Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Mengatasi Masalah Pajak Google Adsense [Lengkap]

Hari ini tanggal 10 Maret 2021 saya mendapatkan mendapatkan pemberitahuan tentang pajak di dashboard Google Adsense. Mungkin hampir semua penayang atau publisher adsense mendapatkan pemberitahuan tersebut.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah pajak Google Adsense? Apakah semua harus menginformasikan terkait pajak tersebut? Simak ulasannya dibawah.

Oh iya, bagi kalian yang kesulitan di approve sama Google Adsense, silahkan simak Cara Daftar dan Add Site Google Adsense Dari Blogspot.

Daftar Isi

Apakah Harus Membayar Pajak Penghasilan Dari Google Adsense?

Google sendiri telah melakukan kontrak dengan Pemerintah Indonesia melalui Google Asia Pacific Pte. Ltd. 

Maka otomatis bagi para publisher adsense yang berasal dari Indonesia diharuskan untuk membayar pajak. 

Pajak dari penghasilan adsense itu sendiri akan otomatis dipotong dari pembayaran google adsense sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kirimkan Informasi Pajak Anda Ke Google

Karena Google sudah bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia, maka Google wajib mengumpulkan informasi terkait pajak bagi para publishernya.

Semua itu bisa anda lakukan melalui Dashboard Adsense anda. Simak caranya dibawah ini.

Cara Mengatasi Masalah Pajak Google Adsense

1. Silahkan login dan masuk ke dashboard adsense anda.

2. Selanjutnya pilih Kelola Info Pajak dan Tambahkan Info Pajak.


3.  Pada bagian Info Pajak Amerika Serikat, silahkan pilih Perorangan atau Non-Individu apabila anda merupakan sebuah perusahaan. Setelah itu pilih Berikutnya.


4. Pada bagian pertanyaan, apakah anda penduduk atau warga negara Amerika Serikat? Silahkan pilih Ya atau Tidak, selanjutnya pilih lagi Berikutnya.


5. Selanjutnya, apabila anda bukan warga Amerika Serikat dan merupakan perorangan, silahkan pilih W-8BEN pada jenis formulir pajak W-8. Atau pilih W-8ECI apabila kalian merupakan perusahaan.


6. Selanjutnya pada bagian identitas pajak, silahkan isikan Nama Anda, Nama DBA biarkan saja. Pada bagian negara pilih Indonesia. Untuk nomor TIN dll, kosongkan saja.


7. Pada bagian Alamat, silahkan masukan Alamat yang seusai dengan tempat tinggal anda.


8. Silahkan centang alamat surat sesuai dengan alamat tempat tinggal anda, selanjutnya pilih berikutnya.


9. Apabila anda memiliki perjanjian Pajak dengan negara Amerika Serikat silahkan pilih Ya. Apabila tidak, pilih Tidak. Setelah itu pilih Berikutnya.


10. Pada bagian Pratinjau, Silahkan centang pada kotak persetujuan. Untuk mendownload dokumen informasi pajak anda silahkan pilih Formulir W-8BEN: Default.


11. Pada bagian Sertifikasi, Silahkan masukan Nama Lengkap Anda sebagai tanda tangan pada formulir pajak tadi.


12. Untuk Selanjutnya silahkan pilih yang sudah saya beri tanda panah merah pada gambar dibawah ini.


13. Apabila sudah terisi dengan benar, maka Formulir Pajak Google Adsense pun sudah selesai dan langsung disetujui oleh Pihak Google.


Itulah cara mengatasi dan mengisi formulir Pajak Google Adsense, yang belum menginformasikan pajak anda kepada Google, silahkan isi secepatnya ya.

Selain itu ada beberapa kendala lain, yang sering dijumpai pada Google Adsense seperti masalah ads.txt. Silahkan ikuti panduan Cara Membuat File Ads.txt di Wordpresss atau Cara Memasang Ads.txt Di Blogger.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar