Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Alasan Unit Iklan Link Google Adsense Akan Dihentikan, Segera Lakukan Ini!


Hampir semua penayangan Adsense atau Publisher Google Adsense mendapatkan pemberitahuan kalau unit iklan link Google Adsense akan segera dihentikan. Lalu apa yang harus dilakukan?

Daftar Isi

Mungkin kedepan, google secara perlahan akan menghilangkan iklan penulusan bersponsor. Karena dianggap masih kalah jauh dengan unit iklan responsif dan yang lainnya.

Sebagai gantinya Google akan membuat unit iklan baru, yang bisa membuat penayang iklan atau publisher adsense bisa memaksimalkan pendapatnnya.

Alasan Google Adsense Menghentikan Unit Iklan Link

Pengumuman penghentian unit iklan link, hampir rata-rata diumumkan pada tanggal 10 Desember 2020, kepada para publishernya.

Menurut Google, berikut beberapa alasan penghentian unit iklan link adsense:

  • Format iklan yang lebih modern
  • Penyempurnaan format iklan
  • Pembuatan format iklan baru
  • Iklan display responsif lebih memiliki performa yang lebih baik.

Untuk pengumumannya, bisa dilihat disini.

Masih Pasang Unit Iklan Link Adsense, Sebaiknya Lakukan Hal Ini!

Unit iklan bersponsor Google Adsense benar-benar akan dihentikan pada tanggal 10 Maret 2021. Setelah tanggal itu, unit iklan link Adsense akan benar-benar dihapus olah Google.

Google pun akan mengambil tindakan pada tanggal 10 Maret 2021 Nanti, berikut poin-poin pentingnya:

  1. Publisher adsense tidak dapat lagi membuat unit iklan link
  2. Iklan Display Responsif akan mulai menggantikan unit iklan link responsif
  3. Unit iklan link akan berubah menjadi unit iklan display akan ditambah nama unit iklan link sebelumnya
  4. Iklan link berukuran tetap akan segera dihentikan.
  5. Kemungkinan iklan link yang masih ada, akan ditampilkan dengan iklan kosong.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh publisher adsense?

Apabila anda memasang unit iklan link responsif, mungkin ini tidak akan berdampak besar bagi anda sebagai penayang adsense (publisher). Karena Google Adsense akan secara otomatis mengganti unik iklan link responsif ke iklan Display.

Akan tetapi, jika anda menggunakan unit iklan link berukuran tetap (Custom), sebaiknya segera hapus unit iklan link berukuran tetap dengan unit iklan yang tersedia di google adsense. Seperti Iklan Auto Ads, Iklan Display, Iklan Native dan Iklan Matched Content (Konten yang sesuai).

Menurut saya, apabila anda memasang unit iklan link google adsense di situs anda, sebaiknya dihapus saja. Kemudian ganti unit iklan link tersebut dengan unit iklan yang lainnya.

Akan tetapi, tetap harus diperhatikan, pengalaman pengguna atau pengunjung situs anda. Karena penempatan iklan Google Adsense juga tidak terlalu baik.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar