Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

7 Tips Menjaga Jantung Tetap Sehat

Memiliki jantung yang sehat tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Akan tetapi apakah anda mengetahui kalau memiliki jantung yang sehat? bagaimana untuk merawat agar jantung tetap sehat?

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital dalam tubuh kita. Dengan kata lain, jantung merupakan sumber kontrol tubuh kita, karena jantung bekerja seperti pompa yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh melalui paru-paru.

Salah satu kunci supaya jantung tetap sehat yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti menghindari makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi, dan mengendalikan berat badan.

Pola hidup lainnya seperti berolahraga, sangat dianjurkan bagi kesehatan jantung. Karena dengan berolahraga bisa menguatkan otot-otot jantung kita.

7 Tips Menjaga Jantung Tetap Sehat

Nah, pada kesempatan ini, saya akan membagikan beberapa tips untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

1. Menghindari Lemak Jenuh Tinggi.

Lemak jenuh secara mudah bisa menjadi “kolesterol jahat” yang sangat berisiko mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Hindarilah makanan yang mengandung Kulit unggas, sandung-lamur/daging merah dan susu murni serta makanan yang mengandung lemak jenuh. 

Alangkah baiknya gantilah dengan mengkonsumsi makan seafood yang memiliki omega-3 tinggi serta buah-buahan atau sayuran kaya vitamin dan serat.

2. Mengurangi Garam

Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi, Hindarilah makanan yang memiliki kandungan garam dan MSG tinggi. Sebaiknya konsumsi makanan seperti kacang bawang, kripik, roti kering yang asin dengan snack rendah garam.

3. Rutin Melakukan Olahraga

Jalan kaki seperti memilih naik tangga dibandingkan naik lift. Memarkirkan kendaraan Anda ditempat yang lebih jauh agar Anda dapat berjalan kaki.

Kerjakan pekerjaan rumah yang bisa mengeluarkan keringat seperti mengepel lantai dan mencuci kendaraan. Sempatkanlah untuk berjalan-jalan setiap ada waktu luang.

4. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan Anda agar seimbang atau tidak kegemukan. Apabila Anda saat ini sedang mengalami obesitas, dianjurkan untuk mengikuti program agar bisa menurunkan berat badan Anda. Obesitas membuat Anda lebih rentan terhadap segala penyakit.

5. Kendalikan Tingkat Kolesterol Dan Tekanan Darah

Untuk mengukur kadar kolesterol dan tekanan darat anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Hipertensi seringkali datanag tanpa anda disadari, sehingga hal ini sering disebut “silent killer”.

6. Mengurangi Stress

Serangan jantung bisa datang apabila anda memiliki tingkat stress yang tinggi. Dianjurkan anda untuk mengambil waktu untuk bersantai, memperbanyak berkumpul dengan orang lain yang bisa membuat Anda gembira dan sejenak melupakan beban hidup.

7. Senam Jantung Sehat

Senam jantung sehat ini bertujuan untuk menjaga agar kinerja jantung tetap terjaga. Olahraga yang bisa anda lakukan yaitu olahraga ringan, aerobik sampai cardio. Yang paling penting anda bisa mengeluarkan keringat.

Untuk melakukan senam jantung sehat anda bisa melakukannya sebagai berikut:

  • Apabila sudah mengkonsumsi makanan, tunggu satu jam sebelum olahraga.
  • Silahkan stel musik yang anda sukai.
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu, antara 5-10 menit.
  • Setelah berolahraga (ringan atau berat) dianjurkan untuk melakukan pendinginan antara 5-10 menit
  • Dianjurkan untuk minum baik pada pemanasan, saat olahraga atau pun ketika pendinginan
  • Lakukan senam jantung sehat secara konsisten ( Contoh 5 kali seminggu) selama 30 menit
  • Segera hentikan olahraga anda, apabila dada terasa nyeri secara mendadak.

Kesimpulan

Agar jantung tetap terjaga kinerjanya, Anda bisa melakukan beberapa tips diatas tadi. Hal yang paling penting yaitu menerapkan pola makan yang sehat dan pola hidup sehat.

Biasakan diri anda untuk berolahraga secara rutin untuk mengeluarkan racun yang ada pada tubuh melalui keringat.

Itulah beberapa tips untuk menjaga jantung tetap sehat. Semoga bermanfaat

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar