Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Install dan Update OpenSID Otomatis di cPanel

Mangaip Blog - Bagi desa-desa di seluruh Indonesia yang sudah menggunakan OpenSID di desanya. Berikut cara install dan update opensid otomatis di cpanel. 

Kenapa membahas OpenSID? Karena saya merupakan salah satu admin dari desa tempat tinggal saya. terus aplikasi ini sangatlah kumplit untuk dipakai di desa. Mungkin bagi sobat yang telah mengenal saya, akan mengetahui nama desa saya ini.

Untuk install dan update opensid secara otomatis ini kali ini, saya khususkan bagi anda atau desa-nya yang sudah mengonlinekan opensid-nya atau sudah memiliki hosting.

Bagi yang memakai XAMPP atau localhost mungkin akan menjadi pembahasan yang berbeda. Ok langsung saja ke panduannya dibawah ini.

Cara Install dan Update OpenSID Otomatis Di cPanel

1. Silahkan masuk ke atau login ke penyedia hosting anda. Kemudian pilih File Manager.

2. Pada File Manager, kosongkan semua file yang ada di folder public_html kecuali folder Desa. Folder Desa bisa di download terlebih dahulu atau di pindahkan ke folder lain, selain folder public-html.

3. Setelah itu, cari menu Git Version Control.

4. Silahkan pilih Create, kemudian pada kolom Clone url, isi dengan https://github.com/OpenSID/OpenSID.git. Pada repository path isi dengan public_html. Pada repository name isi dengan OpenSID. Setelah itu pilih Create.

5. Bagi kalian yang sudah menggunakan fitur Git dan ingin mengupdate aplikasi OpenSID. Silahkan pilih Git yang telah kalian buat, kemudian pilih manage.

6. Pastikan pada Repository Path, isikan public_html dan pada Repository Name isikan OpenSID. Setelah itu klik Create atau Update.

7. Apabila kalian ingin mengupdate OpenSID ke versi terbaru, silahkan pilih menu Pull or Deploy.

8. Setelah itu, tinggal scroll kebawah, lalu pilih Update from Remote. Selesai.

Fitur Git Version Control, biasanya disediakn oleh penyedia hosting. Menu ini bisa diakses dalam Cpanel hosting anda. 

Dengan cara ini anda tidak perlu repot-repot untuk mengupload secara manual folder-folder yang ada di dalam Aplikasi OpenSID. 

Terakhir, saya ucapkan terimakasih kepada para penggiat OpenSID, karena dengan adanya aplikasi OpenSID menambah wawasan saya dalam dunia internet. 

Bagi rekan-rekan saya yang ingin menggunakan aplikasi OpenSID, silahkan gunakan dengan sebaik mungkin. Aplikasi ini disediakan secara gratis, kamu tidak perlu repot untuk membuat web desa sendiri. Apabila kamu memiliki keahlian dalam dunia koding, menurut saya lebih baik mengembangkan aplikasi OpenSID yang sudah ada, daripada membuat tandingannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar