Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Resep Dan Cara Buat Brownies Panggang Supaya Enak dan Tidak Bantat

Jenis brownies yang populer adalah brownies kukus. Ada sebuah merek brownies kukus asal Bandung yang sangat populer. Namun, selain brownies kukus juga ada brownies panggang. Memang kini brownies itu kurang dikenal daripada brownies kukus untuk saat ini.

Ingin tahu caranya bagaimana membuat bolu cokelat panggang itu? Berikut ini ada tips dan resep membuatnya untuk Anda coba sendiri di rumah. Bisa juga dijadikan bisnis untuk mengalahkan kepopuleran brownies kukus. 

Sebelumnya, kami juga membagikan tentang cara membuat telur asin lengkap dan mudah, yang bisa anda jadikan sebagai ide usaha rumahan.

Kesalahan Membuat Bolu

Sebelum membahas resep membuat brownies yang dipanggang, Anda harus tahu dulu kesalahan apa yang sering dibuat dalam membuat bolu atau kue. Dengan mengetahuinya maka Anda bisa meminimalisir bahkan menghilangkan kemungkinan melakukan hal yang sama.

Apa saja hal yang membuat bolu Anda gagal? Antara lain sebagai berikut.

Oven Yang Kurang Panas

Kesalahan pertama adalah oven yang kurang panas. Ketika masukkan adonan ke oven jangan lupa cek untuk memastikan bahwa oven sudah cukup panas. Pastika juga bahwa suhu oven yang digunakan Anda sesuai dengan suhu yang tertulis dalam resep. Jika memang sudah benar baru adonan bisa Anda masukkan.

Lalu jika yang sering membuka tutup oven, hentikan kebiasaan itu. Jangan sering melakukannya ketika sedang memanggang brownies, bolu, atau kue supaya suhu di dalam oven tetap dalam keadaan stabil.

Cetakan Kue Yang Terlalu Besar

Gunakan ukuran cetakan kue yang sesuai dengan yang disebutkan dalam resep. Jika Anda akan menggunakan cetakan yang berbeda ukuran dengan di resep maka sesuaikan dengan suhu oven, jumlah bahan, juga waktu pemanganggannya. Hal itu dilakukan supaya kue dapat mengembang dengan sempurna.

Bahan Kue Terlalu Dingin

Jika telur atau mentega baru dikeluarkan dari kulkas dan masih sangat dingin maka akan sangat sulit dikocok, sehingga hasilnya akan tidak baik. Oleh karena itu, tunggu dulu hingga semua bahan yang akan digunakan telah ada dalam suhu ruangan. Barulah diolah dengan baik.

Salah Mengocok Adonan

Dasar dari hampir semua kue, bolu, dan masakan lain dengan adonan tepung adalah bagaimana mengocok gula serta mentega. Maka gunakan pula mentega yang telah ada dalam suhu ruangan supaya mudah dikocok. Baru setelah itu tambahkan gula perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, kemudian kocok sampai adonan lembut serta halus dan gula menjadi larut.

Salah Menggunakan Bahan Pengembang

Umumnya bahan pengembang dalam pembuatan bolu, juga brownies panggang adalah baking soda, baking powder, serta self-raising flour. Jika Anda akan gunakan self-raising flour maka ikuti jumlah yang sama dengan resep. Apabila gunakan baking soda maupun baking powder, pastikanlah gunakan yang masih segar (baru).

Cara tahu apakah baking soda atau baking powder itu masih bagus adalah masukkan bahan itu sedikit ke dalam air panas. Apabila ada reaksi gelembung udara, artinya bahan-bahan itu masih dapat digunakan. Namun jika tidak ada reaksinya, artinya baking powder atau baking soda itu sudah tidak dapat digunakan, tidak dapat berfungsi dalam mengembangkan adonan.

Demikianlah kesalahan yang sering terjadi dalam pembuatan kue, bolu, dan lain sebagainya. Sekarang Anda sudah tahu akan hal itu, jadi harus berhati-hati ketika membuat bolu dan kue.

Resep brwonies panggang ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha rumahan. Silahkan dicoba!

Resep Buat Brownies Panggang

Sekarang mari bahas tentang bagaimana caranya untuk memasak brownies yang dipanggang. Pertama siapkan dulu bahannya seperti daftar berikut ini.

Bahan

  1. Gula pasir, 375 gram.
  2. Mentega atau margarin yang dilelehkan, 170 gram.
  3. Telur besar suhu ruang 2 butir.
  4. Air, 2 sdm.
  5. Perasa vanilla (vanilla essense), 2 sdt.
  6. Cokelat bubuk, 115 gram.
  7. Tepung terigu sebaguna (protein yang sedang), 200 gram.
  8. Garam, ¼ sdt.
  9. Baking powder ½ sdt.
  10. Kacang-kacangan sesuai selera Anda misalnya walnut, atau almond. Cincang kacang.

Cara Membuat Brownie Panggang

Jika bahan-bahan diatas sudah lengkap semua maka membuat brownies bisa dimulai. Langkahnya ikuti petunjuk berikut ini.

  1. Pertama panaskan dulu oven sampai mencapai suhu 180 derajat Celcius. Lalu siapkan loyang yang digunakan untuk memanggang, contohnya loyang persegi yang ukurannya 20x20 cm. Kemudian olesi loyang tersebut menggunakan mentega atau olive oil (sedikit saja). Boleh gunakan baking paper supaya ketika brownies sudah matang bisa lebih mudah dilepaskan dari loyang.
  2. Siapkan mangkok atau mixing bowl yang ukurannya sedang. Di dalamnya campurkan gula pasir, telur, mentega cair, air, dan perasa vanilla. Jangan sampai mentega meleleh jadi jangan terlalu panas. Nanti telur ketika dicampur jadi menggumpal. Aduk semua adonan sampai rata menggunakan spatula.
  3. Kemudian pada mangkuk yang agak besar, ayaklah tepung terigu dengan baking powder, dan cokelat bubuk. Jika sudah diayak semua tinggal tambahkan garam ke dalamnya.
  4. Campur adonan dari dua poin yang disebutkan diatas. Aduk menggunakan spatula dengan perlahan sampai rata. Bisa dilihat dari warna adonan yang jadi berwarna cokelat gelap dan mengkilap. Kemudian aduk sampai rata dan jangan sampai ada gumpalan tepung warna putih.
  5. Campurkan kacang-kacangan yang Anda kehendaki dalam adonan. Kalau mau sisakan sedikit untuk bagian topping.
  6. Setelahnya masukkan ke loyang yang sudah disiapkan kemudian ketuk-ketuk loyangnya di atas meja supaya adonan dalam loyang jadi merata.
  7. Kemudian masukkan ke oven yang sudah dipanaskan dan cukup panasnya. Oven harus mencapai 180 derajat Celcius, jangan kurang atau lebih. Lalu panggang selama 18-25 menit. Sebelum diambil pastikan dulu browniesnya sudah matang. Caranya cek memakai tusuk gigi, tusukkan ke adonan. Jika sudah tidak banyak yang menempel pada bagian tusuk gigi, artinya brownies itu sudah matang.
  8. Jika sudah matang siapkan di piring dan sudah siap dinikmati.

Namun ada hal yang bisa Anda lakukan. Seperti bubuk cokelat bisa diganti menggunakan cokelat masak yang sudah dilelehkan. Kemudian waktu memanggang 18-25 menit itu tidak wajib, tapi tergantung yang ada suka. Jika ingin brownies yang lembut, hanya 20 menit juga cukup.

Sesudah dipanggang, langsung saja keluarkan brownies kemudian pindahkan brownies itu ke rak pendingin kue supaya tidak menempel pada pisau. Sebelum dipotong pastikan dulu bahwa browniesnya sudah cukup dingin.

Tips Buat Brownies Panggang yang Renyah dan Lembut

Di atas sudah dibahas tentang pembuatan brownies yang dipanggang serta petunjuk untuk menghindari kesalahan dalam membuat bolu atau kue, sekarang ada tips dibawah ini supaya brownies yang dibuat enak dan bagus, antara lain:

  1. Brownies yang dipanggang akan terasa lezat jika teksturnya kering, lalu pada bagian luarnya seperti retak-retak, sedangkan pada bagian dalam basah. Dalam komposisi resepnya, lebih baik yang diperbanyak adalah cooking chocolatenya. Jumlahnya harus lebih banyak dibandingkan tepung dan margarin.
  2. Gula yang digunakan juga harus banyak supaya warna bolunya cokelat (lebih bagus). Gula itu juga dapat membuat permukaan brownies jadi mengkilat. Dengan begitu, penampilannya akan lebih menarik. DCC (dark cooking chocholate) jangan terkena keringat atau air. Nanti browniesnya jadi tidak mengkilat.
  3. Untuk dapatkan efek pecah di brownies lelehkan dulu margarin menggunakan api kecil, jangan sampai mendidih. Asal mulai leleh, jika sudah angkat segera dari kompor. Kemudian masukkan DCC yang telah dipotong ke margarin itu. Aduk sampai cokelat juga leleh. Gunakan jika sudah dingin.
  4. Lalu saat kocok telur, jangan terlalu lama, 2 menit saja. Jangan pakai mixer, lebih baik pakai whisk biasa. Jika adonan dikocok terlalu lama nanti browniesnya akan melengkung.
  5. Tepung terigu masukkan belakangan. Campur margarin, cokelat dan telur dahulu sebelumnya. Alasannya supaya tekstur lebih rapat atau bantat.

Itu dia informasi mengenai, bahan, cara membuat, dan tips membuat brownies panggang. Semoga info tersebut membantu Anda dalam membuat brownies yang enak dan tidak gagal. Jangan lupa juga untuk mencoba resep atau cara membuat keripik singkong aneka rasa yang enak dan lezat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar