Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Cara Membuat Keripik Singkong Aneka Rasa

Renyah, kriuk, gurih, miliki aneka rasa, dan buat mulut kita tak bisa berhenti menyantapnya. Itulah keripik singkong. Sebagai jajanan ringan, keripik jenis ini tak hanya murah namun mudah diperoleh.

Mulai toko sederhana, pasar, hingga supermarket menyediakan kuliner kriuk-kriuk ini. Dari merek produksi rumah tangga hingga industri besar, kini keripik singkong menjamur soal rasa dan harga. Jika Anda miliki rencana untuk membuat keripik singkong sendiri maka niatan tersebut tak salah. Selain mudah dan murah, cara membuat keripik singkong pun tak susah.

Daftar Isi

Mengapa mudah, murah, dan tak susah, sebab bahan utama keripik singkong ya hanya singkong itu sendiri. Di Yogyakarta misalnya, harga 1 kilogram singkong mulai Rp 1.500 saja. Bukankah sangat murah? Soal kemudahan, prosesnya pun juga tidak ribet. Hanya dengan beberapa langkah, keripik singkong renyah dan gurih dalam aneka rasa bisa segera dinikmati. Dan terkait soal tak susah, resepnya pun juga sangat sederhana. Tak perlu keahlian khusus sebagai koki handal dalam cara membuat keripik singkong. Nah sudah tak sabar untuk memulainya? Tunggu sebentar. Sebelumnya perhatikan terlebih dahulu tips cara memilih singkong berikut ini.

Cara Memilih Singkong

Memilih dan memilih singkong bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi yang baru berkenalan dengan keluarga umbi-umbian ini bisa terapkan tips berikut untuk memilih singkong yang tepat sebelum mengolahnya jadi keripik nikmat.

  1. Pilih singkong yang masih fresh, masih segar baru dicabut dari tanah. Memang agak sulit untuk memastikan ini kecuali Anda menanam singkong sendiri di kebun belakang rumah. Bila memungkinkan belilah singkong ketika baru datang atau diturunkan dari mobil pengepul. Biasanya singkong ini masih segar dan baru pasca panen.
  2. Cara lainnya pilihlah singkong yang miliki kulit tidak terkoyak. Kulitnya masih mulus, segar, dan tidak ada tanda-tanda kecacatan. Sebut saja terkelupas.
  3. Umumnya singkong empuk miliki tanda kulit ari yang sudah mulai mengelupas. Perhatikan kulit arinya yang tampak kasar yang biasa disebut kriwil-kriwilnya dalam Bahasa Jawa.
  4. Saat mengupas, kulit singkong yang bisa mudah terkelupas kulitnya, pasti kualitas bagus (empuk). Ini salah satu pertanda kualitas singkong yang baik.
  5. Perhatikan pula pada bagian penampang daging. Apabila nampak sebuah pola lingkaran berwarna kehijauan serta kebiruan, urungkan niat untuk membeli singkong tersebut. Singkong jenis ini sudah tak laik untuk dikomsumsi.
  6. Singkong yang miliki daging berwarna krem biasanya sangat empuk. Namun bukan berarti singkong yang berwarna daging putih tidak kalah empuk.
  7. Jika mendapati singkong yang di bagian dagingnya nampak keras, tidak berserat, serta kasar, biasanya tidak empuk. Jangan memilih singkong dengan ciri tersebut.
  8. Jika singkong telah dikupas maka cara menyimpannya dengan direndam dalam air. Masukkan kemudian di lemari es dengan bagian daging singkong terendam penuh.
  9. Jika singkong belum dikupas simpan di tempat terbuka. Jangan menyimpan singkong di suhu atau ruangan yang lembab.

Cara Membuat Keripik Singkong Biasa

Mengapa dikatakan biasa, sebab tidak menambahkan rasa tertentu. Keripik singkong yang beredar di pasaran miliki sejumlah rasa khusus. Sebut saja balado, keju, setan (pedas), manis, cokelat, dan masih banyak lagi. Keripik singkong biasa bisa dibilang keripik dengan rasa original singkong. Keripik ini belum ‘terkontaminasi’ dengan rasa lain dan lebih menonjolkan kemurnian rasa singkong itu sendiri. Untuk bahan utama keripik singkong biasa hanya dua; singkong dan soda kue. Sedangkan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pilih dan pakai singkong yang baru dicabut dari tanah. Usahakan maksimal usia singkong pasca pencabutan dari tanah hanya sehari. Kupas kulitnya dan iris sesuai selera. Sedikit tips jangan iris-iris terlalu tipis dan pendek. Iris secara memanjang.
  2. Setelah proses pengirisan selesai cuci bersih dan rendam dalam air panas. Setelah itu campurkan soda kue dengan takaran 1 sendok teh untuk 1 liter air. Diamkan hingga air rendaman ini dingin.
  3. Setelah air dingin tiriskan singkong. Bilas kembali kemudian goreng dengan perbandingan minyak goreng 3:1. Setalah proses penggorengan selesai tiriskan dan keripik singkong rasa singkong murni siap dihidangkan.

Cara Membuat Keripik Singkong Aneka Rasa

Untuk keripik singkong aneka rasa proses awalnya sama. Hanya saja setelah singkong direndam dan digoreng dan telah menjadi keripik, ada langkah memasak berikutnya yang harus ditempuh. Ada pula proses tatkala perendaman yang harus ditambah dengan bumbu khusus selain soda kue. Pembagai proses ini dilakukan untuk memberikan rasa lain diluar rasa singkong itu sendiri. Berikut beberapa resep keripik singkong aneka rasa yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

1. Keripik Singkong Balado

Proses pengolahan singkong dan penggorengan langkah-langkahnya sama. Yang berbeda hanya saat pemberian bumbu balado. Siapkan bawang merah 8 siung, cabai merah keriting 150 gram, dan garam 1,5 sendok teh. Haluskan ketiga bahan-bahan ini dan kemudian tumis hingga harum. Setelah bumbu mengering masukkan singkong yang telah digoreng dan aduk hingga rata. Kecilkan api dan goreng hingga kadar air berkurang. Setelah rata angkat, tiriskan, dan dinginkan. Keripik singkong rasa balado siap dihidangkan.

2. Keripik Singkong Setan (Pedas)

Untuk bumbu setan, siapkan bahan-bahan dasar seperti bumbu bubuk (bawang merah dan putih), bumbu kering (cabe rawit, merica, ketumbar, daun jeruk), serta garam, gula, dan minyak nabati. Hancurkan garam dan gula kemudian campur dengan bumbu kering dan bubuk. Soal takaran bisa disesuaikan dengan selera. Misalkan saja Anda sangat suka pedas, sila tambah porsi bumbu cabe (kering). Nah ada sedikit trik untuk mengakali agar bumbu ini bisa menempel melekat pada singkong. Campurkan minyak nabati ke bumbu namun jangan sampai lembab atau basah. Taburkan kemudian ke singkong dalam kondisi yang masih panas aduk merata. Sambil diaduk bisa dicicipi. Jika kurang pedas silakan tambah lagi bumbu cabe. Bila perlu bisa ditambah irisan cabe rawit tipis.

3. Keripik Singkong Rasa Keju

Untuk rasa keju prosesnya agak berbeda. Goreng singkong hanya setengah matang. Setelah itu langsung taruh dalam bumbu rendaman (tak perlu menunggu dingin). Bumbu ini terdiri dari 5 siung bawang putih yang dihaluskan dan 1 sendok makan garam untuk takaran 1 kilogram singkong. Gunakan air es dalam proses perendaman selama 5 menit untuk hasil lebih maksimal. Setelah 5 menit, angkat singkong dan tiriskan. Goreng kemudian singkong dalam minyak panas hingga matang dan merekah. Setelah ditiriskan, dalam kondisi yang masih panas segera oleskan mentega dan taburi dengan keju parut. Anda bisa menambahkan susu kental manis sesuai selera.

4. Keripik Singkong Rasa Cokelat

Ketika proses perendaman tambahkan air kapur sirih dan garam. Pilih air dinging (es) untuk merendam. Siapkan bumbu cokelat yakni gula pasir 200 gram, 2 sendok teh cokelat bubuk, ½ sendok teh kayu manis bubuk, ¼ sendok teh garam, dan air 200 mililiter. Campur bahan-bahan ini dan kemudian dimasak sambil diaduk hingga berbusa. Masukkan singkong yang telah digoreng ke adonan, aduk hingga benar-benar merata. Jika dirasa cukup matikan api dan aduk lagi hingga kering. Bumbu adonan di atas untuk 500 gram singkong.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar