Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Apakah Artikel Praktis Masih Diperlukan Dalam Blogging dan Pencarian Google

Artikel praktis adalah artikel yang dipublikasikan oleh seorang blogger yang berisi petunjuk praktis cara melakukan sesuatu. Artikel praktis secara definitif disebut juga dengan artikel how to.

Topik yang sering diangkat menjadi bahan penulisan artikel praktis dalam blogging antara lain: cara membuat aplikasi website melalui Nokia AppWizard, tips membeli rumah idaman, cara memilih ban mobil terbaik untuk kendaraan keluarga, panduan membeli software akuntansi untuk usaha kecil dan menengah, dan beragam topik blogging lainnya.

Artikel praktis menekankan kepada aspek ketelitian dan kemudahan dalam praktek. Semakin mudah diterapkan, semakin bagus respons pembaca. Pada umumnya, artikel praktis ditulis sekali habis dan tidak dibuat berseri.

Ada perkecualian, untuk artikel praktis yang ditulis bersambung biasanya membahas topik yang rumit dan membutuhkan beberapa tahap untuk mencapai tujuan akhir. Dalam hal ini artikel how to harus ditulis sesuai dengan urutan langkah atau kronologisnya agar sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Bahasa yang dipakai dalam penulisan artikel how to sebisa mungkin mudah dipahami oleh pembaca yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan.

Lantas, apakah artikel praktis masih kita perlukan dalam dunia blogging? Jika mendengar kata praktis maka bayangan kita seolah mengarah kepada sesuatu yang sederhana dan remeh.

Padahal tidak selalu demikian. Artikel praktis memang ditulis oleh blogger, penulis lepas, penulis konten, ghost writer dan profesi freelancer writer lainnya untuk tujuan berbagi informasi dan mudah diterapkan.

Meski demikian, kesederhanaan dalam penerapan bukanlah yang utama. Faktor pendukung mengapa masih banyak blogger yang menulis artikel how to adalah karena manfaatnya. Makin besar manfaat yang ditawarkan, makin banyak yang mencari info tersebut.

Pertimbangan Optimasi Web Bagi Penulis Konten

Dunia blogging terus berkembang yang diikuti dengan perkembangan jumlah blogger yang aktif dalam pergaulan di internet.

Ini artinya setiap hari muncul blogger pemula yang mencari panduan dasar dalam ngeblog. Disinilah posisi artikel praktis memainkan peranannya dalam membantu blogger pemula mendapatkan informasi terkini terkait topik yang sedang dicari.

Pengetahuan blogger pemula yang banyak dicari misalnya panduan memilih nama domain blog, testimoni memakai layanan hosting berbayar, keuntungan memiliki blog berbayar, cara install WordPress pada Cpanel dan lain-lain.

Pertimbangan lain mengapa seorang blogger menulis artikel praktis adalah faktor optimasi web. Update Google Panda menyatakan bahwa Google lebih menyukai artikel yang fresh atau baru terbit.

Hal ini mengisyaratkan Google menyukai artikel terkini yang mengikuti perkembangan jaman. Bagaimana jika topik tersebut sudah pernah dibahas? Tidak masalah.

Mungkin pada arsip terdahulu sudah ada artikel dengan pembahasan serupa, namun jika dibahas ulang dengan penambahan teknologi terkini maka artikel tersebut memiliki nilai lebih di mata mesin pencari.

Jadi kesimpulannya, artikel praktis atau artikel how to masih layak ditulis oleh seorang narablog dalam blog pribadi.

Beberapa pertimbangan di atas bisa Anda pakai agar tidak ragu dalam mempublikasikan artikel blog tentang panduan praktis mengerjakan sesuatu. Semoga tips menulis praktis ini bisa bermanfaat untuk blogger dan penulis konten yang ada di seluruh Indonesia. Ayo semangat ngeblog!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar