Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

5 Ide Bisnis Dan Ide Usaha Pada Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti sekarang ini, pemerintahan mengimbau warga agar semakin banyak ada di rumah, bahkan juga jika dapat bekerja di dalam rumah untuk karyawan yang terserang PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19). Untuk yang bisa lolos dari imbas badai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh satu perusahaan, diharap masih tetap patuhi prosedur kesehatan untuk jaga satu sama yang lain supaya masa pandemi ini bisa selekasnya usai sama seperti yang kita harap bersama.

Dengan anjuran pemerintahan yang semacam itu, rupanya membuat warga untuk memeras otak agar masih tetap dapat memperoleh pendapatan untuk memenuhi keperluan keluarganya, meskipun bekerja cuman di rumah saja. Ada beberapa ide bisnis atau usaha yang dapat ditangani di rumah. Telah banyak bukti kesuksesan seorang dengan usaha atau usaha yang sudah dilakukan di rumah saja, tetapi dianya sanggup menjaga keluarganya, bahkan juga dapat disebutkan pendapatannya itu telah lebih dari cukup. Cukup buat beli atau membuat rumah, cukup buat beli atau credit kendaraan, dan lain-lain.

Dengan manfaatkan handphone atau PC (Individual Komputer) atau netbook dengan koneksi internet, beberapa usaha atau usaha dapat dilaksanakan lewat cara online. Ditambahkan cepatnya pemakai internet yang ada di Indonesia (khususnya), membuat warga manfaatkan peluang itu untuk buka usaha atau usaha lewat cara online.

Berikut ini ada banyak contoh ide usaha atau ide usaha secara cepat kita memperoleh pendapatan yang bisa kita kerjakan saat pandemi. Apa kalian terhitung orang yang lakukan usaha atau usaha yang dapat ditangani atau dilaksanakan di rumah saja sama seperti yang saya sebut di bawah ini? Silahkan kita baca bersama.

1. Buka Online Shop (Toko Online)

Bila awalnya kalian ialah aktor UMKM (Usaha Micro, Kecil, dan Menengah), karena itu buka toko online atau online shop benar-benar pas sekali kalian kerjakan. Dengan keringanan tehnologi seperti sekarang ini, warga lebih sukai belanja lewat online dibanding off-line. Oleh karena itu gunakan peluang emas ini untuk selalu produktif di masa pandemi semacam ini.


Kalian lebih cepat dan mudah berkembang toko online atau online shop kalian bila awalnya usaha atau usaha ini telah kalian kerjakan dengan off-line. Di off-line kalian telah mempunyai nama atau kualitas dan konsumen setia, karena itu bila konsumen setia itu tahu jika toko kita mempunyai toko online atau online shop, karena itu untuk konsumen setia yang mager (malas gerak) pasti pilih berbelanja online dibanding off-line, ingin bayar cukup mahal (biaya kirim dan sebagainya) dibanding bertandang ke toko langsung. Karena situasinya baru masa pandemi dan benar-benar terbatasi.

2. Jadi Dropship atau Reseller

Bila di atas kita buka toko online atau online shop individu, lewat produk sendiri, karena itu untuk kalian yang tidak mempunyai toko atau produk sendiri, kalian masih tetap dapat memperoleh pendapatan, yakni dengan dropship atau jadi reseller toko. Langkah ini benar-benar efisien sekali dilaksanakan dan benar-benar banyak yang lakukan usaha atau usaha tanpa modal ini. Bagaimana tidak? Cuman dengan modal handphone (umumnya) dengan koneksi internet, kita dapat jualan seperti kita mempunyai toko dan produk sendiri.


Tetapi pendapatan dari dropship atau reseller ini termasuk kecil tetapi cukup. Umumnya faksi toko atau pemilik produk memberinya harga demikian dan dropship atau reseller dapat menjualnya di atas harga dari faksi toko atau pemilik produk itu. Nach, penghasilan dari dropship atau reseller ialah ambil keuntungan dari beda harga pertama (pemilik toko atau produk) pada harga ke-2 (nilai jual dropship atau reseller).

Juga bisa dengan prosentase . Maka misalnya kita bisa jual 1 produk, karena itu kita akan memperoleh 20% sampai 30% (bergantung persetujuan). Bila dihitung-hitung benar-benar cukup mendapatkan uang secara cepat. Bila kita sanggup jual 1 produk, pada harga produk Rp. 300.000 dan komisi yang kita bisa ialah 20% per pemasaran, karena itu komisi kita dalam rupiah ialah sejumlah Rp. 60.000. Bagaimana bila kita sanggup jual banyak produk?

Yah, kita tinggal kalikan sendiri saja pemasaran kita dengan komisi yang diberi berapakah % (%). Panen pendapatan kita dengan jadi seorang dropship atau reseller. Walau sebenarnya kita pekerjaannya cuman posting-posting produk, tetapi pendapatan perlahan-lahan menimbun. Tidak mempunyai toko atau produk sendiri, tetapi masih tetap produktif memperoleh pendapatan untuk kehidupan setiap hari. Cari toko atau pemilik produk yang berkualitas. Tujuannya kualitas dalam sisi produknya, yang umumnya banyak orang cari (produknya), dan ratting dari toko bila kalian jadi dropship atau reseller lewat cara online.

3. Manfaatkan Affiliate

Sebetulnya affiliate ini pengertiannya atau langkah kerja (mekanismenya) sama dengan dropship atau reseller. Namun yang membandingkan ialah bila dropship atau reseller, produk yang dipasarkan umumnya produk fisik. Tetapi tidak dengan affiliate ini, yang mana kita menjualkan produk (umumnya non fisik atau digital) atau ajak anggota baru untuk tergabung ke salah satunya website yang mempunyai program affiliate ini, dengan komisi prosentase dan sebagainya yang telah ditetapkan.


Masing-masing website yang mempunyai program affiliate mempunyai ketentuan yang lain. Misalnya kita cuman cari anggota baru untuk tergabung dengan code affiliate yang telah kita peroleh di website itu, atau ada visi tertentu misalkan anggota baru yang mendaftarkan melalui code affiliate kita itu harus menuntaskan beberapa visi, yang mana kita baru memperoleh komisi yang telah dijanjikannya. Lebih kurang langkah kerjanya sama dengan dropship atau reseller di atas.

4. Buka Jasa BimBel (Bimbingan Belajar)

Masa pandemi belum usai dan bawa banyak peralihan dari muka bumi ini. Banyak aktivitas yang sudah dilakukan secara online atau dalam jaringan (online), terhitung sekolah dari rumah yang cuman memakai handphone. Untuk kalian yang mempunyai gelar pengajaran, kuasai mata pelajaran tertentu, atau anak kuliahan sekalinya, kalian gunakan gelar pengajaran kalian atau pengetahuan kalian dengan buka jasa BimBel (Bimbingan Belajar) untuk memperoleh pendapatan. Pasti ini sangat gampang kalian kerjakan untuk yang mempunyai gelar pengajaran dengan jual jasa BimBel (Bimbingan Belajar) kalian.


Kalian dapat tawarkan secara off-line atau online untuk jual jasa BimBel (Bimbingan Belajar). Sama seperti yang kita kenali, banyak orangtua yang membutuhkan jasa BimBel (Bimbingan Belajar). Ditambah, untuk orangtua yang pengajarannya lebih rendah dari anaknya, tentu mempunyai kesusahan untuk pahami pelajaran yang didapat dari sekolahan anaknya. Orangtua cenderung pilih dan ikhlas bayar seorang untuk menolong menuntaskan pekerjaan atau pelajaran anaknya, dibanding pengajaran anaknya tidak jadi perhatian karena sekolah diistirahatkan lebih dulu karena masih masa pandemi.

Seluruh orang tua tentu benar-benar mendukungdan inginkan yang terbaik untuk anaknya. Kalian dapat gunakan ini untuk memperoleh fee (bayaran) dari jasa BimBel (Bimbingan Belajar) yang kalian membuka atau pasarkan. Jasa Bimbel (Bimbingan Belajar) bisa dilaksanakan dengan bertandang langsung dengan masih tetap patuhi prosedur kesehatan atau dapat dilaksanakan secara online (dalam jaringan) atau online. Untuk fee (bayaran) sesuai persetujuan di antara yang buka atau tawarkan jasa sama yang beli atau inginkan jasa itu.

Saya berharap untuk kalian yang buka atau tawarkan jasa BimBel (Bimbingan Belajar) ini, tidak boleh menetapkan harga terlampau tinggi. Ingat-ingatlah dengan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 mengenai mencerdaskan kehidupan bangsa . Maka hitung-hitung kita berpahala, tidak hanya karena fee (bayarannya). Ingat jika guru sebetulnya pahlawan tanpa pertanda jasa. Angkat kembali kalimat itu supaya tidak seperti umumnya saat ini, guru jika tidak pas dengan fee (bayarannya) protes, apa lagi demonstrasi. Benar-benar malu-maluin sekali. Mereka mengajarkan anak didiknya karena uang, tidak karena ingat semboyan atau slogan sejak dahulu seperti di atas. Asal upah lancar, semangat mengajarkan. Bahkan juga ada yang cuman inginkan upahnya saja, mengajarkan cuman seenak ia (guru).

5. Buka Jasa Pelatihan

Jasa pelatihan ini hampir serupa pengertiannya dengan BimBel (Bimbingan Belajar) di atas. Tetapi BimBel (Bimbingan Belajar) di atas lebih detil ke pelajaran, tetapi untuk jasa pelatihan ini dapat memiliki arti lebih luas serta lebih mengarah ke keterampilan (ketrampilan) yang tidak dapat didapat di sekolahan. Misalkan kalian ingin jadi seorang Blogger. Bila kalian usaha sendiri atau otodidak (seperti saya) tanpa yang menuntun pasti memperoleh banyak rintangan yang perlu kalian temui, sampai kalian dapat sampai berhasil mendapat pendapatan dari website kalian. Oleh karena itu, jasa pelatihan yang semacam ini benar-benar diperlukan sekali untuk blogger pemula (seperti saya).


Itu ringkasan 5 ide usaha atau ide usaha saat pandemi yang bisa kalian lakukan di rumah saja tetapi pendapatan rutin dapat mengucur yaa. Kalian dapat cobanya sendiri di rumah saja, bila kalian tidak mempunyai modal yang memberikan dukungan untuk jalankan usaha atau usaha kalian, karena itu gunakan sarana yang kalian punyai dengan semaksimal mungkin. Selain kalian memperoleh keuntungan (keuntungan), coba agar kalian memperoleh pahala yang kelak di akhirat kita sendiri yang hendak memetiknya. Paling penting kalian punya niat untuk usaha atau bekerja, tidak bikin rugi seseorang, jika juga bisa tidak bikin rugi diri kita.

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar