Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

25+ Cara Menghasilkan Uang Dari Internet [Paling Baru]

Mendapatkan penghasilan dari Internet tidaklah sulit. Banyak orang telah menghasilkan ratusan juta rupiah melalui aktivitas online mereka. Anda juga bisa mencapai kesuksesan yang sama. Awalnya, Anda tahu cara mendapatkan uang langsung dari internet.

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Mari kita lihat lebih jauh.

Daftar Isi

25+ Cara Menghasilkan Uang Dari Internet [Paling Baru]

Setidaknya ada 25 lebih cara menghasilkan uang yang telah kami rangkum. Jadi, Anda tidak perlu repot melakukan riset sendiri.

Yang perlu diingat, Karena ini adalah cara menghasilkan uang secara online, Anda jelas membutuhkan kehadiran website. Situs ini akan mendukung upaya menghasilkan pendapatan Anda. Ini karena situs web adalah cara untuk membangun reputasi jangka panjang yang dapat dipercaya secara online.

Nah, yuk kita mulai pembahasannya satu per satu:

1. Bergabung Menjadi Afiliasi

Secara sederhana, keanggotaan adalah promosi bersama dan penjualan produk. Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya adalah bagi hasil atau disebut juga bagi hasil.

Bisa dibilang membership adalah cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Karena hampir semua program afiliasi memperbolehkan Anda untuk bergabung secara gratis.

Untuk menghasilkan uang dari afiliasi, Anda harus terlebih dahulu mendaftar di salah satu program afiliasi. Salah satu program populer di luar negeri adalah Afiliasi Amazon. Di Indonesia, Anda dapat mengikuti Program Kemitraan Indonesia tanpa biaya pendaftaran.

Setelah pendaftaran, Anda akan menerima spanduk referensi atau kode voucher. Anda dapat membagikannya dengan orang lain. Bisa jadi pengunjung situs web Anda atau pengikut Anda di media sosial.

Umumnya, afiliasi dapat menunjukkan hasil dengan relatif cepat. Bahkan, dalam program referral Indonesia, Anda bisa menggalang dana (membayar) dengan minimal dua penjualan aktif.

Oleh karena itu, penting untuk memilih program referal yang tepat. Program rujukan yang baik memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Komisi yang menguntungkan.
  • Bayar sesuai jadwal.
  • Pendaftarannya sederhana.

2. Buka Toko Online

Membuka toko online bisa menjadi cara menghasilkan uang secara online. Apalagi jika Anda memiliki produk yang berkualitas.

Toko online adalah website yang menawarkan berbagai macam produk untuk dijual. Toko online juga dilengkapi dengan fungsi yang memudahkan transaksi pembelian. Setiap pembayaran dapat dilakukan secara otomatis melalui gateway pembayaran. Namun, toko online Anda bisa tetap buka selama 24 jam.

Toko online juga menyediakan khalayak yang lebih luas. Berbeda jika Anda menjual produk secara offline di pasar yang terbatas. Plus, biaya menjalankan toko online jauh lebih murah.

Tahap selanjutnya yaitu membuat pengaturan belanja online dimulai dengan menentukan jenis pembayaran yang dapat diterima hingga aturan pengiriman barang.

Selanjutnya, tambahkan produk yang Anda jual, dan isi deskripsinya. Untuk memudahkan pembeli, Anda juga dapat mengaturnya menjadi beberapa kategori.

Dengan cara ini, Anda siap menjual produk Anda secara online. Untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk mempelajari teknik pemasaran digital yang tepat.

Perhatikan juga fitur toko online Anda agar cepat sukses. Fitur utama yang harus ada antara lain:

  • Mudah digunakan dan responsif.
  • Halaman promosi.
  • Gerbang pembayaran.

3. Membuat blog

Ngeblog bukan lagi sekedar hobi. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet.

Kabar baiknya adalah siapa pun dapat membuat dan menulis blog. Juga, tidak ada aturan standar tentang apa yang Anda tulis. Anda bebas menulis topik apapun.

Untuk menghasilkan uang dari blogging tentunya Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buat blog dengan langganan hosting. Karena memanfaatkan blog gratis memiliki banyak kekurangan untuk mendapatkan uang dari internet.

Pertama, hampir semua platform blog gratis mencegah Anda memasang iklan. Kedua, platform blogging dapat menghapus blog Anda jika terbukti melakukan pelanggaran. Artinya Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut.

Jadi jika blog pribadi Anda sudah online, lakukan tahapan pembuatan konten yang menarik. Semakin bermanfaat kontennya, semakin banyak pengunjung yang didapat.

Untuk mendapatkan banyak pengunjung dengan lebih cepat, Anda dapat mempelajari cara meningkatkan lalu lintas dengan benar.

Jika kondisi tersebut terpenuhi, Anda bisa memulai upaya memperoleh penghasilan secara online. Kemana Saja Kamu?

  • Iklan. Anda bisa bergabung dengan Google Adsense. Ketika pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, Anda akan mendapatkan penghasilan.
  • Posting bersponsor. Anda bisa bekerjasama dengan pihak lain untuk mereview suatu produk di blog Anda.
  • Afiliasi. Tempatkan saja spanduk afiliasi di blog Anda. Kemudian menerima komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut.

Jadi untuk membuat blog yang bagus kami punya beberapa tips untuk Anda. Pertama, pilih topik (jurusan) yang Anda kuasai. Kedua, secara aktif bekerja dengan banyak pihak untuk membangun tautan. Ketiga, pelajari SEO agar lebih cepat menarik pengunjung.

4. Jualan Software

Bisakah Anda memprogram? Manfaatkan keterampilan tersebut sebagai cara menghasilkan uang di Internet tanpa modal. Berbekal laptop Anda, Anda bisa memulai metode ini dari rumah.

Program dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti program pendanaan. Atau, Anda bisa mulai dengan ide Anda sendiri.

Jadi, bagaimana Anda menjual perangkat lunak?

Saat produk perangkat lunak sudah siap, Anda dapat langsung menjualnya. Beberapa metodenya meliputi:

  • Bagikan versi gratis dan jual versi premium di situs web Anda.
  • Jual melalui App Store sesuai OS (Apple Store, Play Store).
  • Kirimkan versi percobaan di situs web dan lihat lisensinya.
  • Menjual perangkat lunak SaaS (Program as a Service).
  • Terima permintaan program khusus melalui situs web.

5. Buka Layanan Konsultasi Online

Cara menghasilkan uang di Internet Anda tidak harus memiliki aset modal. Anda juga dapat menawarkan layanan / keahlian Anda. Salah satunya mengajarkan keterampilan.

Pelatihan online terdiri dari berbagi pengetahuan melalui Internet menggunakan perangkat digital.

Ada banyak pengetahuan / keterampilan yang bisa Anda bagikan secara online. Dari materi sekolah dan tutorial hingga tip dan trik bisnis.

Perlu diingat bahwa dengan menggunakan situs pribadi, Anda dapat membangun identitas online yang lebih baik dalam hal branding dan upaya pengembangan.

Sesi pengajaran dalam pelatihan online dapat dilakukan melalui video call menggunakan WhatsApp atau Skype. Metode lainnya adalah mengadakan siaran langsung khusus anggota di situs web / blog Anda.

Selain menentukan kelompok usia dan materi yang akan diajarkan, Anda juga dapat memutuskan apakah Anda ingin mengadakan sesi tatap muka atau kelas kelompok terbuka.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan metode ini, pastikan untuk:

  • Tentukan audiens target Anda berdasarkan pengalaman Anda.
  • Memiliki fasilitas yang baik untuk mengajar (internet, laptop, dll).
  • Kelola jadwal pengajaran dengan benar.
  • Bahan berkualitas tinggi, lengkap dan unik.

6. Buat Kursus Online

Membuat kursus yang hampir online, seperti pelatihan online, memungkinkan Anda menghasilkan uang melalui pengalaman.

Perbedaannya, kursus online mengharuskan Anda memiliki website sebagai hub untuk aktivitas online dan lebih fokus pada penyediaan materi edukasi yang menyenangkan.

Untuk membuat kursus online Anda dapat membuat website menggunakan platform WordPress dan kemudian menginstal plugin LMS.

Plugin LMS memungkinkan Anda membuat kursus online dengan mudah di situs WordPress Anda. Fungsi yang ditawarkan cukup komprehensif, seperti menyelenggarakan kursus, membuat ujian, dan mengatur pembayaran.

Untuk mencapai hasil terbaik saat membuka kursus online, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

  • Pilih mata pelajaran (jurusan) yang Anda kuasai, seperti pemrograman, perencanaan, dll.
  • Pastikan untuk meningkatkan permintaan akan topik tersebut.
  • Buat konten yang menarik dan interaktif.
  • Tawarkan jenis pembayaran yang berbeda untuk memudahkan konsumen.

7. Jual Tema Dan Plugin WordPress

Keterampilan coding yang terkait dengan pengembangan web dapat digunakan sebagai cara untuk menghasilkan uang dari Internet.

Tidak hanya dengan layanan pembuatan website, Anda juga bisa menjual tema dan plugin website WordPress. Faktanya, menjual tema WordPress dapat menghasilkan pendapatan hingga $ 1 juta dari satu pasar.

Jadi sebagai permulaan, Anda dapat membuat berbagai tema dan plugin yang dibutuhkan pengguna Anda. Pastikan kualitas terbaik yang dapat Anda berikan. Kemudian Anda bisa menjualnya melalui situs pribadi Anda menggunakan sistem freemium.

Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, Anda dapat bergabung dengan pasar yang berbeda seperti ThemeForest dan TemplateMonster. Kemudian tingkatkan penjualan Anda. Beberapa pasar akan memberi Anda sistem kategori berdasarkan volume penjualan Anda.

8. Jasa Keterampilan Desain Grafis

Tidak mudah mengubah konsep tersebut menjadi tampilan visual yang menarik. Oleh karena itu dibutuhkan keahlian seorang desainer grafis, terutama untuk tujuan komersial.

Dengan keahlian desain Anda, ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online. Anda dapat berbagi pengetahuan melalui kursus online seperti Kimi Kinsey dan mendapatkan $ 2000 per bulan. Anda juga bisa menjual karya desain Anda sendiri.

Untuk mengikuti jalur ini, Anda sangat disarankan untuk memiliki situs web portofolio yang bagus, seperti Lotta Nieminen, seorang desainer grafis dari Finlandia. Kemudian Anda dapat mencatat berbagai keahlian Anda di bagian Tentang. Tujuannya agar pelanggan lebih mudah menghubungi Anda.

Lebih dari itu, Anda juga dapat membuat produk unik di situs web Anda. Jika Anda menggunakan platform WordPress, cukup gunakan plugin WooCommerce dan buat halaman toko di situs web.

Untuk upaya promosi, Anda bisa menggunakan media sosial atau bergabung dengan beberapa platform independen untuk memudahkan pelanggan menemukan Anda.

9. Buat Channel YouTube

Apakah Anda kenal Ryan Kaji? Anak berusia 8 tahun ini menduduki peringkat # 1 di YouTube dengan pendapatan tertinggi. Dia menghasilkan setidaknya $ 26 juta pada tahun 2019. Wow!

Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube yang mirip dengan Ryan? Mainan anak-anak sederhana dan tidak dikemas.

Dengan gaya alami dan kekanak-kanakan, ia berhasil mendapatkan banyak pengikut dan menarik nama-nama besar seperti Nickelodeon dan Hulu untuk menawarkan kemitraan dukungan.

Tentu saja, ada banyak ide konten lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya, mengulas makanan dan elektronik, atau berbagi tips kecantikan.

Selain sponsorship, seorang youtuber bisa menghasilkan banyak penghasilan, mulai dari beriklan hingga menjadi influencer.

Membuat saluran YouTube gratis. Anda tidak perlu memikirkan modal untuk menggunakan cara ini. Ini membutuhkan alat pendukung seperti kamera dll, tetapi yang terpenting adalah konten yang menarik. Idenya harus unik, bisa berupa saluran hiburan, informasi umum, atau program pendidikan.

Selain itu, 88% pengguna internet Indonesia mengakses YouTube. Ini berarti Anda memiliki peluang besar untuk menjangkau audiens yang besar.

10. Menjual Produk Dengan Cara Dropship

Sebelumnya, kami membahas pengiriman dropship sebagai ide bisnis rumahan. Padahal, dropshipping adalah cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal.

Singkatnya, prinsip bisnis pengiriman barang adalah sebagai penjual, Anda menjual produk pihak ketiga. Perbedaannya adalah penjual harus menimbun produk sebelum menjualnya kembali, bukan pengiriman drop. Karena semua pengiriman kargo dilakukan oleh pemasok.

Meski margin keuntungannya tidak sebesar menjual produk sendiri, namun hasilnya sangat menjanjikan.

Di Indonesia banyak sekali pasar dropshipping yang berkembang dan bisa menghasilkan pendapatan hingga 1 juta Rupiah.

  • Untuk menguji perusahaan dropshipping, ada beberapa langkah:
  • Tentukan produk yang akan dijual (elektronik, kosmetik, dll).
  • Saya mencari pemasok yang memiliki reputasi baik.
  • Tentukan alat penjualan (pasar, situs web pribadi, jejaring sosial).
  • Membangun dan mempromosikan merek Anda sendiri.
  • Jika langkah-langkah ini diikuti, Anda siap untuk menjual dengan Pengiriman Drop.

11. Jadilah Penulis Freelance

Seperti namanya, penulis lepas bekerja untuk klien dengan menulis artikel yang berkaitan dengan topik tertentu.

Menjadi penulis lepas tepercaya bisa menjadi cara yang menjanjikan untuk menghasilkan uang. Salah satu penyebabnya adalah 91% perusahaan menggunakan strategi pemasaran konten untuk menjangkau pelanggannya guna meningkatkan penjualan produk.

Kondisi ini meningkatkan kebutuhan akan konten berkualitas tinggi dengan cepat. Jadi peran penulis sangat diperlukan.

Untuk menjadi freelancer, Anda bisa mengunjungi situs pekerjaan freelance seperti Sribulancer atau Projects.co.id dan bergabunglah sebagai anggota. Kemudian Anda dapat memilih tawaran dan tawaran pekerjaan yang sesuai.

Namun, bergabung dengan platform freelance saja tidak cukup. Anda perlu membuat portofolio web dan menunjukkan karya terbaik Anda. Jika klien tertarik dengan keahlian Anda, mereka akan menghubungi Anda melalui kontak yang Anda berikan.

12. Bergabunglah Dengan Platform Survei Online

Jawab saja beberapa pertanyaan mudah dan Anda bisa mencari nafkah.

Mengambil survei online telah menjadi cara populer untuk menghasilkan uang dari internet. Meski cara ini tidak menjanjikan seperti yang lain, namun cukup untuk menambah uang jajan.

Selain itu, semakin banyak perusahaan membutuhkan survei untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperoleh data yang beragam untuk pengembangan produk. Artinya, survei online masih diperlukan.

Untuk menggunakan metode ini, Anda dapat bergabung dengan platform survei. Di Indonesia sendiri ada berbagai platform seperti YouGov Indonesia, OpinionWorld, dll. Platform pihak ketiga seperti Survey Junkie dan Prize Rebel sebenarnya hanya memiliki sedikit pengguna.

Jumlah pendapatan tergantung pada platform yang Anda pilih. Cara pembayarannya bisa tunai atau dalam bentuk voucher. Misalnya, jika Anda mendapatkan 5.000 Poin YouGov, Anda dapat menukarkannya dengan kredit, kupon Tokopedia atau PayPal.

Beberapa tips jika Anda ingin menggunakan metode ini adalah

  • Pilih platform survei yang andal dan bayar berdasarkan kondisi.
  • Ingatlah waktu yang tersedia untuk Anda karena proses survei bisa sangat lama.
  • Jangan gunakan email dasar karena Anda akan kewalahan dengan penawaran survei.
  • Harap baca syarat dan ketentuan dengan cermat.

13. Menjadi Penguji Situs Web

Pernahkah Anda berpikir menjadi penguji situs web sebagai cara untuk menghasilkan uang dari Internet?

Penguji situs web adalah orang yang menguji situs web, sebelum diluncurkan secara online dan untuk tujuan pengembangan.

Saat ini, banyak platform yang bersedia membayar Anda untuk menguji situs web Anda. Beberapa contohnya adalah User Test dan TryMyUI. Platform ini memiliki klien dengan nama besar seperti Adobe, Microsoft, dan Facebook.

Berapa banyak yang kamu dapat? Rata-rata, Anda akan menerima $ 10 untuk setiap tes yang Anda lakukan. Namun, Anda bisa mendapatkan hingga $ 60 jika tes tersebut membutuhkan keahlian yang hebat.

Untuk menggunakan metode ini, Anda dapat mendaftar di salah satu platform dan mengikuti tes yang dipilih. Tidak seperti kuesioner online, Anda dapat memulai situs web tes hanya setelah lulus tes kemampuan.

Jadi, jika Anda tahu seperti apa situs web yang bagus, dan memiliki cukup bahasa Inggris untuk menulis ulasan, patut dicoba.

14. Menjual E-Book

Dengan keahlian di bidang tertentu dan kemampuan menulis yang baik, Anda bisa membuat ebook sendiri dan kemudian menjualnya.

E-book semakin populer dan penjualan meningkat. Selain itu, banyak perpustakaan arus utama mulai menawarkan salinan digital buku melalui situs web resmi. Misalnya Gramedia.

Dalam keadaan ini, menjual e-book bisa menjadi cara yang menjanjikan untuk menghasilkan uang dari Internet.

Berapa banyak yang bisa Anda dapatkan dari menjual e-book? Penulis menghasilkan hingga $ 2000 dengan menjual produk khusus digital di Amazon. Luar biasa!

Untuk menjual ebook, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

  • Tulislah topik yang unik namun bermanfaat.
  • Buat sampul yang menarik untuk eBook.
  • Konversikan ke format buku online, seperti PDF, ePub atau MOBI.
  • Jual melalui situs web atau pasar pribadi.
  • Lakukan upaya promosi melalui media sosial.

Menjual e-book adalah langkah terpenting. Jika Anda melakukannya melalui situs WordPress, gunakan plugin penjualan digital seperti Easy Digital Download atau Sell Digital Downloads.

Saat menggunakan pasar, pilih platform yang bagus seperti Amazon Kindle atau Payhip. Di Indonesia, ada pilihan seperti KaryaVirtual dan NulisBuku.

15. Jual Kerajinan Tangan Secara Online

Kualitas hasil karya Indonesia sudah diakui dunia. Bahkan ekspor kerajinan Indonesia mencapai $ 1,2 miliar.

Jika Anda memiliki pengalaman menciptakan produk berkualitas, silakan bersaing di pasar online global. Karena menjual perdagangan adalah cara yang menjanjikan untuk menghasilkan uang.

Demi persaingan, pastikan produk Anda unik dan berkualitas tinggi. Anda kemudian dapat mulai menjual produk Anda. Baik melalui situs toko online Anda, bergabung dengan marketplace, atau menggunakan media sosial.

Dengan media sosial, Anda dapat membuat konten yang menarik atau Anda dapat mengatur anggaran iklan. Iklan Facebook dan Instagram dapat memberikan hasil yang baik untuk meningkatkan penjualan.

Saat menggunakan marketplace, banyak platform internasional seperti Etsy yang kerap menjual produk Indonesia. Jika Anda ingin mencoba pasar lokal, KuKa bisa menjadi alternatif yang baik.

16. Menjadi Influencer Di Media Sosial

Seperti namanya, influencer adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang untuk membeli suatu produk berdasarkan pengalaman atau reputasinya.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa menjadi influencer, terutama di media sosial, adalah cara ampuh untuk menghasilkan uang secara online.

Faktanya, 80% perusahaan bersedia membayar kepada influencer karena dianggap efektif. Jika seseorang cocok dengan target pasar yang ingin diraihnya, maka tidak jarang para pengusaha berkolaborasi untuk memasarkan suatu produk.

Menariknya, semua platform media sosial seperti Instagram atau Facebook memiliki audiensnya sendiri. Jadi, apa pun level Anda sebagai influencer, menampilkan peluang dan platform yang tepat dengan cermat dapat membantu Anda sukses.

Jika Anda ingin menggunakan metode ini untuk mendapatkan uang, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Pilih topik khusus (spesialis).
  • Bagikan informasi yang berguna dan relevan.
  • Tingkatkan komunikasi dengan audiens Anda.
  • Bangun reputasi yang baik secara online.

17. Menjual Karya Foto Digital

Hampir semua bisnis digital memiliki nilai ekonomi. Tidak ada pengecualian foto yang berfungsi. Karena itu, Anda bisa menjual foto Anda untuk mencari nafkah.

Sebagian besar fotografer menjual karya mereka melalui situs pihak ketiga seperti Shutterstock. Beberapa mengklaim dapat menghasilkan pendapatan yang menjanjikan hingga $ 34.000. Keren, bukan?

Meskipun ini adalah cara mudah menghasilkan uang secara online, bergabung dengan Shutterstock kurang menguntungkan bagi pemula. Ini karena nama yang diberikan sangat kecil. Solusinya, Anda bisa menggunakan platform lain seperti 500px dan Virtual Society yang menawarkan tarif lebih tinggi.

Atau, Anda dapat menjualnya di situs web Anda. Cukup instal plugin Sell Media di situs WordPress Anda dan lakukan beberapa pengaturan, dan Anda dapat membuat situs web untuk gambar Anda sendiri.

18. Jual Beli Domain (Domain Flipping)

Domain adalah alamat situs web yang bertindak sebagai identitas melalui Internet.

Peran domain sangat penting bagi sebuah brand, khususnya untuk sebuah bisnis. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan nama domain yang sempurna.

Namun, ada juga yang mengeluarkan sedikit uang untuk memanfaatkan penawaran domain.

Inilah yang sering digunakan untuk mendapatkan keuntungan dengan cara jual beli domain atau ganti domain. Tanpa pengenceran, domain dapat dijual berkali-kali seperti halnya dengan Voice.com. Harganya lebih dari 30 juta rupiah!

Jika Anda tertarik, domain flippingk ini bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet.

Langkah pertama, Anda bisa membeli domain terlebih dahulu. Kemudian tampilkan informasi untuk dijual di website di area tersebut. Atau, Anda dapat bergabung dengan platform perdagangan domain seperti Flippa dan Sedo.

Untuk mendapatkan banyak manfaat, berikut beberapa tip untuk mengubah domain Anda:

  • Pilih kategori yang Anda pahami. Misalnya, teknologi atau real estate.
  • Pikirkan nama yang memiliki nilai jual tinggi sebelum Anda membelinya.
  • Periksa ketersediaan domain dengan ekstensi berbeda.
  • Perhatikan harga saat membeli nama domain potensial.
  • Promosikan penjualan Anda menggunakan berbagai media.

19. Dapatkan Bayaran Untuk Terjemahan / Transkripsi

Transkripsi adalah proses mengubah percakapan audio / video menjadi teks. Jika perubahan dilakukan dalam bahasa yang berbeda, itu disebut terjemahan.

Menyalin dapat menjadi cara untuk menghasilkan uang dari Internet karena semakin banyak orang membutuhkan layanan ini. Misalnya, ketika sebuah perusahaan mempromosikan produk melalui talk show dan membutuhkan transkrip untuk diposting di situs web.

Seorang translater bisa menghasilkan hingga $ 25 per jam!

Sebagai langkah pertama dalam menggunakan metode ini, Anda dapat bergabung dengan platform transkripsi seperti TranscribeMe dan Rev. Anda juga dapat mencari proyek di situs freelance profesional seperti Projects.co.id atau Sribulancer.

Beberapa platform memiliki metode pembayaran yang berbeda, bisa per proyek atau per minggu. Untuk pendaftaran, bisnis terjemahan akan menghasilkan pendapatan yang jauh lebih tinggi karena proses penerjemahan sedang berlangsung.

Jika keterampilan Anda meningkat, Anda dapat memberikan layanan transkripsi secara mandiri melalui situs web Anda. Kuncinya adalah memberikan hasil terbaik tepat waktu dan dengan harga layanan yang bersaing.

20. Jadilah Proofreader

Anda pasti pernah mendengar istilah proofreading, bukan? Proses pemeriksaan kesalahan dalam dokumen yang siap untuk diterbitkan.

Berbeda dengan proses pengeditan yang lebih kompleks, proofreading lebih berfokus pada kesalahan ejaan, format penulisan, dan tata bahasa. Jadi jika Anda teliti dalam melakukan koreksi terhadap standar penulisan yang baik, Anda bisa mencoba postingan ini.

Bisa dibilang hasil yang didapat sangat menjanjikan. Korektor dapat memperoleh hingga $ 3.200 di bulan pertama. Dengan kata lain, proofreading bisa menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat dari Internet.

Di Indonesia, hasil Anda mungkin tidak terlalu bagus. Namun, jumlah orang yang membutuhkan layanan proofreading terus meningkat, terutama di berbagai situs profesional freelance seperti Freelancer.co.id.

Jika Anda tahu bahasa asing, Anda dapat bergabung dengan platform seperti Scribendi. Atau, untuk fleksibilitas dan branding, Anda dapat menggunakan situs web pribadi dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan Anda. Hasil yang didapat pasti lebih besar.

21. Berpartisipasi Dalam Kompetisi Desain Online

Apakah Anda memiliki kemampuan desain yang baik dan ingin bersaing dengan desainer lain? Platform berbeda memiliki kontes desain berbeda yang dapat Anda ikuti.

Tidak hanya untuk memamerkan kualitas dan menambah portofolio Anda, mengikuti kontes desain bisa menjadi cara untuk mendapatkan uang dari Internet.

Beberapa website yang sering mengadakan kontes adalah 99designs, LogoMyWay, dan DesignCrowd. Bahkan beberapa kontes LogoMyWay memungkinkan Anda memenangkan hingga $ 1.000 dalam satu kontes.

Di Indonesia, Anda bisa mengunjungi Sribu sebagai platform mandiri yang didedikasikan untuk desainer.

Untuk berpartisipasi dalam kontes, Anda dapat mendaftar di salah satu platform yang direncanakan dan melampirkan portofolio. Pilih kompetisi yang ingin Anda ikuti dan buka untuk umum. Kirimkan pekerjaan sesuai kebutuhan dan tunggu hasilnya untuk menentukan pemenang.

Agar lebih mudah memenangkan persaingan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Cari tahu kekuatan keterampilan desain Anda, apakah datar, 3D, atau desain lainnya.
  • Baca syarat dan ketentuan kompetisi, terutama format kerja dan tenggat waktu.
  • Cari tahu tentang kompetisi dalam kompetisi tersebut.
  • Jika perlu, lamar lebih dari satu pekerjaan.

22. Freelance Dalam Entri Data

Seperti namanya, entri data adalah tugas memasukkan data ke dalam sistem.

Ada banyak jenis pekerjaan entri data, dari yang membutuhkan keterampilan khusus hingga yang paling dasar. Contohnya adalah entri captcha di mana Anda akan diminta untuk mengerjakan captcha untuk digunakan di situs web.

Kami merekomendasikan memasukkan captcha sebagai fungsi samping hanya karena hasilnya tidak sebesar beberapa metode lainnya. Namun, tanpa kualifikasi khusus, seseorang dapat melakukan tugas ini dari rumah.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu bergabung dengan platform seperti 2captcha dan memulai entri data kapan pun Anda mau. Uang yang diperoleh dari 1000 captcha bisa mencapai $ 1 yang akan masuk ke akun terdaftar PerfectMoney Anda.

23. Menyediakan Layanan Merangkai Kata

Melalui salah satu postingan Twitternya, penulis buku populer Zary Hendrik menawarkan layanan pembentukan kata. Apa itu? Jasa pembuatan terjemahan untuk jejaring sosial, untuk keperluan pribadi dan bisnis.

Mengapa cara unik ini untuk mendapatkan uang di daftar kami? Pasalnya, pendapatan dari layanan word matching cukup impresif, yakni Rp 40 juta per bulan.

Jika Anda memiliki kemampuan merangkai kata-kata atau mengetahui teknik copywriting, kesuksesan Zarry dapat menginspirasi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari Internet.

Untuk memulai dengan metode ini, tentunya Anda harus memiliki reputasi online yang baik dan bisa membuktikan kemampuan Anda. Selanjutnya, tentukan siapa target pasar Anda nantinya, baik pribadi maupun bisnis. Kemudian manfaatkan situs web dan media sosial Anda untuk mulai berpromosi.

24. Menjadi Manajer Media Sosial

Mampu mengelola akun media sosial bisa menjadi cara menghasilkan uang dari Internet. Yaitu dengan menjadi pengelola media sosial.

Seperti yang Anda ketahui, media sosial berperan penting dalam membangun reputasi online dan meningkatkan penjualan produk. Tidak mengherankan, banyak perusahaan dan VIP menyewa seorang manajer untuk mengelola akun resmi mereka.

Berapa penghasilan yang bisa Anda dapatkan? Dengan Upwork Data, harganya berkisar dari $ 10 hingga $ 50 untuk freelancer. Tanpa diragukan lagi, hasil yang akan Anda dapatkan akan lebih baik lagi jika Anda bisa mengelola akun di luar negeri.

Tanpa mengeluarkan modal, Anda dapat bergabung dengan platform independen dan menawarkan layanan manajemen akun media sosial. Jika Anda ingin lebih profesional, buat portofolio di situs web Anda dan tunjukkan klien yang pernah Anda tangani. Tentu, ini akan mendongkrak reputasi Anda.

Untuk menjadi manajer sosial yang baik, inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Terus asah keterampilan komunikasi umum Anda, terutama dalam bentuk tertulis
  • Pelajari tentang alat dan teknologi manajemen media sosial terbaru.
  • Ikuti tren media sosial, terutama dari merek terkenal.
  • Kelola waktu bisnis Anda dengan baik.

25. Mendapatkan Uang Dari Podcast

Podcast membagikan konten audio melalui Internet.

Bisakah podcast menjadi cara menghasilkan uang dari Internet? Energi.

Meski podcast belum populer di Indonesia, peluang suksesnya sangat tinggi. Karena Anda bisa menjadi podcast pertama tentang topik tertentu dan memiliki jutaan pendengar.

Seperti blogging, podcast memungkinkan Anda memperoleh penghasilan dari iklan, sponsor, afiliasi, donasi, dan banyak lagi.

Sebagai langkah pertama, Anda dapat membuat situs WordPress dan menginstal plugin podcast seperti PowerPress. Kemudian Anda dapat terhubung ke berbagai platform. Misalnya, Spotify untuk Podcaster atau Google Podcasts.

Untuk membuat podcast yang sukses, berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan:

  • Pilih topik yang Anda sukai karena akan mendapatkan iklan.
  • Buat merek dari aktivitas podcast Anda.
  • Buat konten menarik dengan kualitas audio terbaik.
  • Perbanyak pemirsa Anda dengan keterlibatan yang tepat.

26. Daftar Cryptocurrency

Anda tahu cryptocurrency, bukan? Teknologi untuk memfasilitasi transaksi online menggunakan uang digital.

Cryptocurrency yang populer adalah BitCoin. Akan tetapi masih banyak transaksi lain yang sering digunakan dalam transaksi online seperti Ethereum, Ripple, dan LiteCoin.

Karena dianggap sebagai mata uang masa depan, cryptocurrency digunakan sebagai cara yang efektif untuk mendapatkan uang dari Internet.

Bagaimana saya dibayar dari cryptocurrency?

Pertama, investasikan. Anda bisa membelinya dan menunggu saat yang tepat untuk menjualnya kembali. Misalnya, di awal 2010, harga 1 BitCoin adalah $ 0,08. Saat ini, setelah Google berkonsultasi, sepertinya harganya telah berlipat ganda.

Kedua, menambang. Proses ini dilakukan dengan menggunakan komputer untuk memverifikasi transaksi yang terjadi di jaringan cryptocurrency. Jika Anda berhasil, Anda akan diberi penghargaan. Data terbaru, kesuksesan, akan memberi Anda hingga $ 116.250.

Ketiga, berdagang. Tidak seperti berinvestasi, Anda secara aktif memantau perubahan pasar setiap hari. Jika menjual cryptocurrency Anda memiliki keuntungan, Anda dapat langsung melakukannya.

27. Menjadi Layanan Pelanggan Online (Customer Service)

Tahukah Anda bahwa menjadi customer service online bisa menjadi cara yang menjanjikan untuk menghasilkan uang?

Faktanya, kemudahan komunikasi dan penyebaran bisnis online telah meningkatkan kebutuhan akan layanan pelanggan yang mandiri. Apalagi mengingat kepuasan pelanggan adalah kunci kelangsungan bisnis.

Tidak mengherankan, platform freelance seperti Fiverr menerima banyak permintaan untuk layanan pelanggan independen. Memang, LiveOps telah menciptakan platform khusus untuk menyediakan layanan pelanggan online berkualitas tinggi untuk melayani pelanggan di seluruh dunia.

Berapa pendapatan yang diberikan? LiveOps menawarkan penghasilan hingga $ 300 seminggu. Tentunya harus didukung dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, ya?

Di Indonesia, permintaan akan layanan ini belum tinggi. Namun, tidak jarang para pengusaha internet mencari customer service mandiri melalui platform seperti freelancer.co.id.

Selama Anda memiliki keterampilan komunikasi yang baik, internet yang cepat, dan ruang kerja yang tenang, Anda dapat bekerja sama untuk mendapatkan pekerjaan ini.

28. Buat Situs Berlangganan

Ada beberapa cara mendapatkan uang secara online dengan pengetahuan Anda. Selain membuka kursus online dan menjadi pelatih online, Anda bisa membuat situs berlangganan.

Situs keanggotaan memiliki banyak artikel dengan ulasan mendalam dan memberikan pratinjau kepada pengunjungnya. Jika ingin membaca lebih detail, pengunjung harus berlangganan terlebih dahulu.

Contoh situs keanggotaan adalah situs web milik YosefArdi. Situs tentang Indonesia dalam bahasa Inggris. Untuk mengakses semua barang baru mereka, pengunjung harus membayar Rp1 juta per bulan. Tentunya penghasilan yang diterima cukup besar bukan?

Membuat situs keanggotaan tidaklah sulit. Anda cukup menginstal plugin keanggotaan di situs WordPress Anda. Beberapa plugin terbaik yang dapat digunakan secara gratis adalah Ultimate Member dan Paid Membership Pro.

Beberapa tip untuk membuat situs keanggotaan yang sukses meliputi yang berikut ini:

  • Pilih topik berdasarkan pengalaman dan memiliki banyak pembaca (teknologi, bisnis, dll.)
  • Permudah pengunjung Anda untuk mencoba akses uji coba gratis
  • Beragam jenis keanggotaan tersedia (akses penuh, per paket)
  • Tawarkan berbagai konten untuk berbagai jenis pengunjung (pdf, audio, dll.)

29. Membuka Layanan Optimasi Website

SEO (Search Engine Optimization) adalah pengoptimalan situs web untuk memposisikan dirinya di posisi teratas mesin pencari dengan tujuan meningkatkan jumlah pengunjung.

Untuk situs web bisnis, mendapatkan # 1 di Google berarti peningkatan penjualan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berkembang ini. Oleh karena itu, layanan optimasi website sangat dibutuhkan.

Jika Anda memiliki teknologi SEO terbaru dan itu dapat membantu situs web Anda mencapai tempat pertama, Anda dapat membuka layanan pengoptimalan situs web. Keterampilan ini bisa menjadi cara mudah menghasilkan uang secara online.

Faktanya, layanan konsultan SEO bisa serendah $ 119 per jam.

Sebagai permulaan, Anda pasti membutuhkan situs web untuk membangun reputasi bisnis Anda. Kemudian jelaskan layanan pengoptimalan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu klien. Kemudian tetapkan harga yang kompetitif untuk setiap layanan Anda.

30. Dapatkan Uang Dari Live Streaming Game

Anda dengar. Hanya dengan duduk untuk memainkan dan streaming langsung, Anda bisa menang.

Twitch adalah platform streaming langsung interaktif tempat pemain dapat berbagi momen bermain game mereka. Platform ini gratis tetapi bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang dari internet.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dengan siaran langsung Anda di Twitch:

  • Hadiah. Anda bisa mendapatkan donasi dari pelanggan Anda melalui PayPal dan lainnya.
  • Affiliasi. Sebagai bagian dari Amazon, menjual produk melalui Afiliasi Amazon dapat menghasilkan komisi untuk Anda.
  • sponsor. Jika ada pendukung yang berminat, Anda bisa ditunjuk sebagai influencer pemasaran produk Anda.
  • Penjualan Merchandise. Anda bisa membuka toko online Anda dengan berbagai produk unik. Tyler Blevins melakukan ini.

Sayangnya Twitch kurang populer di Indonesia karena kalah bersaing dengan YouTube. Jadi jika Anda ingin menggunakan cara ini, Anda dapat membuat saluran Twitch yang memiliki penonton internasional.

31. Menciptakan Jingle

Jingle adalah lagu yang dibuat khusus untuk promosi produk. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat lagu dan musik yang indah, Anda dapat membuat lagu untuk menghasilkan uang secara online. Karena merupakan karya seni yang eksklusif, penghasilan yang didapat bisa sangat besar.

Sarah Hughes adalah contoh nyata dari metode ini. Musisi ini menghasilkan hingga £ 92.000 setahun dari produksi lagu. Hal yang paling menarik adalah untuk mendapatkan hasil ini Anda hanya perlu bekerja 15 jam dalam seminggu.

Memperoleh penghasilan dari membuat lagu membutuhkan beberapa persiapan, di antaranya:

  • Selesaikan pekerjaan sebanyak mungkin dan posting di situs web pribadi Anda.
  • Promosikan bisnis Anda dengan rajin melalui media sosial.
  • Bergabunglah dengan platform khusus musik seperti Taxi atau platform publik seperti Fiverr.

Semakin sering Anda menciptakan pekerjaan yang bagus dan memiliki banyak klien, semakin mudah untuk mendapatkan proyek yang bagus dengan pendapatan yang menguntungkan.

Kesimpulan

Ternyata banyak juga cara mendapatkan uang dari internet? Kami berharap daftar di atas membantu Anda menemukan metode yang paling sesuai dengan potensi Anda.

Meskipun tanpa situs web ini bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang, memiliki situs web sendiri masih merupakan pilihan terbaik. Ini bukan hanya tentang reputasi, tetapi juga tentang seberapa mudah Anda ingin mengaturnya.

Ingatlah untuk selalu mengikuti tip dan nasehat yang benar dan bersabar atas hasilnya.

Banyak orang menggunakan cara di atas sebagai sumber penghasilan utama. Tapi, tidak jarang mereka yang masih memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan. Keputusan ada di tangan Anda.

Apapun masalahnya, jangan ragu untuk membangun kesuksesan Anda secara online!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar