanan - Pastikan situs tersebut benar-benar memiliki sistem keamanan yang direkomendasikan. Salah satunya adalah penggunaan sertifikat SSL yang dapat digunakan untuk mengenkripsi koneksi untuk menjamin keamanan transfer data antara server dan penerima (pengunjung).

Setelah memverifikasi bahwa situs web Anda mendapat skor lebih tinggi dari 67%, itu berarti situs web Anda mencetak kualitas di atas rata-rata menurut HubSpot.

7. SEO SiteCheckup

Selain menampilkan nilai SEO website Anda, SEO SiteCheckup ini juga memberikan informasi bagaimana cara meningkatkan kualitas website Anda cukup dengan memasukkan URL atau link website. Kemudian SiteCheckup SEO akan menampilkan hasil analisis website Anda, mulai dari penggunaan kata kunci dan headline, integritas informasi website, tingkat keamanan, bahkan simulasi tampilan website di mobile untuk menghitung jumlah kata kunci yang paling banyak digunakan di website tersebut.

Jika Anda belum membuat akun, Anda hanya dapat mencari satu situs web per hari. Tenang saja, Anda hanya perlu membuat akun jika ingin memverifikasi lima kali. Namun, jika Anda perlu membuat laporan analitik untuk beberapa situs web, Anda mungkin dapat membeli paket berlangganan mulai dari Rp 300 ribu per bulan.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda dapat memanfaatkan fitur uji coba gratis selama 14 hari, cukup dengan mengeklik "Alat Gratis" di bilah menu di kiri atas.

8. Screaming Frog SEO Spider

Ini adalah salah satu alat SEO favorit untuk pemasar digital. Tentunya selain menawarkan interface dengan fitur yang mudah digunakan, Screaming Frog juga menganalisa semua aspek SEO URL website. Dimulai dengan pengembangan website, pengecekan keefektifan peluang website untuk meningkatkan rangking dengan SEO, ditambah lagi menganalisa permasalahan dan kekurangan konten website yang berkaitan dengan penggunaan kata kunci dan link, dll. Mengingat seberapa dalam analisis dan seberapa banyak yang perlu dilakukan, maka tidak heran jika Screaming Frog SEO Spider menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan seharian untuk menganalisis situs web, terutama situs-situs besar.

Fitur lainnya, pengguna Screaming Frog SEO Spider juga dapat mentransfer hasil analisis dalam bentuk Microsoft Excel bila diperlukan, sehingga pengguna dapat menghemat dengan mengintegrasikan alat ini dengan alat lain (misalnya dengan alat Moz Pro) data hasil analisis dan mengunduhnya ke alat SEO. Lain. Screaming Frog juga merupakan salah satu alat yang paling komprehensif dan mudah digunakan untuk memantau peringkat dan lalu lintas situs web.

9. Found's SEO Audit Tool

Found adalah agensi digital Inggris yang juga menyediakan alat analisis situs web. Selain melakukan audit situs web, alat SEO Found dapat memberikan laporan lengkap tentang hasil analisis SEO dan masalah SEO lainnya yang sering terjadi di situs web.

Layaknya tools lainnya, menggunakan Found's SEO Auditing Tool juga mudah, kamu hanya perlu memasukkan URL website pada halaman Found SEO Auditing Tool, kemudian akan muncul halaman yang menampilkan beberapa hasil analisis. Informasi ini dibagi menjadi tiga:

  • Aspek Teknis: Apa yang dipresentasikan dari hasil analisis ini adalah mendefinisikan judul domain dasar dan peta situs XML.
  • Masalah konten: Hasil analisis di bagian ini fokus pada hasil metadata dan dampak kata kunci pada konten (artikel) dan situs web.
  • Analisis tautan eksternal: Analisis ini menunjukkan kualitas URL eksternal dan internal yang muncul di situs web.

Fitur lain? Seperti WooRank, hasil analisis juga dapat diunduh langsung dalam format PDF.

10. Varvy's SEO Overview Tool

Alat yang lebih berguna untuk webmaster. Varvy's SEO Overview Tool memiliki fungsi untuk fokus pada semua faktor situs web, meskipun tidak sempurna. Proses cepat hanya dalam beberapa menit membuat banyak pengguna memanfaatkan alat ini ketika mereka membutuhkan hasil scan cepat untuk situs mereka. Selain itu, alat Varvy General SEO juga cocok untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan analisis mendalam tentang faktor penting terkait SEO situs web.

Alat ini dapat menganalisis banyak hal penting, mulai dari kekuatan domain (otoritas domain), tautan yang digunakan, pengoptimalan mesin pencari gambar, faktor jejaring sosial, dll. Selain itu, ada juga hasil analisa teknikal SEO pada halaman individual, kecepatan akses halaman, dll.

Alat Ikhtisar SEO Varvy juga menyertakan alat yang mungkin tidak tersedia di banyak alat SEO lainnya, yaitu SEO Gambar. Alat ini mampu menganalisis kekuatan SEO dari gambar di situs web Anda, dari teks alternatif hingga jumlah kata yang digunakan per gambar.

11. QuickSprout Website Analyzer

Alat lain yang mampu memberikan analisis mendalam tentang suatu situs web berdasarkan aspek teknis SEO yang digunakan. QuickSprout Website Analyzer adalah alat SEO yang bekerja cepat yang menggunakan proses analisis situs web yang komprehensif.

Selain cepat, cara menggunakan alat SEO ini sangat sederhana. Tentu saja, Anda hanya perlu memasukkan alamat atau URL situs web dan menunggu beberapa menit hingga QuickSprout Website Analyzer menampilkan data analisis situs web Anda. QuickSprout Website Analyzer dapat membantu menganalisis SEO, kecepatan situs web, tag, kata kunci, media sosial, tautan, dan bahkan membandingkan situs Anda dengan situs lain.

Selain itu tool ini juga dapat memberikan keunggulan lainnya yaitu menampilkan hasil scan dalam bentuk persentase agar lebih mudah dalam memahami hasil scan QuickSprout Website Analyzer.

12. Mobile-Friendly Test

Mobile-Friendly Test merupakan salah satu alat Google yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah situs web Anda mobile-friendly atau tidak. Untuk menggunakannya, cukup masukkan URL situs web yang ingin Anda analisis, lalu klik tombol "Jalankan Tes". Setelah itu, tunggu beberapa detik hingga Anda melihat hasil website ditampilkan di ponsel. Alat ini juga dapat memberikan beberapa saran tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan situs web Anda agar mudah dan nyaman aksesnya bagi pengguna seluler, seperti ukuran font dan media dalam konten situs web.

13. Robots.txt Generator

Sebelum mengindeks, GoogleBot harus tahu apa yang harus dilakukan di situs web. Generator Robots.txt dapat memberi tahu GoogleBot apa yang harus dirayapi dan diindeks di setiap halaman situs web. Namun, izin terlebih dahulu harus diberikan kepada pembuat Robots.txt untuk melakukan analisis. Jika tidak, bot tidak dapat mengunjungi halaman situs web mana pun.

14. XML Sitemap Generator

Memiliki peta situs adalah salah satu cara Google akan mengindeks situs Anda. Generator peta situs XML ini dapat membantu Anda membuat peta situs untuk situs web Anda dalam format XML dan HTML. Anda hanya perlu memasukkan alamat situs web lengkap Anda dengan "http: //" atau "https: //" dan menunggu peta situs Anda muncul.

Generator peta situs XML juga akan menghasilkan informasi tentang jumlah halaman, tautan rusak, konten file XML, dan tautan ke file peta situs. Alat SEO dapat merayapi hingga 500 halaman secara gratis. Namun, jika Anda perlu mengindeks lebih banyak halaman web, Anda dapat menggunakan versi premium yang dimulai dari $ 41,88 atau sekitar 600.000 rupee (September 2020) setiap tahun.

15. Schema Creator

Schema Creator dapat membantu Anda memantau penggunaan kata kunci Anda di situs web. Dari pengaruh kata kunci pada peringkat keseluruhan situs web, hingga keefektifan kata kunci ini di wilayah tertentu. Selain Google, Anda juga dapat menggunakan Schema Creator untuk memeriksa peringkat situs web Anda dari mesin pencari lain, seperti Yahoo, Bing, Baidu, dan Yandex.

Untuk memasukkan kode schema di situs web Anda, Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan kode yang disediakan oleh alat ini. Selain itu, alat ini juga memiliki plugin WordPress gratis untuk siapa saja yang menggunakan WordPress sebagai CMS mereka.

Selain plugin dan website WordPress, Schema Creator juga menyediakan aplikasi yang dapat Anda gunakan secara gratis selama 14 hari sebelum Anda memutuskan untuk berlangganan atau tidak.

Kesimpulan

10+ alat SEO di atas memiliki fungsi yang hampir sama. Namun, tentunya mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih sesuai dengan kebutuhan website Anda dan tujuan yang ingin dicapai oleh brand atau bisnis Anda, YA!

Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan strategi SEO Anda, mulai dari penggunaan kata kunci terfokus, alt teks dalam gambar, dan kecepatan loading setiap halaman, hingga alat yang Anda gunakan untuk menganalisis website Anda. Dari 10+ rekomendasi yang dibahas di atas, Anda bisa menyimpulkan sendiri tool SEO mana yang tepat untuk website Anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar