Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Apa Itu Konten Berkualitas Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Menulis konten berkualitas tinggi harus menjadi aspek utama dari strategi SEO apa pun. Tetapi kapan konten Anda dianggap berkualitas tinggi? Dan ini sama untuk pengguna Anda seperti Google? Dalam artikel ini, saya akan melihat kualitas konten dan bagaimana Anda dapat memastikan konten Anda mencapai sasaran. Ini akan membutuhkan beberapa keterampilan menulis kreatif, tetapi jangan khawatir, Anda tidak harus bingung. Dengan berfokus pada hal yang benar, Anda dapat membuat konten berkualitas tinggi yang dengan senang hati dibaca oleh pengguna Anda.

Daftar Isi Contents

Bagaimana Kualitas Isinya?

Ini adalah pertanyaan jutaan dolar orang. Karena mengetahui cara menulis konten berkualitas membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung, menurunkan rasio pentalan, dan lebih banyak konversi - tetapi siapa yang menentukan kualitas konten Anda? Jawaban mudahnya adalah: Pengguna Anda. 

Yang membuat pembuatan konten yang tepat sedikit rumit. Karena setiap pengguna berbeda. Setiap pengguna memiliki target pencarian yang berbeda. Setiap pengguna tahu apa yang mereka inginkan, tapi sayangnya Anda tidak bisa.

Bukan itu yang Anda harapkan untuk memulai artikel tentang menulis konten berkualitas tinggi, bukan? Jangan khawatir, kami pasti belum selesai! Meskipun pengguna pada akhirnya menentukan kualitas konten Anda, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memastikan Anda memiliki konten yang dipikirkan dengan matang, dapat dibaca, dan menarik.

Jadikan konten ini lebih layak untuk dipertimbangkan oleh pengguna dan mesin telusur. Dan ya, ini akan memakan waktu. Tapi sepanjang waktu berjalan dengan baik, percayalah. Ingat saja apa yang saya katakan sebelumnya tentang kualitas konten yang dapat ditawarkannya kepada Anda.

Cara Membuat Konten Berkualitas Tinggi

1. Menulis Untuk Pembaca Anda, Bukan Untuk Diri Anda Sendiri

Jika Anda memiliki situs e-commerce, Anda ingin pembaca Anda mengetahui tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jika Anda seorang blogger, Anda ingin pembaca Anda mengetahui Anda dan topik yang Anda minati. Tentu saja, ini adalah hal-hal yang ingin Anda tulis. 

Namun, penting untuk mengingat apa yang sebenarnya ingin dibaca pengguna. Apa minat mereka? Peristiwa atau berita apa berikut ini yang mungkin terkait dengan bisnis Anda? "Masalah" apa yang mereka coba perbaiki yang mengarah ke situs Anda?

Langkah pertama dalam membuat konten yang menurut pengguna berkualitas tinggi adalah memastikan konten tersebut berisi informasi yang mereka cari. Untuk mengetahui informasi apa yang dicari pengguna Anda, Anda perlu melakukan pencarian kata kunci yang tepat. Ini akan membantu Anda memutuskan topik mana yang akan ditulis dan kata-kata apa yang akan digunakan audiens Anda. Ini juga membantu peringkat Anda, karena lebih banyak pengunjung dan rasio pentalan yang lebih rendah memberi tahu Google bahwa halaman Anda adalah hasil yang bagus untuk muncul di hasil pencarian mereka.

2. Buat Konten Anda Mudah Dibaca Dan Menarik

Jika Anda ingin pesan Anda tersampaikan dan memastikan orang membaca seluruh posting atau halaman blog Anda, buat konten Anda mudah dibaca. Apa artinya memikirkan tentang struktur teks Anda dan kata-kata yang Anda gunakan. 

Banyak teks tanpa judul atau paragraf cenderung mengintimidasi orang, jadi pastikan untuk menggunakan beberapa paragraf dan judul untuk memberi pembaca Anda suasana saat mereka membaca. Coba juga batasi penggunaan kata-kata sulit dan berhati-hatilah dengan panjang kalimat Anda. Keduanya dapat membuat konten Anda lebih sulit untuk dipahami, menyebabkan pembaca melambat saat membaca teks Anda.

Bersenang-senanglah saat menulis dan pastikan untuk menggunakan variasi teks agar menarik. Gunakan sinonim, tukar kalimat panjang dengan kalimat pendek, dan jadilah pribadi dalam tulisan Anda. Ini membantu Anda menulis konten berkualitas tinggi yang berbeda dari pesaing dan membantu pengguna mengenal Anda dan merek Anda. Ingin tahu lebih banyak? Pada artikel ini, kami menyelami kiat-kiat ini untuk menulis posting blog yang dapat dibaca.

3. Pikirkan Tentang Search Intent Dan Tujuan Penelitian Anda.

Mari kita mulai dengan menjelaskan apa arti maksud penelitian. Maksud penelitian adalah alasan mengapa seseorang akan melakukan pencarian tertentu. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan tujuan Anda saat melakukan pencarian online. Apakah Anda memiliki pertanyaan yang perlu dijawab? Atau apakah mereka ingin membeli sesuatu secara online? 

Maksud dari penelitian seseorang membuat perbedaan besar dalam cara mereka memandang kualitas konten Anda. Apakah sesuai dengan kebutuhan Anda saat itu? Kemudian mereka akan bertahan di halaman Anda lebih lama. Tetapi ketika mereka membutuhkan jawaban untuk sebuah pertanyaan dan halaman yang mereka tuju hanya mencoba untuk menjual produk mereka, mereka akan pergi sebelum Anda menyadarinya.

Penting untuk selalu mengingat maksud penelusuran Anda saat membuat konten untuk halaman tertentu. Itulah mengapa saya menyarankan Anda untuk menyesuaikan tujuan Anda dengan minat yang berbeda.

Apakah pengguna Anda memiliki niat transaksional, yang berarti mereka ingin membeli sesuatu? Pastikan pengguna ini segera membuka halaman yang benar. Jika seseorang menelusuri istilah "produk x", Anda tidak ingin mereka mendarat di salah satu entri blog Anda yang membahas topik yang terkait dengan produk Anda. Anda mungkin ingin mereka membuka halaman "produk x" khusus atau halaman kategori bila Anda memiliki beberapa variasi dari "produk x".

Tentu saja, pengalaman memberi tahu kita bahwa itu tidak selalu hitam dan putih. Namun dengan mengingat maksud penelusuran yang mungkin dimiliki pengguna Anda, ini membantu Anda menentukan fokus konten dan ajakan bertindak yang ingin Anda tambahkan ke halaman atau postingan tertentu itu. Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan mengadopsi pola pikir desain konten, yang membantu Anda menghasilkan konten yang berfokus pada pengguna berdasarkan kebutuhan nyata. Selain itu, untuk beberapa entri, saya sarankan melihat hasil pencarian untuk membuat konten berbasis maksud.

4. Dapat Dipercaya

Saat orang datang ke halaman Anda, membangun kepercayaan juga penting. Terutama ketika mereka bahkan belum mengetahui situs Anda, Anda perlu membuktikan kepada mereka bahwa itu dapat dipercaya. Tulisan berorientasi pengguna yang jelas membantu Anda meletakkan dasar, tetapi masih ada lagi yang dapat Anda lakukan. Cobalah untuk menjauh dari stok foto, karena gambar asli membangun lebih percaya diri dan memberikan ciri khas pada situs Anda. Ini juga berlaku untuk halaman Tentang Kami, di mana Anda harus mencoba menambahkan gambar ke komputer Anda.

Pertimbangkan juga untuk menambahkan ulasan ke Google, testimonial di halaman yang tepat, menyiapkan HTTPS, dan menambahkan tanda kepercayaan lainnya. Semua ini membantu pengguna dan Google memahami bahwa situs Anda adalah milik perusahaan atau orang sungguhan, memungkinkan mereka menjelajahi situs Anda dengan senang dan aman. Apakah Anda memiliki situs e-niaga? Oleh karena itu, saya sarankan Anda melihat 7 cara ini untuk meningkatkan penjualan melalui membangun kepercayaan.

5. Selalu Perbarui Konten Anda

Komponen kunci lain dari konten berkualitas adalah memastikan bahwa konten itu mutakhir dan relevan setiap saat. Ini berarti bahwa menerbitkan halaman atau postingan blog yang ditulis dengan baik bukanlah langkah terakhir dalam proses ini. Anda harus memperbarui konten Anda dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa orang dapat menemukan informasi yang tepat di sana. Ini penting bagi pengguna Anda, karena ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda mengetahui perkembangan terbaru dan Anda selalu dapat memberi mereka informasi yang akurat. Ini membangun kepercayaan dan akan membuat mereka kembali ke situs Anda. SEO juga penting, karena menulis ulang konten Anda menunjukkan kepada Google bahwa situs Anda "aktif" dan relevan. Inilah sebabnya mengapa menjaga konten Anda tetap mutakhir dan mutakhir adalah langkah penting dalam membuat konten berkualitas. Jadi, pastikan Anda punya waktu untuk mengupdate konten Anda secara rutin.

Bonus: Investasikan waktu dalam struktur situs

Lima langkah yang kami bahas sejauh ini membantu Anda menulis konten yang berfokus pada pengguna dan mudah dibaca. Sekarang saya ingin membahas langkah tambahan yang tidak ada hubungannya dengan menulis tetapi akan membantu pengguna dan mesin pencari menemukan konten berkualitas Anda. Langkah yang saya bicarakan adalah mengerjakan arsitektur situs Anda.

Arsitektur situs mengacu pada cara Anda mengatur konten di situs Anda dan ini adalah bagian penting dari strategi SEO yang kuat. Google membantu menentukan pentingnya halaman individu Anda dan halaman yang terkait satu sama lain. Jika Anda membangun situs dengan baik, mesin telusur akan dapat mengindeks URL Anda dengan lebih baik dan pengguna dapat menemukan jalannya dengan lebih mudah. Membantu mereka menemukan konten Anda yang bagus di hasil penelusuran, tetapi juga saat mereka sudah ada di situs Anda. Inilah sebabnya mengapa ada begitu banyak keuntungan dengan menghabiskan waktu membangun situs Anda. Baca selengkapnya tentang cara bekerja dengan struktur situs Anda dan pentingnya melakukannya.

Kesimpulan Dari Konten Bberkualitas

Meskipun konten yang terstruktur dengan baik dan dapat dibaca mungkin tidak langsung menjadikan Anda nomor satu di Google, itu pasti akan berdampak positif pada SEO Anda dalam jangka panjang. Jadi sebelum Anda mulai menerbitkan posting demi posting (atau halaman demi halaman), ada baiknya mempertimbangkan beberapa langkah.

Pastikan untuk menulis kepada pembaca Anda, buat konten Anda dapat dibaca, cocokkan tujuan penelitian dengan Anda, dapat dipercaya, terus perbarui konten Anda, dan kerjakan struktur situs Anda. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan konten menarik yang akan dihargai oleh pembaca Anda. Ini akan berdampak positif pada jumlah pengunjung, rasio pentalan, dan konversi. Jika Anda masih membutuhkan sedikit panduan saat menulis, maka Panduan Penulisan SEO kami dapat membantu Anda!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar