Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Memilih Bisnis Waralaba Murah

Saat ini terdapat berbagai sarana untuk memulai bisnis Anda sendiri termasuk bagi calon pengusaha yang tak mempunyai modal terlalu besar. Solusinya adalah dengan mengikuti program waralaba atau franchise yang saat ini sudah sangat menjamur di Indonesia. Anda bahkan bisa membeli lisensi waralaba dengan harga yang cukup terjangkau yaitu kurang dari 5 juta rupiah saja.

Meskipun demikian dalam memilih bisnis waralaba murah diperlukan beberapa kiat untuk mengantisipasi agar bisnis tersebut tak hanya seumur jagung. Inilah panduannya bagi Anda.

Memilih Bisnis Waralaba Murah

Bisnis waralaba yang baik adalah yang produknya merupakan kebutuhan sehari-hari seperti misalnya makanan, minuman, bidang ritel, bengkel, salon, hingga pendidikan. Berikut ini adalah tips dalam memilih waralaba bagi Anda.

Percaya Diri

Tetaplah percaya diri saat berhadapan dengan staf bisnis waralaba. Pada saat wawancara untuk mencari tahu seputar karakter dan kondisi finansial calon investor yaitu Anda, galilah pula informasi sebanyak mungkin tentang kondisi bisnis waralaba incaran Anda tersebut. Mereka memang berhak melakukan proses seleksi tetapi sesungguhnya perusahaan waralaba ini juga memerlukan investor.

Survey Lebih Dulu

Sebelum bekerja sama dengan pemilik bisnis waralaba murah cobalah lakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui latar belakang perusahaan, karakter pengusaha, operasi bisnis mereka, pengalaman, kredibilitas, potensi pasar, peta kompetisi, serta kelebihan dari produk yang mereka sediakan.

Secara simple dapat dikatakan bahwa semakin terbuka mereka dalam menjawab pertanyaan Anda berarti semakin terpercaya perusahaan tersebut, sebaliknya bila mereka pelit membagikan informasi ini bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang ditutupi. Anda tentunya tak ingin bermitra dengan perusahaan yang tidak jelas, bukan?

Selidiki Keadaan Finansial Waralaba

Luangkan waktu untuk menyelidiki keadaan finansial penyedia waralaba dengan mencermati operasi bisnis mereka di tahun-tahun sebelumnya. Ciri-ciri dari perusahaan pemberi waralaba yang baik adalah, mempunyai sistem bisnis yang terbukti sukses menghasilkan profit selama paling sedikit 3 tahun dan semakin lama semakin baik. Carilah informasi tentang gerai atau cabang yang mereka miliki, apakah sukses pula memperoleh keuntungan atau malah gulung tikar. Sekali lagi, perusahaan yang terpercaya akan terbuka untuk menjawab hal-hal yang demikian.

Pilih Brand Populer

Sebaiknya pilihlah brand perusahaan yang telah populer di mata masyarakat, meskipun merupakan bisnis waralaba murah. Salah satu kelebihan dari waralaba adalah Anda tak hanya membeli lisensi tetapi juga memboyong pelanggan ke gerai Anda. Jadi bila produk waralaba yang Anda incar tak terlalu dikenal masyarakat tentu Anda akan kesulitan dalam menjual produk tersebut.

Bijak Memilih Waralaba

Jangan meletakkan semua telur milik Anda pada satu keranjang, atau jangan menghabiskan seluruh dana simpanan pada bisnis ini. Harap diingat bahwa bisnis ini tak sama dengan investasi deposito atau obligasi pemerintah yang berbunga tetap. Resiko bisnis akan selalu ada sehebat apa pun waralaba yang menjadi mitra anda. Selain itu masih ada faktor-faktor lain yang tak dapat dikendalikan seperti kondisi ekonomi global sehebat apa pun sistem bisnis yang mereka miliki.

Kesimpulan

Setelah melakukan berbagai langkah untuk memilih bisnis waralaba murah yang paling baik, terakhir adalah mempelajari dan membaca baik-baik kontrak perjanjian bisnis Anda. Jangan terburu-buru mengambil keputusan setuju karena ada hak dan kewajiban yang harus Anda penuhi sesuai perjanjian. Jangan sampai point-point tersebut di masa depan malah merugikan Anda. Setelah memperoleh mitra perusahaan waralaba terpercaya dan kontrak telah ditandatangani sekarang saatnya untuk bekerja keras agar gerai milik Anda sukses meraih banyak keuntungan. Nah, selamat mencoba!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar