Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Ide Usaha Di Desa Bisnis Ayam Kampung

Bisnis ayam kampung mungkin dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Sangat wajar sebab banyak yang merasa bahwa beternak ayam ras boiler dan layer lebih menguntungkan. Orang-orang merasa ayam ras yang lebih cepat masa panen dan beratnya yang lebih besar lebih menguntungkan dari sisi bisnis.

Pendapat di atas tidak sepenuhnya benar. Ayam kampung adalah sebutan untuk ayam yang hidup di pedesaan, dan merupakan ayam asli Indonesia. Ayam kampung ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan ayam ras seperti broiler atau layer.

Alasan Mmengapa Bisnis Ayam Kampung Lebih Mmenguntungkan

Mungkin beberapa alasan dibawah ini, bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin memulai usaha berbisnis ayam kampung.

Harga Ayam Kampung Lebih Tinggi Dan Stabil

Banyak yang tidak tahu bahwa dari dulu hingga sekarang harga ayam kampung lumayan tinggi harganya dan relatif lebih stabil. Bahkan bisnis ayam kampung akan meraih untung lebih besar saat hari-hari besar, seperti hari raya idul fitri misalnya, karena harganya akan semakin tinggi.

Pemeliharaan Ayam Kampung Lebih Mudah

Pemeliharaan ayam kampung sangat mudah. Cukup dilepas di pekarangan atau kebun, ayam kampung bisa hidup. Memang perkembangannya lebih lambat dibandingkan dengan ayam ras.

Pasar Masih Luas

Pasar untuk bisnis ayam kampung ini masih sangat luas. Selain dagingnya, telur ayam kampung di pasar terkesan lebih ekslusif dibandingkan telur ayam biasa. Telur ayam kampung dipandang memberikan khasiat atau nilai gizi yang lebih baik dibandingkan telur ayam biasa.

Pasar Ayam Kampung

Selain ketiga alasan di atas, memang harus diakui bagi sebagian pengusaha peternakan ayam, beternak ayam kampung ini kurang menjanjikan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Permintaan telur ayam kampung yang tinggi merupakan senjata utama. Namun untuk meningkatkan penjualan daging ayam kampung, pelaku bisnis ayam kampung perlu melakukan sinergi atau kerjasama dengan warung-warung ayam yang menjual ayam kampung sebagai bahan utamanya.

Para pedagang warung ayam goreng tersebut bisa juga dibina dan diberi pelatihan cara pengolahan daging ayam kampung yang baik, sehingga dagingnya bisa empuk pada saat digoreng. Pelatihan ini tidak mesti dilakukan sendiri oleh pemilik peternakan ayam kampung. Anda bisa menghubungi dinas peternakan di wilayah Anda untuk memberikan pelatihan tersebut. Karena setiap dinas mendapatkan anggaran dari pemerintah, dan sebagai pebisnis peternakan merupakan hak kita untuk meminta penyuluhan dan pembinaan.

Semoga informasi di atas dapat membangkitkan minat dan gairah para pelaku bisnis untuk menekuni bisnis ayam kampung ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar