Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Apa itu Blogwalking dan Manfaatnya Bagi SEO Blog?

Blogwalking Bagi SEO Blog - Saya anggap saat mengunjungi artikel ini, Anda adalah blogger setidaknya publisher website, atau pengelola sekelas editor dan yang sedang mendalami tentang Apa itu SEO.

Banyak yang bertanya "seperti apa sih cara SEO yang seharusnya", bagaimana cara agar website atau blog yang Kita kelola bisa berada dihalaman pertama dan mendapatkan saluran trafik terlebih lagi murni.

Daftar Isi

Mungkin Anda sekalian akan sempat dengar cara SEO yang lawas ini,

  1. Rutin update artikel sehari sampai lemas
  2. Bagikan postingan ke jejaring sosial
  3. Blogwalking sesama blogger

Jika diterapkan hingga kini, memang benar cara diatas masih berpengaruh bagi SEO blog, akan tetapi tidak semua yang mengartikannya 3 poin tersebut secara mendalam.

Apa yang dimaksud update artikel rutin dalam ketentuan SEO, apakah Kita gak perlu tahu standar penulisan dan rutin update aja, ataukah nulis menggunakan bahasa suka-suka.

Lalu ketentuan sharing artikel ke jejaring sosial tuh yang kaya gimana, apakah harus sebar link kemana-mana atau perlu di sempurnakan lagi cara posting artikel yang benar di jejaring sosial media.

Setelah Anda mengetahui maksud Saya di atas, coba cari tahu apa yang kurang dengan cara SEO Anda?

Bagaimana dengan Blogwalking? Apakah Blogwalking Masih Bermanfaat Bagi SEO? Apa Pengaruhnya Blogwalking Bagi Peringkat Situs?

Simak ini...Pertama kali kenali lagi sejenak...

Apa itu blogwalking ?

Blogwalking adalah kegiatan seseorang atau pengelola sebuah halaman website/blog dengan harapan untuk mendapatkan feedback (kunjungan balik) dari situs lain, ia melakukan kegiatan seperti membuka halaman blog orang lain, berkomentar, dan jika perlu memberikan voting terhadap konten yang disediakan situs lain. Blogwalking hubungannya dengan audien merespon sebuah halaman situs yang setidaknya memiliki sistem ugc (user generated content) dengan sebuah kritik atau saran, tanggapan, dan lainnya.

Setelah Kita ketahui artinya, blogwalking itu indetik kaitannya dengan saling merespon dan lebih ditunjukan kepada publisher website, namun bukan berarti respon pembaca tidak dapat dikatakan sebagai blogwalking.

Tahukah Anda, pendiri blogger.com adalah orang yang mendirikan situs jejaring sosial bernama twitter.com ?

Kenapa jejaring twitter dan segala aktifitas yang ada kaitannya dengan twitter disebut cuitan, dan kenapa logo dari twitter adalah seekor burung ? Tentu saja ! karena seekor burung itu bisa melakukan sebuah cuitan.

Jika Anda bisa menggambarkan lagi secara eksplisit, maka tentunya kenapa pendiri twitter ini memiliki maksud tertentu dengan produk-produk yang dibuatnya.

Mungkin akan Saya asumsikan, seekor burung hinggap dijendela dengan beberapa alasan, ada makanan, ada yang membuatnya tertarik, dan mungkin beristirahat.

Sama halnya dengan sebuah blog, bukan bermaksud kasar. Pembaca atau pengunjung pastinya membutuhkan konten dan setiap kata yang mereka baca tentunya tidak akan seperti koran lewat saja, melainkan akan diolah terlebih dahulu seperti membuat makanan atau mencernannya.

Seperti halnya pembaca, berkunjung juga bisa saja karena ketertarikan dengan penyajian tulisan yang ada di sebuah halaman blog.

Apa sampai sini paham ?

Oke sekedar basa-basi non-pasif ya... mari Kita lanjutkan ke topik utama yaitu blogwalking, sedikit gambaran diatas juga akan menjadi pengatar dari artikel ini.

Apa Manfaat Blogwalking Bagi SEO Blog

Sebuah konten tanpa adanya respon hanyalah sekedar tulisan tanpa peminat, bahkan website besar masih sempatnya menyediakan sistem komentar agar pembaca dapat memberikan masukan disetiap konten yang mereka sajikan.

Jika telah memahami seperti apa bentuk blogwalking, maka manfaatnya bagi SEO adalah untuk meningkatkan visibilitas dan ranking sebuah halaman blog di mata mesin penelusuran.

Pasalnya, semakin sebuah halaman blog mendapatkan banyak ulasan sebut saja ciutan maka akan semakin besar pula popularitas dari halaman tersebut di hasil penelusuran. Walau entah ulasan tersebut bersifat negatif ataupun positif tetap saja, konten yang memiliki banyak respon akan ditampilkan lebih dahulu oleh mesin penelusuran karena dianggap konten yang paling bermanfaat.

Jadi blogwalking masih sangat berpengaruh bagi seo blog, dengan ketentuan.. walau respon pastinya memiliki dua sisi yaitu negatif dan positif tetap saja ulasan tersebut relevan dengan topiknya atau konten yang dipijak oleh pembaca.

Sampai sini mungkin Anda akan mengerti apa manfaat blogwalking terutama bagi seo blog... setelah sampai disini Saya akan menjawab selanjutnya,

Apakah blogwalking masih berpengaruh bagi seo blog ?

Blogwalking masih berpengaruh untuk seo blog, blogwalking terdiri dari SEO On-page dan SEO Off-page yang artinya memiliki dua sistem untuk SEO blog. Hal ini menjadi pendukung bahwa pentingnya blogwalking bagi SEO blog, tidak terkecuali sebuah konten atau artikel membutuhkan pembaca dan juga respon karena belum tentu apa yang disajikan itu sesuai dengan keinginan pembaca, maka dari itulah perlunya ulasan agar sebuah konten dari halaman website itu dapat diperbaharui sesuai dengan kritik dan saran pembaca ataupun sesama blogger.

Manfaat blogwalking juga berpengaruh bagi perkembangan konten sebuah situs, alasannya tujuan dari blogwalking juga tidak hanya semata-mata untuk memberi tahu mesin penelusuran bahwa konten ini lah yang paling banyak mendapatkan respon. Jika cara blogwalkingnya benar mungkin Anda atau Mereka pembaca atau komunitasmu pasti akan memberikan kritik dan sara agar sebuah halaman website dapat berkembang.

Setelah membaca artikel diatas, mungkin Anda akan lebih memahami apa itu blogwalking dan apa manfaatnya bagi SEO blog. Itu saja yang dapat Saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar