Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Ide Bisnis Bagi Pemula: Berjualan Jus

Bila saat ini Anda sedang mencari ide bisnis bagi pemula yang hanya membutuhkan modal terjangkau serta mudah dijalankan maka berjualan jus bisa menjadi solusinya.

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan maka berdagang jus buah atau sayur bisa menjadi peluang bisnis dengan prospek yang cukup cerah.

Sebelum melangkah lebih jauh, silahkan lihat beberapa artikel bisnis lainnya:

Hanya dengan modal yang terbatas Anda bahkan bisa menghasilkan keuntungan margin antara 15% hingga 30%. Selain itu cara meracik minuman ini juga tak susah, tak membutuhkan keahlian khusus dan bisa dilakukan oleh hampir semua orang.

Daftar Isi

Cara Memulai Bisnis Bagi Pemula Berjualan Jus

Sebelum memulai bisnis bagi pemula ini sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu di daerah yang rencananya akan menjadi tempat berjualan Anda.

Amatilah apakah di sekitar lokasi terdapat kompetitor dengan jenis bisnis yang sama. Bila memang ada cobalah Anda pelajari bagaimana cara pesaing Anda menjalankan bisnisnya.

Point-point penting yang bisa menjadi obyek pengamatan adalah bahan baku jus, harga yang ditetapkan, pengemasan produk, serta pelayanannya.


Dari data tersebut Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan metode yang lebih kreatif, misalnya menyediakan menu jus untuk diet, detoks tubuh, atau jus sebagai terapi pengobatan.

Jangan terbatas hanya menyediakan jus buah, tetapi pelajari pula resep untuk membuat jus sayur yang sehat yang bisa menjadi nilai tambah bisnis Anda.

Bila memungkinkan Anda juga bisa menggunakan bahan baku buah dan sayur organik dan cantumkan point ini pada promosi Anda. Buatlah merk milik Anda sendiri yang unik dengan kemasan menarik yang bisa membangkitkan rasa penasaran calon konsumen untuk mencicipi jus di gerai Anda.

Mulai Usaha Jualan Jus

Untuk memulai bisnis bagi pemula ini modal yang perlu Anda siapkan tergolong tak terlalu besar. Peralatan yang diperlukan pun tak terlalu banyak. Nah, inilah detailnya sebagai gambaran bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bisnis kuliner minuman segar jus ini.

  1. Blender/juicer
  2. Etalase
  3. Freezer es/dispenser dingin
  4. Perlengkapan lain-lain

Selain peralatan di atas, barang-barang yang Anda butuhkan sebagai operasional antara lain adalah:

  • Cup plastik 500 buah
  • Sedotan 500 buah
  • Buah-buahan dan aneka sayuran sekitar 10 kg
  • Es batu
  • Gula, coklat, susu kental manis

Pada umumnya harga satu cup jus adalah sekitar 7000 rupiah. Prediksi penjualan dalam satu hari adalah 30 cup atau Rp. 210.000,-, maka dalam satu bulan Anda memperoleh pendapatan kotor sebesar 6.3 juta rupiah.

Pada bulan-bulan pertama tentu laba bersih Anda masih belum terlalu besar karena Anda harus berinvestasi untuk membeli berbagai macam peralatan. Tetapi bila hasil penjualan Anda bertahan atau bahkan meningkat, tak kurang dari 3 juta rupiah bisa Anda kantongi setiap bulannya. Inilah sebabnya ide bisnis bagi pemula ini dapat dikatakan berpeluang cukup bagus.

Tips Berjualan Jus Bagi Pemula

Inilah beberapa tips yang bisa Anda coba agar bisnis jus Anda semakin berkembang:

  1. Bila kompetitor mengerjakan bisnis kuliner ini secara total 100%, maka Anda harus mau bekerja lebih keras bahkan hingga 110%. Misalnya, buka selama 7 hari dalam seminggu, memperpanjang jam layanan, menyediakan layanan delivery order, dan lain sebagainya. Yang penting pelanggan harus dimudahkan dan dimanjakan.
  2. Pertahankan kualitas dan citarasa produk Anda untuk menjamin kepuasan konsumen sehingga mereka setia membeli produk Anda.
  3. Memilih lokasi yang strategis selalu menjadi pilihan yang tak pernah salah untuk jenis bisnis apa pun demi menjangkau konsumen.

Nah, siap mencoba ide bisnis bagi pemula ini? Semoga sukses!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar