Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

5 Ide Peluang Usaha Yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Pada zaman sekarang bukan lagi masalah bagi ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis. Bahkan dengan berbisnis akan membantu perekonomian keluarga. Berikut ini kami jelaskan 5 ide peluang usaha yang cocok bagi ibu rumah tangga.

Tapi mengapa negara Indonesia masih tetap bertahan, punya daya beli yang tinggi dan akhirnya menjadi sasaran pasar bagi negara-negara maju? Hal ini tidak lepas dari peran usaha kecil dan menengah. Diantaranya tentu saja usaha ibu rumah tangga yang dilakukan dari rumah di sela-sela waktu mengurus rumah tangga dan anak.

Memang terkesan usaha sampingan, tapi jangan dianggap remeh. Kemampuan ibu rumah tangga di Indonesia harus diacungkan jempol. Ibu rumah tangga di Indonesia terbiasa melakukan 3-4 jenis kegiatan dalam 1 hari. Di era informasi sekarang ini, laptop, internet dan gadget seperti android atau blackberry sangat membantu usaha ibu rumah tangga ini.

5 Ide Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

Ide peluang usaha rumah tangga yang paling digandrungi ibu rumah tangga di Indonesia antara lain:

Usaha Menjahit Pakaian

Menjahit pakaian bisa dilakukan para ibu rumah tangga bahkan jika tidak memiliki kemampuan menjahit. Ibu rumah tangga bisa merekrut penjahit untuk menjahitkan pakaian. Ibu rumah tangga tinggal fokus mencari klien dari teman, tetangga atau kolega. Referensi pakaian terkini bisa dicari dari berbagai media yang fokus di topik fashion.

Usaha Kue Basah Dan Kering

Membuat dan menjual kue kering adalah usaha ibu rumah tangga klasik. Dari jaman dulu sampai sekarang selalu ada. Kemampuan membuat kue yang baik sangat menentukan dalam usaha rumah tangga ini. Kue yang enak tersebut akan otomatis “memaksa” para klien Anda untuk berbicara dan mempromosikan usaha kue Anda. Dan tahukah para pembaca, bahwa bisnis ini bisa rata-rata profitnya 100-200%. Bayangkan keuntungan 2x lipatnya.

Usaha Toko Online

Toko online adalah usaha favorit saat ini bagi para ibu rumah tangga. Whatsapp dan Facebook serta Marketplace sangat berperan penting bagi usaha anda, sehingga tidak memberatkan para ibu rumah tangga untuk belajar teknologi, berperan dalam hal komunikasi dan marketing dalam menjalankan toko online.

Toko-toko online yang ada saat ini di Indonesia sangat beragam produknya. Mulai dari baju wanita, baju pria, baju muslim, baju bayi, produk fashion lainnya, kue kering dan sangat banyak lagi. Hampir 70-80% toko-toko online ini berjualan dengan mengandalkan WA dan Facebook. Mungkin saya sekitar 50% yang benar-benar punya website sendiri sebagai basis toko onlinenya.

Toko online para ibu rumah tangga ini sangat wajar bergantung pada status WA. Para konsumen atau pembelinya, yang rata-rata juga ibu rumah tangga, sangat suka bertanya-tanya alias chatting dulu sebelum membeli. Sudah tentu diikuti dengan kegiatan tawar menawar. Sudah menjadi filosofi umum untuk para ibu-ibu bahwa dalam membeli itu harus menawar.

Bisnis Jasa Katering

Jasa katering juga salah satu bisnis kuliner yang sangat menguntungkan. Menjalankan usaha ibu rumah tangga berupa jasa katering mungkin mirip manajemennya dengan usaha pembuatan kue. Pangsa pasar yang ditarget adalah orang-orang atau keluarga yang ibu rumah tangganya tidak punya waktu untuk memasak. Bisa juga para karyawan di perkantoran.

Usaha Aksesoris Bayi Dan Anak

Bayi atau anak adalah buah hati dari sebuah keluarga. Tentunya para orang tua ketika melihat aksesoris, pakaian, sepatu atau apa pun yang menarik untuk bayi dan anaknya, pasti tertarik untuk membeli. Ini adalah dasar dari usaha ibu rumah tangga ini sehingga usaha ini bisa dijalankan sebagai bisnis rumahan.

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang tidak sengaja terjun ke usaha ini. Awalnya hanya niat untuk membuatkan sesuatu yang lucu untuk bayi / anak sendiri, tapi karena ada kerabat yang melihat dan berniat beli, akhirnya menjadi usaha ibu rumah tangga dengan omset besar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar