Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Obat Gusi Bengkak Paling Ampuh Kembali Normal Dengan SehatQ

Gusi yang tiba-tiba membengkak memang sangat menggangu, apalagi ketika mau makan dan ketika akan tidur. Biasanya gusi akan terasa linu. Kemudian apa obat gusi bengkak agar kembali normal dengan cepat? Ada beberapa yang harus dipahami ketika mengalami gusi bengkak, bisa menggunakan obat alami dan obat dari apotek.

Sebelum membeli obat apotek untuk meredakan nyeri pada gusi, alangkah baiknya membaca dulu beberapa artikel kesehatan di internet, salah satu platformnya yaitu SehatQ.

Kenali Penyebab dan Obat Sakit Gusi Bengkak yang Pas Obat sakit gusi bengkak kerap kali dipakai untuk menangani keluh kesah nyeri dan bengkak pada gusi. Keadaan ini dapat disebabkan karena beragam hal. Supaya obat gusi bengkak dapat bekerja dengan efisien, Anda perlu memakainya sesuai penyebab lebamnya gusi.

Gusi bengkak merupakan keadaan yang biasa terjadi dan bisa disebabkan karena beberapa hal. Selainnya bengkak, keadaan ini biasanya dibarengi dengan tanda-tanda berbau napas tidak lezat, rasa nyeri di gusi, atau timbulnya nanah dari bawah gusi dan gigi.

Penyebab Gusi Bengkak Secara Umum

Agar bisa mengobati gusi bengkak yang sedang terjadi, perlu mengetahui beberapa penyebab gusi membengkak, diantaranya.

Kurangnya menjaga kebersihan Mulut

Salah satu penyebab timbulnya sakit gusi bengkak dan berbagai penyakit pada mulut seperti sakit gigi dan lainnya yaitu kurang terjaganya kebesihan mulut. Apalagi selepas makan dan meninggalkan sisa-sisa makanan pada mulut. Hal ini bisa memicu pembengkakan pada gusi.

Bahkan peradangan gusi atau gingivitis bisa terjadi akibat mulut yang kurang terjaga kebersihannya.

Maka untuk pencegahan agar gusi tidak bengkak salah satunya yaitu dengan rajin berkumur, sehabis makan dan menggosok gigi secara teratur.

Adanya Infeksi dari Kuman atau Bakteri

Apabila menggosok gigi dengan cara yang tidak benar, biasanya akan mengakibatkan infeksi pada gusi. Apalagi menggosok gigi dengan cara cepat dan membentur gusi mulut.

Kalau tidak diobati dengan cepat maka akan terjadi infeksi dari kuman atau bakteri disekitar gusi dan mengakibatkan peradangan pada gusi.

Selain itu, hal yang tidak kita sadari yaitu penggunaan tusuk gigi. Apabila tidak hati-hati, tusuk gigi bisa mengakibatkan luka pada gusi dan meninggalkan bakteri, kalau tusuk gigi tersebut tidak bersih.

Penggunaan Pasta Gigi dan Obat Kumur Yang Salah

Terkadang penggunaan pasta gigi dan obat kumur juga bisa mengakibatkan peradangan pada gusi. Hal itu dikarenakan gigi atau gusi mempunyai tingkat sensitivutas yang tidak sama.

Bagi yang mempunyai gigi sensitive, maka penggunaan pasta gigi dan obat kumur harus tepat, agar tidak terjadi pembengkakan pada gusi.

Selain itu berikut beberapa penyebab gusi bengkak secara umum:

  1. Kekurangan Nutrisi
  2. Terdapat sisa makanan yang tertinggal pada bagian gusi dan gigi
  3. Meningkatnya hormon ketika masa kehamilan

Obat Gusi Bengkak Secara Alami Dan Apotik

Setelah mengetahui beberapa poin penyebab gusi bengkak diatas. Maka berikut ini beberapa obat gusi bengkak secara alami maupun obat yang bisa dibeli di apotik.

Obat Gusi Bengkak Ampuh Secara Alami

Untuk mengurangi rasa nyeri ketika gusi bengkak, ada beberapa obat alami yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Berikut adalah obat alami gusi bengkak:

Kompres Menggunakan Es Batu

Penggunaan kompres dengan es batu bukan lagi menjadi rahasia umum. Bahkan kompres dingin sering digunakan oleh tim medis untuk pengobatan awal. Salah satu contohnya yaitu digunakan oleh pesepakbola, apabila terjadi pembengkakan, maka sering langsung dikompress menggunakan es batu.

Hal yang sama kompres dingin bisa diterapkan ketika mengalami pembengkakan pada gusi. Kompres dingin bermanfaat akan mematikan rasa pada syaraf yang menimbulkan rasa nyeri. Untuk menggunakannya, ambil beberapa bongkahan es batu kecil, kemudian bungkus menggunakan kain yang bersih. Setelah itu tempelkan pada bagian gusi yang mengalami pembengkakan.

Kompres Dengan Air Hangat

Bagi yang memiliki gigi sensitive terhadap air es, kompres dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan nyeri ketika gusi bengkak.

Caranya yaitu gunakan kain yang bersih, kemudian rendam menggunakan air hangat. Setelah itu tempelkan pada pipi, sekitar gusi yang bengkak.

Berkumur Menggunakan Air Garam

Obat alami gusi bengkak lainnya yaitu berkumur dengan menggunakan air garam. Penggunaan air garam tersebut, akan berfungsi untuk membunuh bakteri jahat yang ada disekitar mulut.

Caranya yaitu campurkan garam secukupnya pada air hangat. Takarannya yaitu 1 gelas air hangat, dicampur dengan 1 sendok teh garam. Setelah itu, gunakan air garam tersebut untuk berkumur.

Obat Gusi Bengkak Di Apotik

Jalan yang terbaik apabila mengalami gusi bengkak yang berkepanjangan adalah dengan mengunjungi Dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

Biasanya dokter atau petugas kesehatan akan menganalisa, dan memberikan obat ampuh untuk gusi bengkak. Setelah itu dokter akan memberikan resep ampuh untuk gusi bengkak sesuai dengan kondisi pembengkakan pada gusi.

Berikut ini adalah beberapa obat gusi bengkak yang bisa didapatkan di apotik terdekat.

  1. Paracetamol
  2. Ibuprofen
  3. Hidrogen Peroksida
  4. Chlorhexidine

Terakhir

Apabila gusi bengkak akan menimbulak rasa nyeri yang lumayan sakit. Maka alangkah baiknya segera periksakan ke klinik atas fasilitas kesehatan terdekat. Untuk pencegahan awal bisa menggunakan beberapa obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa nyeri ketika gusi bengkak.

SehatQ merupakan situs internet dimana anda bisa menemukan banyak artikel kesehatan yang bisa membantu untuk mengatasi masalah kesehatan anda. SehatQ juga menyediakan obat-obat yang bisa anda beli di Toko SehatQ.

Dengan SehatQ platform kesehatan digital, bisa digunakan secara maksimal untuk menjaga kesehatan anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar