Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Peluang Usaha Baru: Produksi Pupuk Organik

Tren mengkonsumsi buah, sayur, serta beras organik turut membuka celah bagi produksi pupuk organik sebagai peluang usaha terbaru.

Saat ini, di beberapa provinsi, keaktifan kelompok tani dalam memproduksi pupuk organik masih sangat rendah. Di pulau Jawa, berdasarkan informasi dinas pertanian Jawa Barat, hingga kini tingkat keaktifan kelompok tani di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur berturut-turut masih sebanyak 23, 15, dan 40 persen. Hal ini menjadi peluang usaha terbaru terutama di propinsi Jawa Tengah yang jumlahnya masih sangat sedikit.

Padahal penggunaan pupuk organik terbukti mampu memperbaiki kualitas tanah yang kadang komposisi alaminya rusak karena pemakaian pupuk dan pestisida sistesis dalam jangka panjang. Masih sedikitnya kelompok tani yang memanfaatkan pupuk organik sebagai peluang usaha baru dimungkinkan karena banyak faktor yang kurang mendukung pelaksanaannya. Sebagai contoh, pupuk organik kurang disukai karena tidak bisa memberikan respon yang cepat bagi tanaman, sehingga kurang disukai oleh petani.

Hal lain salah satunya dikarenakan terbatasnya pengetahuan masyarakat terhadap teknologi produksi pupuk organik. Penyuluhan yang belum optimal turut menjadi penyebab rendahnya minat petani dalam memproduksi pupuk organik. Meski demikian, hal ini berpotensi menjadi peluang usaha terbaru, sebab meski baru dimulai, pemerintah terus melakukan upaya untuk melakukan pertanian organik sehingga produksi pupuk organik dimungkinkan dapat menjadi peluang usaha terbaru yang mendapat dukungan dari pemerintah sehingga memudahkan dalam pelaksanaannya.

Adapun tujuan produksi pupuk organik, selain memanfaatkan limbah organik seperti kotoran hewan sebagai peluang usaha terbaru guna meningkatkan kesejahteraan kelompok tani, langkah tersebut diharapkan menjadi tahap awal dalam upaya menyelamatkan lingkungan. Selain itu juga mendukung kesehatan masyarakat dengan meminimalir penggunaan bahan kimia sintetis seperti pupuk maupun pestisida kimiawi dalam proses pertanian.

Hal lain yang mempengaruhi keberhasilan peluang usaha terbaru dengan memproduksi pupuk organik ini adalah keseriusan pemerintah dalam melakukan edukasi terhadap petani. Pemerintah harus menyadari betul bahwa petani telah terlanjur kecanduan terhadap pupuk anorganik atau sintesis. Hal ini dikarenakan pupuk organik memiliki kandungan nutrisi yang kadang terlalu rendah sehingga menyulitkan dalam perawatan tanaman.

Peluang usaha terbaru ini memang sulit diprediksi, bagaimanapun juga meski masih banyak masyarakat yang kurang berminat terhadap sayuran, buah, maupun beras organik karena harganya jauh lebih mahal. Semestinya semakin maju peradaban, semakin modern pemikiran, semakin tinggi pula pemahaman masyarakat akan bahaya mengkonsumsi produk pangan yang diolah dari pertanian anorganik.

Sebab sayur, buah, dan beras merupakan kebutuhan yang dikonsumsi secara terus menerus. Akibatnya racun dari pupuk maupun pertisida sintetis yang terakumulasi dalam jangka panjang akan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya penggunaan bahan organik dalam proses pertanian menjadi tantangan baru dalam pelaksanaan peluang usaha terbaru dengan memproduksi pupuk organik. Tidak menutup kemungkinan, di masa mendatang permintaan terhadap buah, sayuran, dan beras organik mengalami peningkatan sehingga produksi pupuk organik turut menjadi peluang usaha terbaru.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar