Skip to main content
MANGAIP BLOG

follow us

Belajar Usaha dari Berbagai Jenis Usaha Sampingan

Tahukah Anda jenis usaha sampingan? Dewasa ini, membuka sebuah usaha sudah menjadi hal yang umum. Orang berbondong-bondong membuka usaha-usaha baru dengan berbagai latar belakang alasan.

Mislanya merasa bosan menjadi karyawan, tuntutan ekonomi yang semakin mendesak, daya kreativitas yang tinggi, peluang yang semakin terbuka lebar, adanya ajakan dari rekan atau saudara dengan keuntungan yang cukup lumayan di masa depan, dan masih banyak lagi alasan yang mendorong orang untuk membuka usaha.

Bagaimana dengan usaha sampingan? Banyak jenis usaha sampingan yang saat ini cukup digemari sebagian orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha sampingan ini seperti namanya bukan berarti menjadi usaha utama kita.

Misalnya kita adalah seorang pegawai swasta yang bekerja mulai pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore. Kita merasa bahwa masih ada waktu luang setelah pulang kerja yang sebenarnya bisa kita manfaatkan. Tidak ada salahnya kita berpikir untuk membuka usaha sampingan yang bisa dilakukan di jam setelah kita pulang kerja.

Melirik Berbagai Jenis Usaha Sampingan

Membuka usaha memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain dari permasalahan modal, membuka usaha pun memerlukan daya kreativitas serta keinginan dan tekad kuat dari orang tersebut. Dalam pembicaraan ini kita sedang membahas usaha sampingan. Oleh karena itu, bagaimana jika kita mulai belajar usaha dengan melirik berbagai jenis bisnis sampingan?

Memulai usaha sampingan selain bisa menambah penghasilan, juga bisa menjadi jalan untuk kita belajar menjadi seorang pengusaha, dimulai dari menjadi pengusaha kecil. Seperti namanya, usaha sampingan, usaha jenis ini tidak akan banyak menyita waktu kita dan bisa dilakukan pada saat-saat santai atau setelah pekerjaan utama kita selesai.

Mencari Peluang di Tengah Kesibukan

Sebuah usaha biasanya berkaitan erat dengan kata “peluang”. Peluang merupakan sebuah kesempatan yang bisa kita manfaatkan untuk memulai sebuah usaha sampingan. Nah, di tengah kesibukan yang rutin kita jalani, mulailah belajar mencari peluang usaha. Peluang itu bisa kita temukan di mana-mana, tidak hanya setelah jam kerja selesai atau kegiatan lainnya yang biasa kita lakukan, tetapi ketika kita tengah bekerja pun peluang bisa saja ada.

Hal yang menentukan apakah kita bisa mendapatkan peluang itu atau tidak adalah pandailah melihat dan mencari peluang. Orang yang biasanya sukses membuka usaha adalah orang yag pandai melihat peluang. Tentu kita sudah sering mendengar istilah seperti itu, bukan?

Dalam hal ini, kita sebisa mungkin tidak saja hanya pandai melihat peluang usaha, tetapi juga pandai mencari peluang usaha. Tetapi, perjuangan kita tidak saja hanya sampai melihat dan mencari peluang, ketika peluang itu sudah ada di depan mata segeralah “bertindak”. Bertindak dalam hal ini maksudnya mulai melakukan rencana-rencana usaha yang sudah kita susun sebelumnya.

Beberapa Usaha Sampingan yang Bisa Kita Coba

Selain pandai melihat dan mencari peluang, kita pun perlu belajar mencari usaha sampingan apa yang ingin kita lakukan. Dalam pembahasan ini, ada beberapa jenis usaha sampingan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kita untuk memulai usaha.

1. Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa tentu sudah menjadi jenis usaha yang tidak asing lagi. Banyak orang yang menjadi agen pulsa walau sebenarnya ia memiliki pekerjaan lain. Menjual pulsa pun bisa dimulai dengan modal yang cukup terjangkau, mulai dari Rp. 50.000. dan tidak memakan banyak waktu kita serta bisa dilakukan di mana saja (terutama untuk pulsa jenis elektrik).

Apabila di tempat kita bekerja belum ada yang menjual pulsa, itu bisa menjadi peluang kita untuk memulai usaha sampingan berjualan pulsa. Selain di tempat kerja, misalnya bagi para mahasiswa, berjualan pulsa bisa dilakukan di kampus serta di tempat kos, dan itu bisa menambah uang saku.

2. Membuka Warung Kecil-kecilan

Mendengar kata warung kita tentu akan berpikir sebuah tempat berisi berbagai jenis barang kebutuhan yang dijual serta para pembeli berdatangan. Konsep warung bisa dikatakan seperti itu. Tapi, kita bisa membuat warung kecil-kecilan tanpa harus memakan tempat, terutama bila memang tidak ada tempat lebih di rumah kita untuk dijadikan warung, apalagi bila kita tengah merantau di kota orang dan hanya tinggal sementara di sebuah kontrakan atau kos-kosan.

Membuka warung kecil-kecilan dalam hal ini, kita bisa berjualan tanpa harus membuka sebuah bangunan warung. Kita bisa mempromosikan warung kita sambil ngobrol dengan tetangga atau rekan kerja. Kita pun bisa menerapkan sistem pesanan. Misalnya pembeli A pesan beberapa jenis kebutuhan pokok untuk hari tertentu dan kita memenuhinya.

Untuk masalah harga barang yang kita jual tentunya harus bisa bersaing dengan harga di warung-warung yang sudah ada, agar bisa menjadi pertimbangan para pembeli. Salah satunya dengan membeli barang dari grosir. Selain lebih murah, juga kita lebih leluasa dalam menentukan harga jualnya.

3. Menjual Barang-Barang Handmade

Barang-barang handmade atau buatan tangan memang tidak semua orang bisa membuatnya. Tetapi tidak ada salahnya kita coba untuk belajar membuat barang-barang buatan tangan seperti gantungan kunci unik berbentuk boneka atau tas-tas kecil. Sekarang ini, banyak buku panduan yang berisi cara membuat berbagai barang buatan tangan yang bisa kita pelajari. Khususnya untuk gantungan kunci, biasanya banyak pesanan pada saat ada acara pernikahan. Peluang usaha barang-barang buatan tangan ini bisa kita lakukan setelah jam kerja usai serta tentunya menambah penghasilan kita.

Ketiga jenis bisnis sampingan tersebut hanyalah sebagian dari sekian banyak usaha sampingan lainnya yang bisa kita coba. Jika kita pandai melihat dan mencari peluang, bukan tidak mungkin bisa menemukan usaha sampingan yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan ternyata berhasil. Salah satu cara agar kita bisa mendapatkan inspirasi usaha sampingan seperti apa, saat ini sangat mudah mendapatkan informasi tentang usaha sampingan di internet.

Tekun dan Tidak Cepat Bosan

Ketika telah memiliki sebuah usaha, tentu kita ingin agar usaha kita itu tetap berjalan dengan lancar serta terus berkembang. Usaha yang stabil dan berkembang akan didapatkan apabila kita tekun menjalani usaha tersebut. Tidak bisa kita pungkiri, terkadang rasa bosan datang tiba-tiba dan menyurutkan semangat usaha yang kita bangun sebelum usaha tersebut berdiri. Rasa bosan tersebut lebih baik kita anggap sebagai sebuah tantangan yang harus dimenangkan, bukan sebuah keadaan yang sengaja kita turuti.

Pasang surut dalam melakukan sebuah usaha, walaupun itu hanya usaha sampingan, perlu kita hadapi dengan berani. Apabila kita tidak tekun, bisa saja usaha itu hanya berjalan dalam waktu yang singkat dan pada akhirnya tidak menghasilkan apa pun. Tentu kita tidak ingin seperti itu, bukan?

Oleh karena itu, selain kita harus pandai melihat dan mencari peluang serta menentukan jenis bisnis sampingan apa yang akan kita lakukan, belajarlah untuk tekun serta tidak cepat bosan dalam menjalankan usaha tersebut. Tidak menutup kemungkinan, usaha kecil yang dimulai dari sekadar usaha sampingan untuk menambah penghasilan atau sekadar mengisi waktu luang, ternyata menjadi jalan bagi kita untuk memulai usaha yang lebih besar.

Tetap semangat dalam memulai usaha, kita bisa bila kita mencoba untuk memulainya. Selamat mencoba memulai berbagai jenis usaha sampingan!

You Might Also Like:

Comment Policy: Mohon untuk menuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan artikel ini. Apabila terdapat tautan, tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar