Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Apakah Judul Artikel Perlu Dilakukan Revisi?

Judul artikel biasanya muncul begitu saja saat ide menulis datang dalam pikiran kita. Jangan dibiarkan lewat begitu saja, ayo kita tangkap ilham menulis tersebut.

Baca dan periksa kembali judul artikel yang sebelumnya sudah kita beri status sementara. Pikirkan dan putuskan apakah judul sementara tersebut akan kita ubah menjadi judul permanen?

Ataukah harus diutak-atik kembali, diubah dan diganti, sehingga menjadi lebih baik dan memiliki daya tarik di mata pengunjung internet?

Untuk itulah, Anda membutuhkan tips menulis yang tepat tentang panduan memilih judul artikel.

Mengenai cara memilih judul blog, silakan lihat kembali panduan cara memilih judul artikel yang menarik.

Apakah Anda akan memilih judul kontroversial untuk menarik perhatian pengunjung? Atau justru memilih aman dengan judul yang moderat dan kemungkinan tidak menghasilkan penilaian pro dan kontra di kalangan pembaca?

Dalam hal ini perlu dihindari menulis judul artikel yang terlalu panjang, terlalu akademis dan menyulitkan pembaca memahami maksudnya. Semakin sederhana kata-kata, makin besar kemungkinan dipahami.

Bagaimana jika artikel yang Anda tulis tersebut sudah terlanjur dipublikasikan di internet dan sudah dibaca oleh ribuan orang? Apakah artikel tersebut perlu dilakukan revisi dan editting lagi supaya lebih baik? Tergantung tujuan penulisan Anda.

Untuk artikel pribadi yang tidak memiliki tendensi apapun, biasanya dilakukan oleh blogger murni, sebaiknya dibiarkan saja. Pembaca akan memberikan respons terhadap isi artikel yang Anda tulis melalui ruang komentar. Anda bisa memberikan respons balik dengan menjawab atau menyanggah pernyataan tersebut.

Selain itu, dalam dunia blogging kita juga mengenal adanya kontes menulis, kontes SEO, kontes semi SEO maupun berbagai lomba ngeblog lainnya.

Dalam hal ini panitia memutuskan penilaian dilakukan menurut penggabungan nilai hasil pencarian mesin pencari (search engine result page) dan nilai konten yang diperlombakan.

Untuk tujuan SEO, jangan ragu melakukan revisi judul artikel bila dipikir judul saat ini kurang mendukung optimasi web. Judul yang bagus pada umumnya sesuai dengan keyword yang diperlombakan.

Semoga artikel tips menulis kali ini berguna untuk para blogger dan penulis lepas di Indonesia. Mari jadikan blogging sebagai media yang tepat untuk berbagi ide. Ayo ngeblog sekarang juga!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar