Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Agar Foto Whatsapp Tersimpan Otomatis Di Galeri Smartphone

Bagaimana cara agar foto whatsapp tersimpan otomatis di galeri smartphone atau hp? Ikuti ini Cara Menyimpan Gambar WhatsApp Secara Otomatis ke Galeri Android dan iPhone (iOS). Cara ini juga bisa menjadi solusi jika gambar WhatsApp tidak muncul di galeri ponsel Anda.

Dengan WhatsApp kita bisa saling mengirim pesan. Selain pesan, kita juga bisa mengirim media seperti gambar, foto, pesan suara, lagu dan video. Saat mengobrol dengan teman atau keluarga terkadang seseorang mengirimkan foto kita. Terkadang seseorang dari grup WA akan mengirim foto yang bagus. Agar gambar dan gambar tidak hilang, tentunya wajar jika kita ingin menyimpannya di galeri handphone kita.

Nah, WhatsApp memberi kita kebebasan tentang cara menyimpan gambar secara otomatis atau manual. Fitur ini disediakan oleh WhatsApp, kita tinggal melakukan pengaturan.

Jika Anda memilih untuk menyimpan gambar WA secara otomatis, semua foto yang dikirimkan kepada Anda akan diunduh. Ini berlaku untuk obrolan pribadi dan obrolan grup WhatsApp. Keunggulan dari cara otomatis ini adalah Anda tidak perlu repot memilih gambar satu persatu untuk mendownload atau menyimpannya. Namun, kekurangannya adalah konsumsi ransum lebih boros.

Lain halnya jika Anda menyimpan gambar WhatsApp secara manual. Meskipun ini bermasalah karena Anda harus memilih gambar mana yang akan disimpan, Anda dapat menghemat lebih banyak biaya internet.

Daftar Isi Contents

Cara Agar Foto Whatsapp Tersimpan Otomatis Di Galeri Smartphone

Jadi bagaimana foto WA disimpan di galeri ponsel secara otomatis? Peninjauan ini akan kami lakukan secara bertahap. Yang pertama adalah cara menampilkan gambar WhatsApp di galeri. Setelah melakukan konfigurasi WA, berikut ini cara menyimpan gambar WhatsApp ke Galeri, baik secara otomatis maupun manual.

Cara Menampilkan Gambar dan Foto Whatsapp di Galeri Adnroid dan iPhone

Setiap kali seseorang di WhatsApp mengirim dan mengunduh gambar, gambar tersebut ditempatkan di folder media di folder WhatsApp. Ini juga berlaku saat mengunduh lagu dan video. Standarnya adalah folder ini tidak muncul di galeri ponsel kami.

Untuk menampilkan sebuah gambar atau foto pada aplikasi whatsapp ada beberapa pengaturan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Silahkan ikuti langkah dibawah ini.

1. Buka aplikasi Whatsapp. Kemudian pilih tiga titik pada pojok atas

2. Pilih Setelan.

3. Pilih Chat.

4. Kemudian aktifkan "Tampilkan Media".

5. Selesai

Fungsi dari menu "Tampilkan Media" atau "Visibilitasi Media" ini yaitu untuk menampilkan foto atau gambar yang telah di download dari WA di galeri smartphone. Apabila anda tidak ingin menampilkan foto Whatsapp di galeri HP tinggal menonaktifkannya kembali.

Cara Menyimpan Foto Whatsapp Ke Galeri Smartphone Secara Otomatis

Bagi yang sering memakai aplikasi WA, mungkin menyimpan foto atau video secara otomatis ke galeri HP itu mudah. Tetapi, masih banyak juga yang kebingungan bagaimana cara menyimpan file, foto dan video dari whatsapp ke galeri Smartphone secara otomatis.

Apalagi kalau file, foto, gambar dan video itu sangat penting bagi anda. Mungkin harus scroll WA lama kembali untuk mengunduh file penting tersebut.

Agar foto whatsapp kamu tersimpan otomatis di galeri smartphone, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

1. Buka aplikasi Whatsapp. Kemudian pilih tiga titik pada pojok atas

2. Pilih Setelan.

3. Pilih Penyimpanan dan Data.

4. Kemudian ada 2 pilihan, silahkan pilih salah satu atau edit keduanya. Pilihannya yaitu saat menggunakan Data Seluler atau Saat terhubung ke Wi-Fi.

5. Silahkan centang semua kotak, apabila anda ingin menyimpan foto atau file lainnya secara otomatis ke galeri smartphone anda.

6. Selesai

Silahkan anda sesuaikan file jenis apa yang ingin anda simpan secara otomatis ke dalam galeri smartphone anda. Kalau di centang semua, maka file berupa foto, audio, video dan dokumen akan secara otomatis terdownload ke dalam galeri HP anda.

Hal yang perlu diperhatikan ketika kamu mencentang semuanya, maka nantinya akan membuat memori penyimpanan smartphone kamu menjadi cepat penuh, dan penggunaan kuota internet kamu akan cepat terkuras.

Foto yang terdownload akan secara otomatis pula di kompress oleh Whatsapp, sehingga ukuran gambarnya pun menjadi kecil. Maka sebaiknya pakai cara mengirim gambar whatsapp tanpa mengurangi kualitasnya.

Cara Menyimpan Foto Ke Galeri Smatphone dan Iphone Secara Manual

Ada sebagian orang yang merasa pusing karena, foto dan video tersimpan secara otomatis ke galeri HP dan iPhone anda. Mungkin beberapa alasan dibawah ini, sangat cocok untuk anda yang ingin menyimpan foto ke galeri smartphone secara manual.

  • Bergabung kebanyak grup whatsapp.
  • Chat Wa tidak begitu penting, hanya seruan-seruan saja.
  • Sering dipakai oleh orang lain, termasuk anak.
  • Memori smartphone cepat penuh
  • Kuota internet cepat habis.

Itulah mungkin beberapa alasan umum yang sering dijumpai ketika, file berupa foto dan video tersimpan secara otomatis ke galeri HP.

Nah, bagi kalian yang ingin menyimpan foto ke galeri smartphone secara manual, silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  • Pilih “Penyimpanan dan Data”.
  • Pilih “Saat menggunakan data seluler”.
  • Hapus tanda centang pada semua jenis file yang ada.
  • Pilih “OKE”.
  • Kembali ke menu “Penyimpanan dan Data”.
  • Pilih “Saat tersambung ke Wi-Fi”.
  • Hapus tanda centang pada semua jenis file yang ada.
  • Pilih “OKE”.
  • Selesai.

Langkahnya sebenarnya sama dengan cara otomatis menyimpan gambar ke dalam galeri HP kalian. Kuncinya terletak pada bagian "Penyimpanan dan Data". Untuk beralih secara manual, tinggal hilangkan saja semua kotak pada "Penyimpanan dan Data" baik itu di saat menggunakan Data Seluler maupun saat tersambung ke Wi-Fi.

Itulah panduan cara agar foto whatsapp tersimpan otomatis di galeri smartphone. Silahkan pilih yang menurut anda sesuai, apakah mau otomatis atau secara manual. Karena Whatsapp memberikan kebebasan terhadap kamu. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar