Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Ide Peluang Usaha Untuk Masa Pensiun

Masa pensiun bagi sebagian pekerja profesional adalah masa yang dianggap kelam atau menakutkan. Hal yang sangat wajar karena secara psikologis banyak yang merasa pensiun adalah tanda bahwa mereka tidak produktif atau seakan-akan tidak berguna.

Untuk itu, mindset atau pikiran Anda yang akan atau telah memasuki masa pensiun harus dirubah. Pensiun berarti bahwa Anda telah dianggap sesepuh di bidang pekerjaan Anda sebelumnya. Untuk membangkitkan gairah atau semangat Anda harus berpikir ini adalah kesempatan baru untuk memulai bidang yang baru, yaitu memasuki dunia usaha atau bisnis.

Bagi ibu rumah tangga, admin juga memiliki referensi yang cocok bagi anda. Silahkan baca: Ide Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga.

Pertanyaannya adalah peluang usaha atau bisnis seperti apakah yang cocok dilakukan di masa pensiun?? Memasuki masa pensiun beberapa pakar bisnis menyarankan agar para pelaku bisnis yang memulai bisnis di masa pensiun seyogyanya memilih peluang usaha yang sekalian bisa dijadikan hobi. Jadi para pensiunan bisa berbisnis dan berekreasi di saat bersamaan.

Peluang Usaha Peternakan

Para pensiunan banyak yang menyukai memelihara burung, ayam atau ikan. Ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis. Memelihara burung yang semula hanya hobi, bisa ditekuni menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Beberapa peluang usaha peternakan yang bisa ditekuni adalah peluang usaha ternak burung, ternak ayam kampung, ternak lobster atau pun ternak landak mini yang sedang jadi tren sekarang ini.

Selain peternakan, ada juga bidang pertanian yang mungkin cocok untuk anda jalankan di masa pensiun. Silahkan baca : Ide Usaha Bidang Pertanian.

Menjadi Penulis atau Blogger

Menulis buku atau menjadi blogger bisa menjadi jenis usaha yang menghasilkan. Banyak para pensiunan yang menjadi penulis yang sangat produktif. Ada yang telah menulis banyak buku, dan ada juga yang memiliki blog yang sangat ramai trafik, dan tentunya iklan pun mengalir dengan sendirinya.

Broker Properti

Menjadi broker properti adalah salah satu peluang usaha yang bisa ditekuni. Broker dapat dijalani dengan bergabung dengan agen properti, atau sebagai pengusaha properti langsung. Menjadi seorang pengusaha properti berarti Anda harus pintar memilih jenis properti yang akan dibeli, direnovasi dan dijual kemudian. Ini menjanjikan keuntungan lebih besar, namun resikonya tentu tidak kecil juga.

Agen Asuransi

Asuransi masih tetap menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi orang yang sudah pensiun. Pengalaman para pensiunan di pekerjaannya terlebih dahulu bisa membuat pekerjaan di asuransi menjadi lebih gampang. Dengan leadership (kepemimpinan) yang tepat, jenjang karir dan pendapatan di asuransi juga meningkat dengan pesat.

Pengusaha Kerajinan Tangan

Jika mempunyai hobi membuat kerajinan tangan, hasil kerajinan tangan bisa dijual dan menjadi bisnis yang cukup menghasilkan. Untuk memasarkannya bisa dengan cara memasarkan kerajinan tangan tersebut dengan bantuan internet. Menjualnya secara online cukup memudahkan Anda dan cukup menghemat modal untuk tempat atau toko.

Pengusaha Kuliner

Bagi yang hobi masak, mungkin masak kue atau masakan rumahan, menjadi pengusaha kuliner bisa menjadi pilihan yang bagus. Kue-kue tersebut bisa dipasarkan melalui media online seperti website atau media sosial. Bagi yang jago memasak makanan rumahan bisa memikirkan katering sebagai peluang usaha yang ditekuni.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar