Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Bagaimana Cara Memulai Kerja Dari Rumah Dan Menghasilkan?

Masa pandemi sangat berdampak besar terhadap perekonomian kita. Maka, berbisnis atau memulai usaha dari rumah adalah salah satu jalan yang bisa anda terapkan. Kemudian bagaimana cara memulai kerja dari rumah dan menghasilkan?

Pada kesempatan ini admin akan berusaha menjelaskan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai kerja di rumah.

Kerja di rumah ini pun harus dimengerti, apakah Anda bekerja di rumah dalam konteks sebagai pengusaha atau pekerja. Pengusaha di sini artinya Anda mencari uang di rumah, dengan Anda sebagai pemilik usahanya. Yang bisa dikategorikan dalam kategori pengusaha ini mungkin adalah pemilik katering, salon, toko online, pemilik bisnis online, dan lain-lain.

Sedangkan apabila Anda sebagai pekerja, berarti Anda punya atasan, namun Anda diberi kebebasan untuk mengerjakannya di rumah. Yang paling banyak ditemukan biasanya adalah para pekerja online, di mana para profesional menawarkan jasa mereka secara online. Biasa sering disebut juga sebagai freelancer.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai kerja di rumah ada :

  1. Modal.
  2. Passion atau hobi yang Anda senangi.
  3. Tempat
  4. Jam kerja

Modal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mulai Kerja Di Rumah

Modal yang dimaksud di sini tidak wajib berupa uang. Uang tetap diperlukan terutama untuk mempersiapkan perlengkapan atau tools yang akan digunakan pada saat kerja. Modal yang paling wajib dimiliki adalah skill atau keterampilan.

Jika Anda punya keterampilan atau skill buat kue, Anda bisa membuka toko kue atau roti. Yang pandai menata rambut atau memotong rambut bisa buka salon. Jadi di sini Anda harus menggali dari dalam diri Anda sendiri, kemampuan apa yang paling Anda kuasai.

Kalaupun Anda belum menguasai dan memutuskan untuk belajar terlebih dahulu, pastikan bahwa hal yang Anda pelajari sesuai dengan passion Anda, atau Anda sangat menyenanginya.

Passion Atau Hobi Sebagai Ide Usaha Di Rumah

Saya sangat menyarankan Anda melakukan pekerjaan yang sangat Anda sukai sebagai bisnis di rumah. Beda dengan dunia kerja, kerja di rumah sangat sering menghadapi kendala dan halangan. Jadi jika hal tersebut tidak Anda senangi atau dengan kata lain bukan merupakan passion, maka sangat besar kemungkinannya Anda berhenti di tengah jalan.

Hobi akan membuat pekerjaan sangat dinikmati. Kalaupun Anda masih kurang dalam hal skill atau keterampilan, namun karena Anda sangat semangat dan hobi, saya yakin skill dan keterampilannya akan cepat dikuasai, bahkan Anda bakal bisa membuat inovasi lebih dari hal yang telah ada.

Tempat Atau Ruang Kerja Di Rumah

Banyak orang beranggapan karena kerjanya di rumah, meja kerja boleh bebas sesuka hati. Salah besar. Hal tersebut hanya akan membuang waktu Anda dan membuat pekerjaan tidak fokus dikerjakan. Walaupun bekerja di rumah, usahakan mempunyai ruang kerja atau minimal meja kerja yang sama seperti di kantor.

Bagi yang telah berkeluarga dan memiliki anak, disarankan agar ruang kerjanya diusahakan agak jauh dari bagian ruangan yang sering dijadikan area bermain anak.

Jam Kerja

Kerja di rumah berarti tidak ada bos yang mengatur jam kerja Anda. Jadi Anda harus mengatur sendiri jam kerja Anda, sesuaikan dengan aktifitas keluarga lainnya. Jadi kerja lancar, hubungan dengan keluarga juga tetap lancar. Karena kalau kehilangan hubungan keluarga, percuma Anda kerja di rumah. Karena pada dasarnya kerja di rumah itu kan tujuannya pengen memberikan waktu lebih untuk keluarga.

Semoga beberapa keterangan di atas dapat memberikan gambar kepada para pembaca yang masih bingung. Ke depannya Berbagi Usaha akan menjelaskan secara details dan khusus mengenai kerja di rumah secara online alias freelance.

Akhir Kata

Setelah memaparkan beberapa fakta mengenai kerja di rumah, kami menerima banyak pertanyaan yang diajukan melalui komentar. Kebanyakan menunjukan keinginan untuk bekerja di rumah tapi bingung bagaimana memulainya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar