Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Memindahkan Akun Whatsapp Ke HP Lain Dengan Mudah

Cara Memindahkan Akun Whatsapp Ke HP Lain Dengan Mudah - Bagi yang mengandalkan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari, memindahkan akun WhatsApp menjadi salah satu hal yang harus dilakukan saat menggunakan HP Android baru.

Meski mudah dilakukan, namun sayangnya ada sebagian orang yang merasa kebingungan saat melakukannya. Terutama mengenai cara mengembalikan daftar obrolan, yang biasanya sangat penting.

Untuk memindahkan akun whatsapp ke HP lain, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar harus aktif dan dapat diakses oleh pengguna.

Whatsapp merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim pesan, selain telepon (Panggilan Suara dan Panggilan Wajah) yang dapat digunakan dengan koneksi internet. Saat ini terdapat 1,6 miliar pengguna WhatsApp yang tersebar di seluruh dunia. Yang bisa digunakan di ponsel atau komputer.

Alasan Memindahkan Akun Whatsapp Ke HP Lain

Saat ini perkembangan produksi telepon seluler sangat pesat, hanya dalam waktu satu minggu akan selalu ada jenis atau tipe telepon seluler yang akan dikeluarkan dari perusahaan telepon. Dengan semakin banyaknya fungsi-fungsi yang ada pada ponsel baru dan semakin meningkatnya kebutuhan akan fungsi-fungsi ponsel, tentunya para pengguna ponsel tidak akan ragu lagi untuk mengganti ponselnya dengan ponsel jenis terbaru.

Namun, saat berganti ponsel, belum tentu orang tersebut juga ingin mengganti akun media sosialnya dengan alasan akun tersebut terhubung dengan data atau orang penting.

Salah satunya adalah WhatsApp. Banyak orang tetap menggunakan akun lama mereka meskipun ponsel mereka baru karena berbagai alasan. Berikut adalah metode dan ketentuan untuk dapat menggunakan akun WhatsApp lama Anda dengan telepon baru seperti yang disebutkan di situs web WhatsApp. Jika Anda ingin menggunakan akun WhatsApp lama Anda di telepon baru dan nomor telepon baru, Anda dapat menggunakan fitur ubah nomor.

Cara Memindahkan Akun Whatsapp Ke HP

Sebelum memindahkan akun whatsapp kamu, ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Simak baik-baik cara transfer whatsapp lama kamu ke HP yang baru atau HP android lainnya.

Persyaratan Tranfer WA Ke HP Lain

Ada dua persyaratan dasar yang harus dipenuhi agar berhasil menggunakan fitur Ubah Nomor: 

  1. Anda harus dapat menerima SMS dan / atau panggilan di nomor telepon baru Anda dan nomor baru harus online.
  2. Anda masih dapat mengakses akun WhatsApp lama Anda. Di ponsel lama, verifikasi bahwa nomor ponsel lama Anda masih terkait dengan akun Anda dengan membuka WhatsApp > tombol menu > Pengaturan dan mengklik gambar profil Anda.

Mengubah nomor telepon Anda 

Mulailah proses menggunakan fitur "ubah nomor" di telepon lama Anda, lalu selesaikan dengan menginstal ulang WhatsApp di telepon baru Anda. 

Di HP Lama:

1. Buka WhatsApp.

2. Kunjungi tombol menu> Setelan> Akun> Ubah nomor.

3. Masukkan nomor telepon lama (saat ini ditautkan ke akun WhatsApp Anda) di WhatsApp di kotak nomor telepon lama.

4. Masukkan nomor telepon yang ingin Anda gunakan di kemudian hari ke dalam kotak Nomor Telepon Baru.

5. Verifikasi nomor telepon baru dengan memasukkan kode verifikasi yang akan Anda terima di telepon baru.

6. Jika Anda juga ingin mentransfer riwayat obrolan Anda, buat cadangan dengan masuk ke WhatsApp> tombol menu> pengaturan> obrolan> cadangan obrolan> cadangan (kami sarankan untuk mengaktifkan cadangan di Google Drive).

Di HP Lain/Baru:

 1. Jika Anda belum mencadangkan riwayat obrolan ke Google Drive, transfer riwayat obrolan secara manual.

2. Pasang WhatsApp.

3. Periksa lagi nomor telepon baru Anda.

4. Pulihkan cadangan.

Setelah mengubah nomor Anda, minta kontak Anda untuk menyimpan nomor telepon baru Anda di buku alamat telepon mereka untuk pengalaman perpesanan yang mulus.

Gunakan fitur Ubah Nomor: 

Informasi akun Anda (termasuk informasi profil Anda), grup, dan pengaturan akan ditransfer dari nomor telepon lama Anda ke nomor telepon baru Anda.

Hapus akun yang terkait dengan nomor telepon lama Anda. 

Saat ini, WhatsApp dapat diunduh dan digunakan melalui Android, Iphone, Mac atau Windows PC dan Windows Phone.

Cara Membuat Cadangan Sebelum Memindahkan WhatsApp Ke HP Lain Atau Android baru

WhatsApp secara otomatis mencadangkan data Anda secara lokal setiap hari pada pukul 02:00. File backup bisa diakses melalui file manager dengan membuka penyimpanan internal, kemudian masuk ke folder WhatsApp, lalu masuk ke database lagi.

Nanti Anda akan melihat beberapa file bernama msgstore-YYYYYYYYYD-DD.1.db.crypt12, di mana YYYY menunjukkan tahun, BB berarti bulan, dan DD berarti tanggal. Pilih satu dan transfer ke memori eksternal (atau penyimpanan lain).

Jika file cadangan terbaru diperlukan, cukup buat cadangan file msgstore.db.crypt12, yang merupakan file cadangan lokal yang baru saja dibuat WhatsApp hari itu.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan backup data ke Google Drive. Sebagai informasi tambahan, backup WhatsApp ke Google Drive tidak akan memakan ruang penyimpanan yang kita miliki di Google Drive.

Sayangnya, proses backup ke Google Drive harus diatur secara manual terlebih dahulu. Pengguna perlu membuka menu lain (ikon tiga titik) di sudut kanan atas, masuk ke pengaturan> obrolan> cadangan obrolan.

Kemudian pengguna akan diminta untuk mengatur jadwal pencadangan, akun Google Drive, jaringan yang akan digunakan, dan opsi untuk memasukkan video dalam proses pencadangan atau tidak jika Anda menekan tombol cadangan untuk memulai proses pencadangan.

Cara Mentransfer WhatsApp Ke HP Android Baru

1. Unduh dan instal WhatsApp di perangkat baru

2. Masukkan verifikasi nomor telepon dengan memasukkan nomor telepon dan isi kode OTP yang dikirim melalui SMS

3. Jika mendeteksi file backup di Google Drive, WhatsApp akan meminta kita untuk mengembalikannya dengan menekan tombol Restore.

Namun, jika metode di atas tidak dapat memulihkan data obrolan, pengguna dapat menggunakan file cadangan lokal yang berhasil disalin sebelumnya. Untuk melakukan ini, ubah nama file dari file yang dikembalikan ke msgstore.db.crypt12.

Hapus aplikasi WhatsApp dan instal ulang. Namun sebelum membuka aplikasinya, pindahkan file msgstore.db.crypt12 ke folder WhatsApp lalu ke database yang ada di memori internal.

Setelah itu, buka aplikasi dan verifikasi nomor telepon seperti yang ditunjukkan di atas. Kemudian jika muncul permintaan untuk melakukan refund, tap saja tombol Restore.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar