Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

3 Kesalahan ini Akan Membunuh Bisnis Anda

Menjadi berhasil dalam bisnis sudah barang tentu jadi tujuan para pelakunya. Lalu apakah mudah menjadikan sebuah bisnis yang sedang dikelola menjadi cepat profit berlimpah..??? tentu tidak. Dalam bisnis, kita harus tahu etika. Jadi tidak hanya berhubungan dengan sesama manusia saja yang membutuhkan etika, namun dalam menghasilkan banyak uang, etika berbisnis dibutuhkan untuk menciptakan bisnis yang benar-benar berhasil.

Sayangnya sebagian kita sering kali abaikan etika sehat dalam mengelola bisnis sehingga tak jarang banyak bisnis yang baru mulai cepat berada di ambang jurang gulung tikar. Point penting yang harus diperhatikan para pelaku bisnis agar bisa berkembang pesat adalah disiplin tinggi dalam pengelolaan, serta meminimalisir kesalahan dalam berbisnis yang kadang tanpa disadari sudah menjadi kebiasaan.

3 Keselahan ini Akan Membunuh Bisnis Anda

Seperti 3 kebiasaan berikut ini yang akan dengan mudah membunuh bisnis Anda bila Anda tidak segera respek menyikapinya.

Pengelolaan Keuangan Yang Buruk

Uang harus berputar sesuai fungsinya, hindari pemakaian uang usaha untuk keperluan pribadi.

Uang menjadi salah satu kunci penentu berputar atau jalan tidaknya usaha yang sedang dikelola. Tentu akan ada banyak kebutuhan yang harus selalu tercukupi dan pencapaian target yang harus tepat waktu. Seperti misalnya dana operasional, gaji bulanan karyawan, dan selalu terpenuhinya stok barang.

Semua perlu dilakukan disiplin tepat waktu dengan anggaran dana yang selalu siap. Bila salah satu saja kita biasakan telat, atau bahkan terjadi anggaran kurang, itu sama saja halnya dengan menggiring kepada bentuk bisnis yang tidak sehat. Maka kelolalah keuangan dengan sebaik mungkin. Ini bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang terdekat.

Lokasi Usaha Yang Salah

Jika memang harus pindah tempat, jangan ragu dan jangan ditunda. Dari awal mendirikan sebuah usaha, harusnya Anda pertimbangkan mengenai lokasi yang digunakan.

Mungkin tak akan jadi soal bila bisnis yang didirikan adalah bisnis berbasis online seperti toko online atau jasa layanan online lainnya. Namun akan menjadi persoalan besar bila usaha yang Anda dirikan mentargetkan konsumen dari wilayah sekitar namun lokasi usaha tidak praktis dijangkau.

Ini pun perlu dikoreksi bagi siapa saja yang telah mendirikan usaha namun pertumbuhannya sangat lambat. Segera lakukan evaluasi dan pertimbangkan untuk pindah tempat, bila lokasi yang telah dihuni lama namun pendapatannya tidak juga meningkat.

Salah Sasaran Pasar

Kenalilah kelompok pasar, agar mudah dalam membidiknya.  Bisa diibaratkan seperti jualan es keliling di musim hujan. Anda boleh tanya pedagang es terdekat, bagaimana omset mereka disaat cuaca dingin seperti musim penghujan. Pasar yang ada di sekitar itu bisa kita baca dengan muda karakternya.

Jadi jangan sampai kita salah menyasar pasar yang keliru yang akan menjadikan usaha kita diam di tempat. Pasar yang bisa kita jangkau bisa saja sangatlah luas, namun kita lambat menyadarinya. Pasar itu ada kelompok-kelompoknya sendiri, seperti remaja, pria dewasa, anak-anak dan lain sebagainya. Untuk itu tentukan pasar yang jelas, dan segera rencanakan ulang sistem pemasaran yang tepat.

Tak ada kata telat untuk membangun mesin pencentak uang yang lebih sehat perputaran uangnya. Bisnis atau usaha apapun yang Anda jalankan, luangkanlah sedikit waktu untuk mengevaluasi, agar Anda bisa mengambil langkah-langkah yang membuatnya semakin maju dan menghasilkan profit tinggi. Semoga ada setitik manfaat dari artikel yang sederhana ini.

Akhir Kata

Berbisnis tidak semudah membalikan telapak tangan, akan tetapi butuh proses hingga sampai ke puncak kesuksesan. Akan tetapi, jangan ragu untuk memulai usaha, karena mungkin dengan berbisnis anda akan menemukan jalan menuju kesuksesan.

Jangan menunda-nunda, banyak artikel dari kami, yang bisa menjadi motivasi bagi anda dalam menjalankan bisnis.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar