Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Panduan Lengkap SEO Pinterest Untuk Blog

Meskipun Pinterest sering dilihat sebagai platform masuk untuk menyematkan resep dan ide dekorasi rumah, Pinterest juga merupakan alat pemasaran digital yang hebat.

Daftar Isi

Pinterest dikunjungi oleh lebih dari 416 juta orang setiap bulan untuk menjelajahi dan memeringkat ide yang mereka sukai. Meskipun Anda mungkin mengira Pinterest milik keluarga media sosial, itu juga merupakan mesin pencari yang hebat.

Pinterest telah menjadi sumber utama pendapatan sosial bagi banyak bisnis, terutama e-commerce. Merupakan kesalahan jika tidak memanfaatkan platform ini untuk memperluas jaringan pengaruh Anda dan mengubah penggemar menjadi klien.

Pinterest baru-baru ini menyurvei pengguna PIN untuk melihat bagaimana mereka menggunakan situs tersebut untuk berbelanja. Hasilnya menunjukkan bahwa Pinterest memengaruhi apa yang dibeli orang, merek yang mereka pilih, dan berapa banyak yang mereka belanjakan. Statistik unggulan meliputi:

  1. 72% mengatakan Pinterest menginspirasi mereka untuk membeli saat mereka tidak mencari apa-apa.
  2. 70% menemukan produk baru di Pinterest.
  3. 90% mengatakan Pinterest membantu mereka memutuskan apa yang akan dibeli.
  4. 78% mengatakan ada baiknya melihat konten bermerek di Pinterest.
  5. 66% membeli sesuatu setelah melihat pin merek.
  6. 59% menggunakan Pinterest untuk menemukan lebih banyak informasi tentang pembelian mereka.

Dengan mempertimbangkan statistik ini, mari selami cara orang mencari di Pinterest, cara kerja algoritma pencarian Pinterest, dan cara memanfaatkan SEO Pinterest.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma Pencarian Pinterest?

Mari kembali ke dasar. Sebagai pengguna Pinterest, Anda dapat menyimpan atau "menyematkan" gambar apa pun yang Anda temukan online. Dengan membuat dasbor yang berbeda dan mengategorikan koleksi Anda, Anda dapat menggabungkan dan meningkatkan topik yang Anda minati. Sebagian besar gambar, ketika diposting, ditautkan ke situs asalnya.

Katakanlah Anda mencari resep pizza baru. Anda dapat dengan mudah mencari frasa ini di Pinterest dan meminta banyak gambar dan pilihan resep pizza. Setelah Anda memilih yang Anda inginkan, Anda dapat menyimpannya ke papan tulis Anda, membuatnya terlihat oleh pengikut Anda.

Bagaimana Pinterest mengetahui konten apa yang ditawarkan saat mencari sesuatu? Ada empat faktor utama yang memengaruhi hasil penelusuran:

  1. Kualitas domain
  2. Pin berkualitas
  3. Kualitas pinner
  4. Pentingnya topik

Apa masing-masing artinya? Kualitas domain mengacu pada apa yang dianggap Pinterest sebagai kualitas situs web Anda. Pinterest mengetahui berapa banyak elemen yang telah dipasang di situs Anda. Pastikan untuk sering mem-bookmark, mengaktifkan pin kaya di akun Anda, dan membuat konten berkualitas tinggi yang meningkatkan keterlibatan.

Pinterest menentukan kualitas Pin berdasarkan kesegaran, popularitas, dan jumlah keterlibatan yang mereka terima. Pinterest melacak semua contoh PIN Anda. Misalnya, jika ada pin di papan Anda dan orang lain membagikannya dengan Anda, Pinterest akan mengukur interaksi setiap pin tersebut. Tingkatkan kualitas pin Anda dengan membuat grafik yang menarik dan merangsang konten yang ingin dibagikan orang.

Pinterest menilai seberapa aktif Anda dan apakah konten Anda diterima dengan baik untuk menilai kualitas Anda secara keseluruhan sebagai pembuat konten dan pemecah masalah. Tingkatkan kualitas pin Anda dengan menjadi aktif, berbagi konten populer, dan meningkatkan hafalan serta interaksi dengan pengikut.

Relevansi topik mengacu pada kata kunci. Mirip dengan cara kerja Google, kata kunci memengaruhi apa yang muncul di pencarian Pinterest.

Pinterest Sebagai Mesin Pencari

Anda menggunakan mesin pencari Pinterest untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Pinterest memperkenalkan grafik Rasa pada tahun 2017 untuk meningkatkan penargetan. Mereka berkata:

Dengan memahami perubahan selera, preferensi, dan minat orang, Grafik Rasa Pinterest menghubungkan jutaan orang di Pinterest dengan ratusan miliar ide baru yang tepat untuk mereka. Inilah cara kami menemukan ide-ide sempurna untuk setiap Pengepin, dan membantu mereka menemukan ide-ide baru yang mereka sukai saat melalui berbagai tahap perencanaan hidup.

Pinterest telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengasah pemahamannya tentang perilaku pengguna dan menjadikannya sumber daya praktis untuk bisnis.

Beberapa perusahaan telah dapat memanfaatkan Pinterest untuk lalu lintas situs web mereka. Ben Silberman, salah satu pendiri dan CEO Pinterest, mengatakan hal berikut tentang cara kerja mesin pencari:

Kami sering membicarakan Pinterest sebagai mesin pengindeksan manusia. Google menciptakan pelacak ini yang akan mematikan algoritme luar biasa ini. Kami memberi orang alat yang memungkinkan mereka untuk mengatur dengan cara yang masuk akal bagi mereka, dan dalam melakukannya, mereka mengatur dengan cara yang masuk akal bagi orang lain.

Anda harus membuktikan kepada Pinterest bahwa pin Anda relevan dengan istilah yang dicari pengguna. Relevansi mengacu pada seberapa cocok bookmark Anda dengan minat audiens Anda, riwayat pencarian terbaru, dan berbagai pencarian.

Tim teknik Pinterest telah membagikan gambaran umum tentang cara mengekstrak dan memetakan kata kunci untuk stabilisasi gambar. Pinterest menetapkan kata kunci yang disebut anotasi yang panjangnya antara satu dan enam kata untuk pin. Mereka kemudian dengan andal menilai pin Anda untuk kata kunci ini berdasarkan kualitas informasi yang diperoleh (kata kunci berbasis teks berperingkat lebih tinggi) dan berapa kali kata kunci tersebut muncul.

Cara Meningkatkan Papan Pinterest Anda

Buat papan Pinterest dan sematkan serta cat ulang konten terkait secara strategis untuk membangun keberadaan yang kuat.

Bagaimana Pinterest mengetahui mobil mana yang harus dibandingkan? Dengan kata kunci. Anda harus memasukkan kata kunci dalam nama papan Anda, deskripsi papan, dan dalam deskripsi setiap gambar yang Anda klik. Pinterest ini memberi tahu bagaimana pin dan Konten Anda dikategorikan. Untuk meningkatkan konten Anda, mulailah dengan melakukan penelitian kata kunci. Cari Pinterest untuk istilah yang berhubungan dengan audiens dan industri Anda.

Saat Anda mengetik, Pinterest secara otomatis menyarankan berbagai istilah untuk membantu Anda mempersempit pencarian.

Tambahkan mereka ke deskripsi pin, judul papan, teks foto, dan profil. Anda juga harus menggabungkan hashtag terkait dengan frasa yang sesuai.

Pinterest Untuk E-Commerce

Pinterest menyederhanakan pengalaman belanja online Anda dengan memudahkan untuk menemukan produk. Jika tujuan Anda adalah menjual di Pinterest, buat akun bisnis Pinterest, yang dilengkapi dengan berbagai dukungan kustom, strategi kreatif, dan panduan kampanye.

Akun bisnis juga memberi Anda akses ke analitik dan iklan. Saat Anda menambahkan lebih banyak konten ke akun Anda, Anda akan dapat mengumpulkan data tentang tampilan dan pembagian.

Mengoptimalkan situs web Anda untuk pengguna Pinterest sangatlah penting. Pikirkan tentang orang-orang yang ingin memasang elemen situs Anda di panel mereka.

Mulailah dengan menambahkan tag Pinterest ke situs web pelacakan konversi Anda.

Juga, tambahkan tombol berbagi di halaman produk Anda. Ini mendorong pengunjung untuk mengikuti Anda di Pinterest dan membagikan produk Anda dengan jaringan mereka.

Mengklik tombol bagikan membawa pengunjung ke Pinterest. Di sana, mereka bisa memasang produk yang mereka sukai.

Ini dapat meningkatkan keterlibatan di situs web Anda dan membuat pelanggan tetap terlibat dengan merek Anda di seluruh lanskap digital. Selain itu, saat Anda memiliki tag Pinterest, Anda dapat memanfaatkan data untuk membuat kampanye iklan bertarget.

Panduan Pemasaran Utama untuk Pinterest menawarkan lebih banyak penjelasan dan studi kasus. Anda menyelami berbagai alat, pengaturan, kategori, dan elemen lain yang dapat membuat atau menghancurkan pendekatan SEO Pinterest Anda.

Format iklan Pinterest Yang Bisa Kamu Manfaatkan?

Pinterest menawarkan berbagai opsi tata letak iklan untuk setiap tujuan. Berikut beberapa hal yang perlu dijelajahi:

  1. Standar: potret atau gambar persegi
  2. Video
  3. Shopping- Pin yang dapat dibeli memungkinkan pengguna melakukan pembelian secara instan
  4. Carousel - Pengguna dapat memindahkan banyak foto dalam satu pin
  5. Koleksi: Gabungkan gambar gaya hidup dengan gambar produk dalam format iklan ini

Pilih jenis iklan yang paling sesuai dengan merek Anda. Misalnya, jika Anda memiliki produk yang lebih berorientasi visual, video atau carousel mungkin merupakan pilihan terbaik. Jika perusahaan Anda menawarkan layanan atau pengalaman, grup mungkin paling cocok.

Pengguna Pinterest Jess Bahr telah menyusun Papan Pinterest dengan contoh iklan Pinterest. Dewan tersebut mencakup banyak perusahaan dan jenis iklan.

Kisah sukses Pinterest adalah BlendJet, yang telah mencapai penjualan dua kali lipat. Perusahaan beralih ke Pinterest untuk kampanye yang sangat visual yang menyoroti portabilitas, keserbagunaan, dan desain blender, dan sebagai hasilnya, penjualannya meningkat dua kali lipat.

Iklan video adalah demo produk, yang menunjukkan cara kerja mixer. Sementara itu, iklan standar menampilkan skenario penggunaan BlendJet One, dari mobil ke jalan raya. Kampanye perusahaan sekarang menawarkan laba atas investasi (ROI) 8 kali lipat.

Kesimpulan

Meskipun Pinterest SEO mungkin tampak mengintimidasi pada awalnya, mudah dinavigasi setelah macet. Jika Anda mencari cara yang terbukti untuk meningkatkan kesadaran merek dan lalu lintas situs web, Pinterest layak untuk dijelajahi.

Ingat, lebih dari 400 juta orang mengunjungi Pinterest setiap bulan, dan 90% dari pengguna tersebut membuat keputusan pembelian di platform.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar